Punya bisnis di bidang B2B, sudah pasti tak jauh-jauh dari mengirim invoice. Secara umum, kamu kemungkinan besar sudah tahu bahwa invoice digunakan untuk mengatur kelancaran transaksi bisnis yang juga berdampak pada cash flow usahamu. 

Untuk yang berpikir fungsi dokumen ini sampai situ saja, mungkin tidak mementingkan desain invoice sama sekali dan memilih untuk buat template invoice sederhana yang mudah diganti-ganti kapan pun untuk bermacam-macam transaksi.

Padahal, invoice yang punya desain khusus ternyata ada manfaatnya yang bisa membuat bisnismu tambah besar lagi.

Penasaran bagaimana aspek yang terlihat sepele ini bisa berdampak penting bagi bisnis? Yuk, simak seluk-beluknya dalam artikel Paper.id berikut ini.

Oh ya sebelum dilanjut, berikut ini contoh template invoice dari Paper.id, tentu ini akan sangat membantu bisnismu dalam membuat invoice. Sebelum membaca artikel, kamu bisa mencobanya langsung lewat demo produk di bawah.

Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar

Hanya 5 Menit & Mudah

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Apa Itu Template Invoice?

Menurut Debitoor, template invoice adalah layout dokumen yang sudah tersedia. Tujuan dari desain template invoice ini untuk memudahkanmu membuat invoice, mengeditnya, serta membuat kustomisasi tertentu sesuai kebutuhan.

Akan jauh lebih mudah lagi jika kamu menggunakan platform penyedia template invoice yang data transaksinya tinggal kamu masukkan ke dalam kolom-kolom yang tersedia, sehingga dokumen invoice bisa langsung di-generate secara otomatis.

Cara ini jauh lebih mudah dibanding membuat template secara manual terlebih dahulu di Word atau Excel, bukan?

Kenapa Penting untuk Memiliki Template Invoice?

Alasan mengapa hal ini menjadi penting secara garis besar adalah karena memberi banyak manfaat untuk bisnismu. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Menghemat waktu

Saat sudah punya desain template invoice yang bagus, kamu bisa tinggal mengganti isinya sesuai dengan tiap transaksi bisnis tanpa harus repot membuat dari bawah.

Kamu cukup perlu mengganti bagian-bagian yang harus disesuaikan, seperti tanggal invoice dibuat, nomor invoice, rincian pembelian, tanggal jatuh tempo, dan lainnya. 

Dengan mempercepat beberapa tahap proses, kamu bisa bekerja lebih efektif.

2. Memberi kesan profesional

Mengirimkan invoice dengan desain template yang terlihat profesional memberi kesan positif untuk bisnismu di mata customer, lho.

Dengan tampilan profesional ini, penerima dokumen akan paham bahwa kamu mitra bisnis yang benar-benar serius, sehingga kamu lebih dihargai. Customer juga mungkin akan membayar lebih cepat untuk menjaga relasi yang baik dengan bisnismu.

3. Mengurangi kesalahan

Menggunakan template dengan desain yang sudah ditentukan juga dapat membantu proses pembuatan invoice-mu mengurangi risiko kesalahan.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan software atau aplikasi penyedia template invoice yang sudah siap pakai dan tinggal langsung diisi seperti Paper.id.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa langsung memasangkan e-Meterai pada invoice digitalmu, lho. Jadi, invoice sudah sah sesuai dengan ketentuan PERURI dan siap dikirimkan segera pada customer-mu.

Yuk, coba gunakan Paper.id sekarang dengan klik banner di bawah ini!

invoice penjualan

4. Menunjukkan identitas brand

Desain dalam template invoice juga sangat terkait dengan branding bisnismu. Saat ini, branding adalah aspek yang sangat penting dalam memenangkan persaingan.

Bisa menawarkan produk yang bagus dengan harga kompetitif saja tidak cukup. Aspek-aspek seperti branding mampu memengaruhi psikologi penerima invoice sehingga bisnismu jadi lebih diingat dan kemungkinan menjadi pilihan untuk pembelian-pembelian selanjutnya.

Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan konsumenmu secara low-cost.

Nah, itulah dia sekilas tentang desain template invoice dan pentingnya untuk bisnismu. Kalau kamu bingung bagaimana membuat template invoice yang bagus, jangan lupakan Paper.id, ya!

Di Paper.id, kamu bisa menambahkan logo brand sehingga invoice terlihat profesional dan meyakinkan bagi penerimanya.

Setelah invoice-mu jadi, kamu juga bisa langsung mengirimkannya secara digital menggunakan WhatsApp,email, ataupun SMS dan menerima pembayaran lewat pembayaran digital. Praktis sekali, bukan? Segera pakai Paper.id, yuk!

Nadiyah Rahmalia