Keuntungan Transaksi Bisnis Menggunakan Kartu Kredit di Paper.id

Selama ini, kartu kredit atau credit card hanya digunakan untuk kebutuhan konsumtif, mulai dari untuk berbelanja barang fisik hingga digunakan ke berbagai macam layanan jasa yang menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Masih banyak pebisnis yang enggan untuk memakai kartu kredit dengan alasan yang sangat beragam.

Antara lain karena kita merasa khawatir tidak bisa mengontrol pemakaiannya, takut lupa membayar, terdapat beban biaya bunga yg tinggi jika kita telat melakukan pembayaran dan lainnya. Dengan mindset yg konsumtif, maka kita pasti akan merasa bahwa kartu kredit tidak ada keuntungannya untuk transaksi bisnis.  

Padahal kartu kredit menawarkan berbagai macam keuntungan yang bisa kita manfaatkan untuk kegiatan produktif dan menghasilkan net profit. Selain hampir semua bank memberikan promo dan keuntungan ekstra untuk setiap jenis credit card, kita juga bisa menutup berbagai tagihan terlebih dahulu dan bayar kemudian, bahkan sampai mendapatkan perpanjangan tempo 30 – 45 hari.

Tempo pembayaran adalah hal yang sangat krusial bagi seluruh pebisnis untuk mengatur kesehatan cashflow keuangannya. Bagi sebagian orang di industri tertentu, tempo yang diberikan oleh pemasok dirasa cukup, tapi ada juga yang merasa sangat singkat untuk melakukan perputarannya.  

Maka dari itu, perpanjangan tempo ini berperan penting terhadap stabilitas keuangan bisnis kita. Masa perpanjangan tersebut dapat kita alokasikan untuk mengatur tagihan lainnya yang memiliki beragam tenggat waktu.

Persoalannya, hanya sedikit supplier atau tagihan bisnis yg memberikan opsi pembayaran melalui kartu kredit, dikarenakan tidak memiliki mesin EDC, mau terima dananya langsung tanpa pusing, dan mereka juga dikenakan biaya layanan yg cukup tinggi dan menurunkan net profit mereka tanpa ekstra benefit. Di lain pihak, banyak bank justru memberikan berbagai macam banyak promo dan benefit ke pemakai kartu kredit.

Baca juga: Pentingnya Nota Penjualan Sebagai Bukti Transaksi Bisnis

Maka dari itu, Paper.id hadir menawarkan kita sebagai pelaku bisnis untuk membayar semua jenis tagihan menggunakan kartu kredit. Biayanya lebih terjangkau dengan hanya 1,45% saja atau salah satu yang termurah di Indonesia.

Dengan 1,45%, kita bisa dapat keuntungan apa saja, sih? Berikut paparan kenapa 1,45% di Paper.id worth spending on our business?

Keuntungan Transaksi Bisnis Menggunakan Kartu Kredit di Paper.id
Keuntungan Transaksi Bisnis Menggunakan Kartu Kredit di Paper.id (Sumber: Dokumen Pribadi)
  • Hanya dengan membayar 1,45% per-transaksi, kita sudah bisa mendapatkan tempo tambahan 30 hingga 45 hari.

    Seperti paparan di atas, penambahan tempo akan berperan penting terhadap perputaran keuangan bisnis. Artinya, dengan tambahan tempo pembayaran di kartu kredit, kita dapat membatasi penggunaan dana darurat untuk kebutuhan yang tidak terduga guna menjaga stabilitas keuangan.

  • Biaya 1,45% tergolong murah jika dibandingkan dengan biaya layanan berbagai bank menggunakan mesin EDC yang dikenakan biaya admin sebesar 2-3%.

    Selain itu, bayar dengan Paper.id tidak perlu menggunakan mesin EDC. Kita juga tetap bisa membayar dengan menggunakan kartu kredit, walaupun supplier kita tidak menyediakan metode tersebut. Jadi, lebih fleksibel kan?

  • Tahukah kamu, jika kita memilih kartu kredit yang tepat dan bagus, kita bisa mendapatkan kesempatan jalan-jalan gratis?

    Kartu kredit terbaik adalah kartu kredit yang menawarkan opsi penukaran ke beberapa Miles program di tiap penggunaan, salah satunya KrisFlyer. Kita dapat menggunakan Miles tersebut untuk membayar tiket pesawat untuk terbang one-way atau bahkan PP kelas bisnis hingga First-Class ke destinasi favorit kita.

    Melansir dari PinterPoin, misal kita memiliki kartu kredit dengan earning rate 1 KrisFlyer Mile untuk setiap transaksi 7,500 rupiah, maka jika kita transaksi sebesar 200 juta perbulan, kita akan memperoleh 26,667 KrisFlyer/bulan secara konstan. Padahal di Paper.id, dengan tambahan biaya layanan 1,45%, jika dihitung-hitung lagi, 200 juta x 1,45% hanya Rp.2.900.000

    Oleh karena itu, sebagai contoh kita bisa menebus harga tiket bisnis one-way Singapore Airlines Jakarta – Bangkok yang harganya Rp.17.292.700 (per tahun 2022) hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp.2.900.000 saja yang sudah diskon sebesar 83,2%. Jadi, lebih murah, bukan? Kapan lagi terbang hanya dengan biaya segitu? 

    Belum lagi kita memperhitungkan beragam promo yang disediakan lewat akumulasi transaksi di Paper.id (Paper+) ataupun di marketplace (via pembayaran e-invoice di BliBli/Tokopedia) yang memungkinkan kita bisa memperoleh harga jauh lebih murah dibandingkan itu.

Baca juga: 7 Keuntungan Menggunakan Digital Payment Untuk Bisnis

Keuntungan-keuntungan ini menjadi solusi untuk transaksi bisnis, kita bisa manfaatkan pengeluaran yang sudah rutin dikeluarkan dengan mendapatkan banyak keuntungan dari kartu kredit melalui Paper.id. Ada istilah “Uang Kecil untuk Manfaat Besar” inilah yang dinamakan istilah tersebut dalam melakukan utilisasi dalam transaksi bisnis. Jadi, kamu tim mana, nih? Smart Business Owner yang pakai Paper & Kartu Kredit untuk pembayaran bisnis atau Business Owner yang biasa-biasa aja?