Permintaan terhadap makanan beku atau yang disebut juga dengan frozen food belakangan ini memang meningkat pesat. Bisnis frozen food memang didominasi oleh pebisnis UKM yang menjalankan usahanya dari rumah.

Perkembangan bisnis ini juga tak lepas dari faktor pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas masyarakat membeli makanan diluar sangat terbatas. Hal ini menyebabkan kebanyakan orang memilih menyediakan makanan yang cepat saji dan praktis, sehingga makanan beku menjadi pilihan utama.

Saat ini, banyak masyarakat yang ingin memulai menjalankan bisnis frozen food. Namun, dalam menjalankan bisnis ini sebaik nya Anda mengetahui dan memahami bisnis ini terlebih dahulu baik dari segi keuntungan dan hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis ini. Adapun keuntungan dari bisnis frozen food yaitu :

Frozen food praktis disajikan

Untuk bahan kuliner sehari-hari, frozen food bisa jadi pilihan yang tepat karena lebih praktis untuk diolah. Anda dapat mengolah makanan beku siap saji dengan cara menggoreng, mengukus, atau sekedar merendamnya dengan air hangat. Proses pengolahannya pun cenderung lebih singkat daripada memasak makanan dari bahan mentah, itu sebabnya makanan beku menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mengharapkan makanan cepat saji dan tetap enak.

Baca juga: Cara mudah meningkatkan profit dengan kemasan makanan yang tepat

Tetap bernutrisi

Meski mudah diolah, frozen food tidak selalu bernutrisi rendah. Beberapa produk makanan siap saji seperti sayuran dan buah beku bahkan memiliki nutrisi lebih tinggi daripada makanan biasa. Biasanya makanan beku dari buah dan sayuran langsung dibekukan setelah dipetik. Dengan demikian kandungan nutrisinya cenderung masih utuh dibanding buah segar yang dapat dengan cepat berkurang nutrisinya jika disimpan terlalu lama.

Lebih tahan lama

Salah satu keunggulan utama frozen food tentunya adalah kemampuannya bertahan lebih lama dibandingkan jenis makanan lainnya. Hal ini memungkinkan kita untuk menyimpan stok makanan hingga beberapa bulan kedepan. Meskipun begitu, nilai nutrisi yang terkandung dalam frozen food tetap dapat dipertahankan.

Lebih bervariasi

Pilihan menu masakan makanan beku kini sudah semakin beragam. Bukan cuma gorengan, sekarang makanan frozen food sudah mulai banyak menawarkan variasi produk lainnya yang sangat beragam mulai dari masakan khas rumahan Indonesia sampai makanan barat. Jenis makanan beku yang ditawarkan biasanya terdiri atas berbagai komponen dalam suatu hidangan yang dibekukan seperti lauk, sayur, dan kuah.

Lebih higienis

Dalam proses pembuatan dan penyimpanannya di ruang kedap udara, makanan frozen food menghentikan proses pembentukan bakteri dan menjaga kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut. Selain itu, frozen food dikemas dengan sangat baik untuk menjamin kebersihan dan keamanan makanan dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen.

Setelah mengetahui keuntungan bisnis makanan beku, Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus Anda persiapkan sebelum memulai usaha ini, seperti :

Kemauan kuat untuk berjualan

Pada dasarnya menjalankan suatu bisnis tidak selalu mulus, pasti ada lika-liku dalam menjalankannya. Akan tetapi karena bisnis ini merupakan bisnis yang Anda akan mulai, kemauan kuat dalam usaha harus ditanamkan sejak Anda mau menjalankan bisnis tersebut.

Memahami produk yang akan dijual

Untuk menentukan produk yang akan Anda jual, Anda dapat melihat jenis frozen food apa yang sedang diminati oleh masyarakat. Usahakan produk makanan beku Anda memiliki keunikan yang tidak mudah ditemukan dipasaran. Keunikan itu bisa Anda tawarkan seperti rendah lemak, rendah kalori, atau bentuknya bisa di custom seperti permintaan customer. Membuat keunikan untuk produk frozen food Anda dapat menarik perhatian pembeli dan meningkatkan omzet penjualan usaha Anda.

Menyiapkan modal

Setelah mengetahui produk apa yang akan dijual, langkah bisnis frozen food selanjutnya adalah menghitung setiap kebutuhan dan pengeluaran dari usaha ini. Untuk bahan baku, kita bisa membuat daftar jenis-jenis makanan beku dan jumlah persediaan yang diinginkan. Untuk tahap awal sebaiknya kita memperbanyak jumlah jenis makanan beku dengan jumlah yang terbatas untuk setiap jenisnya. Setelah berjalan selama beberapa bulan kita bisa melihat produk mana yang paling laku dan perlu kita perbanyak persediaannya. Selain bahan baku, untuk bisnis ini diperlukan freezer yang menjadi tempat penyimpanan persediaan makanan beku. Hitunglah total kebutuhan tersebut secara rinci

Mencari supplier yang sesuai dan berkualitas

Lakukan pencarian supplier yang sesuai dan pahami bahan-bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan usaha frozen food Anda. Bandingkan beberapa supplier yang ada dan lihat bagaimana kualitas produk atau bahan baku, kemasan serta harga yang ditawarkan. Apakah sesuai dengan yang Anda butuhkan atau belum.

Baca juga: Peluang usaha bisnis packaging makanan di 2021

Tentukan target pembeli

Dengan mengetahui target pembeli, Anda dapat menentukan barang apa yang mungkin diminati oleh target yang telah Anda tentukan.

Gunakan media sosial atau marketplace dalam memasarkan produk Anda

Kamu bisa mulai melirik berbagai media sosial ataupun marketplace yang cocok dan digemari oleh banyak orang. Memasukkan produk yang Anda jual melalui marketplace atau media sosial akan membuat produk frozen food yang Anda jual semakin diketahui oleh banyak orang, terutama bagi pengguna media sosial atau marketplace itu sendiri.

Itulah beberapa keuntungan dan hal-hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh pelaku bisnis yang ingin memulai bisnis makanan beku.