Banyak yang bertanya-tanya, apakah bisa pakai Kartu Kredit pribadi untuk kebutuhan bisnis? Tentunya, banyak orang bingung karena ada banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Sebagai contoh, melacak customer yang belum bayar bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu, banyak orang lebih memilih untuk bayar kartu kredit, karena histori pembayarannya tercatat secara otomatis. Jadi mereka tidak perlu repot-repot mencatat manual atau kesulitan mencari histori mutasi pembayaran. 

PaperCard

Penasaran apakah kartu kredit pribadi bisa digunakan untuk membayar invoice bisnis? Cek jawabannya lewat uraian penjelasan di bawah.

Baca Juga: Apa Itu Kartu Kredit? Bagaimana Cara Menggunakannya ?

Apakah Mungkin untuk Menggunakan Credit Card Pribadi untuk Bisnis?

Jawabannya adalah iya, kamu bisa menggunakan kartu kredit pribadi untuk membayar kebutuhan bisnis. Selama ini, kamu mungkin sering menggunakannya untuk membayar kebutuhan pribadi, seperti memperpanjang subscription Netflix atau Spotify, beli baju baru, belanja alat elektronik, HP dan sebagainya.

Padahal, kartu kredit bisa digunakan sebagai alat memperlancar cash flow bisnismu. Ada banyak cerita yang sudah terbukti dalam hal ini, salah satunya soal bayar invoice di saat banyak tagihan yang datang. Sebagai contoh, Budi adalah seorang pebisnis roti kemasan. Suatu waktu, ia harus membayar 4 supplier dalam waktu yang bersamaan.

Tentunya, Budi tidak punya uang yang cukup dan transaksinya bernilai besar (Di atas Rp 100 juta). Mau tidak mau, Budi harus memutar otak untuk mencari cara yang tepat agar cash flow bisnisnya tetap lancar. Salah satu cara terbaik adalah dengan bayar pakai kartu kredit. Dengan begitu, permasalahan yang ada bisa langsung selesai.

Invoice langsung terbayar dan Budi tinggal membayar tagihan kartu kreditnya di bulan depan, tidak pusing dan semuanya selesai. Apalagi, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bayar invoice pakai kartu kredit seperti dijelaskan di sini.

Baca Juga: Mengenal PAPERCARD, Kartu Kredit Bisnis yang Memudahkan Transaksi Kamu

Kartu Kredit Pribadi Oke, Terus Gimana Kalau Kartu Kredit Bisnis?

Nah, banyak orang yang bertanya-tanya lagi. Umumnya, kartu kredit pribadi memiliki limit yang terbatas. Selain itu, ada beberapa pebisnis yang juga ingin membuat kartu kredit khusus bisnis mereka, agar lebih afdol.

Apakah boleh? Tentu saja boleh, keduanya sama-sama oke. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan kartu kredit korporat, seperti kamu bisa memisahkan catatan penggunaan kartu kredit pribadi dan bisnis. Dengan begitu, histori mutasi tidak akan saling tercampur.

Kedua, ada manfaat lainnya yang bisa dirasakan seperti mendapatkan tambahan tempo yang tentunya akan membantu bisnis kamu untuk mengelola cashflownya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi bisnis kamu bukan?

Baca Juga: Terima Pembayaran dengan Kartu Kredit: Pilihan yang Cerdas untuk Bisnis?

Tips Dalam Menggunakan Kartu Kredit Untuk Bayar Tagihan Bisnis

Sangat penting untuk memikirkan dengan matang semua pilihan kartu kredit saat mengidentifikasi apakah akan menggunakan kartu kredit bisnis atau pribadi. Sehingga pilihan kartu kredit untuk bisnismu dapat sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Hati-hati juga ketika mempertimbangkan keinginan bisnis kamu sesuai dengan keuntungan dan kerugian dari setiap jenis kartu sebelum membuat preferensi akhir.

Tetapi terlepas dari bentuk kartu kredit apa yang bisnis kamu gunakan, ingatlah tips berikut:

  • Jangan pernah mencampuradukkan pengeluaran bisnis dan pribadi dalam satu kartu kredit. Bahkan jika kamu memilih untuk menggunakan kartu kredit pribadi untuk bisnismu, jangan melakukan transaksi biaya pribadi pada kartu kredit tersebut.
  • Manfaatkan tools kartu kredit online kamu untuk mengatur pengeluaran bisnis. Ini adalah salah satu manfaat utama kartu kredit khusus bisnis, jadi jangan abaikan.
  • Mempertahankan kebiasaan baik menggunakan kartu kredit. Entah kamu menggunakan kartu kredit perusahaan atau pribadi, selalu bayar tagihanmu tepat waktu dan lengkap. Hal ini akan membantu kamu menghindari transaksi konsumtif dan menjaga peringkat kredit kamu dalam status yang aman.
Invoice Penjualan

Jadi, kesimpulannya penggunaan kartu kredit pribadi dalam transaksi biaya bisnis kamu adalah pilihan untuk dapat dipertimbangkan karena membawa banyak keuntungan daripada pilihan pembayaran lainnya seperti transfer bank yang bisa dibaca lebih lanjut di sini, tetapi penting untuk mempelajari semua pilihan kartu kredit untuk menemukan pilihan credit card terbaik untuk bisnismu.

Nah buat kamu tertarik ingin menggunakan menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan bisnis tapi bingung mau coba yang mana, kamu bisa mencoba untuk menggunakan PAPERCARD kartu kredit bisnis dari Paper.id.

PAPERCARD merupakan kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Bank BRI) berkolaborasi dengan PT Pakar Digital Global atau Paper.id dan didukung oleh jaringan Visa. Dimana PAPERCARD menggabungkan manfaat bisnis dan personal dalam satu tempat.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan kartu kredit bisnis PAPERCARD dari Paper.id, seperti kamu bisa mendapatkan tambahan tempo hingga 55 hari, limit yang didapatkan cukup besar, dibanding dengan kartu kredit pribadi. Biaya transaksinya pun lebih rendah, yaitu 1,5%. Bahkan, ada pula cashback 0,1% tanpa batas di setiap pembayaran invoice di Paper.id, sehingga biaya transaksi di Paper.id yang tadinya 1,5% makin murah, yaitu hanya 1,4%! Tentunya, bukan itu saja. Ada berbagai diskon dari beragam merchant untuk keperluan bisnismu khusus dengan PAPERCARD. Transaksi PAPERCARD juga terkonversi dengan GarudaMiles setiap kelipatan Rp100.000 (Rp8.333 per miles).

Selain itu juga dengan menggunakan PAPERCARD, kamu bisa melakukan business expense management dengan mudah. Yang artinya, kamu bisa melacak, membuat, serta melihat laporan pengeluaran dari penggunaan kartu kredit ini untuk membuat bisnismu tetap berjalan. Jadi transaksi bisnismu akan terekap secara otomatis, jadi pencatatan untuk bisnis jauh lebih mudah, dan tidak ribet.

Lalu, pengajuan PAPERCARD jauh lebih mudah, dan sepenuhnya dilakukan dengan cara online. Dengan hanya terdaftar sebagai pengguna Paper.id, dengan usia akun minimal 3 bulan, dan beberapa syarat yang lain, kamu sudah memiliki kesempatan untuk mendapatkan kartu kredit bisnis PAPERCARD.

Menarik bukan? Yuk, segera #SwipeUpYourLife dengan PAPERCARD, supaya bisnis up, dan life juga up!Klik tombol dibawah ini untuk informasi lebih lanjut atau kamu bisa kontak langsung di WhatsApp ke nomor tim customer success kami di +62 852 1952 6186.

Daniel Nugraha