Bisnis bahan makanan sehat sendiri sebenarnya telah ada sejak lama. Awalnya industri makanan sehat ini berkembang dikarenakan kebutuhan untuk dapat hidup sehat yang bertujuan supaya terhindar dari adanya penyakit. Akan tetapi di masa pandemi ini bisa dikatakan bahwa pola hidup sehat dapat dijadikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Disamping menguntungkan juga dan menjanjikan.

Baca juga: Ingin berjualan bisnis frozen food? ketahui peluang dan caranya disini! 

Jika Anda tertarik dan ingin mencoba peluang usaha berjualan makanan sehat, Berikut ini merupakan tips yang dapat membantu Anda ketika berjualan bahan makanan sehat dikala pandemi:

Mengamati Minat Masyarakat

Anda harus melakukan pengamatan terhadap minat masyarakat dan pasar yang dituju agar lebih mudah menentukan segmentasi pasar untuk memasarkan makanan sehat yang ingin Anda jual. Dalam hal ini Anda juga dapat mengamati jenis makanan apa yang sedang digemari oleh para konsumen atau masyarakat.

Berikut ini contoh bisnis makanan sehat yang bisa Anda dapat jual :

  • Salad
  • Aneka jus
  • Aneka varian jamu herbal
  • Catering sehat rumah atau kantor
  • Snack sehat
  • Aneka minuman sehat

Anda baru memulai bisnis F&B dan kesulitan mencari supplier untuk usaha? Paper.id siap bantu Anda! Gabung grup pengusaha & supplier F&B Paper.id dan dapatkan supplier terpercaya dengan harga terbaik untuk usaha Anda! Klik disini untuk bergabung.

Bahan Makanan Sehat yang Berkualitas

Dalam bisnis makanan sehat yang paling penting tentunya adalah bahan makanan yang berkualitas. Anda harus mencari bahan-bahan makanan yang sehat dan berkualitas untuk makanan sehat yang akan Anda jual atau tawarkan. Anda dapat mencari bahan-bahan tersebut di supermarket, supplier atau di marketplace. Penggunaan bahan-bahan organik dapat menjadi alternatif yang dipertimbangkan untuk makanan yang lebih sehat dibandingkan menggunakan bahan non-organik.

Keuangan dan Modal

Tips selanjutnya yaitu susunlah anggaran keuangan atau Modal yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Karena besarnya skala ketika memulai bisnis perlu disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Hitunglah modal yang dibutuhkan dengan tepat dan bijak untuk membuka bisnis makanan sehat milik Anda.

Tentukan Harga Jual

Dalam menentukan harga jual Anda diharuskan menghitung semua anggaran baik dari margin yang didapat, pengeluaran bahan baku utama sampai ongkos material, ongkos tenaga, dan ongkos lainnya yang perlu Anda keluarkan untuk membuat satu porsi makanan. Jika Anda sudah selesai menghitung anggaran tersebut barulah Anda dapat menentukan harga jual yang sesuai. Harga jual yang bersaing dapat menjadi salah satu daya pembeli.

Baca juga: Peluang usaha bisnis packaging makanan di 2021

Promosi

Promosi memegang peranan yang penting dalam sebuah bisnis, dan untuk mempromosikan bisnis makanan sehat Anda, dapat dengan cara Menawarkan keluarga dan kerabat terdekat, untuk mencoba makanan sehat yang kamu jual atau membuat akun media sosial yang menarik dan manfaatkan fitur ads yang disediakan.

Berikan kemasan yang menarik

Selain rasa yang enak, kemasan dari sebuah produk makanan juga tergolong penting. Untuk itu, usahakan selalu memberikan kemasan terbaik pada setiap produk makanan sehat yang Anda buat.