Sebagai pebisnis, langkah apa yang sudah kamu lakukan untuk menarik pelanggan baru, menjaga loyalitas pelanggan yang sudah ada, bahkan hingga meningkatkan cash flow bisnis kamu? 

Sebenarnya banyak strategi yang bisa kamu ambil, salah satunya kamu bisa memberikan tempo pembayaran kepada pelanggan kamu. Tempo pembayaran kan kebijakan yang memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk membayar invoice atau tagihan dalam periode tertentu setelah pembelian dilakukan.

Nah, selayaknya keuntungan bagi pelanggan, ini juga menjadi langkah strategi yang cerdas untuk pertumbuhan bisnis kamu, lho. Berikut ini 5 alasan kenapa perlu memberikan tempo pembayaran kepada pelanggan kamu. Simak, yuk!

Alasan Memberi Tempo Pembayaran pada Pelanggan

1. Dapat menyesuaikan kondisi keuangan pelanggan

Memberikan tempo pembayaran menunjukkan bahwa kamu memahami situasi pelanggan. Mungkin ada pelanggan yang sedang menghadapi tantangan keuangan sementara, atau bahkan mereka mungkin mengalami fluktuasi cash flow bisnis yang tidak terprediksi sebelumnya.

Dengan begitu, kamu memberikan opsi tempo pembayaran supaya bisa membantu mengurangi tekanan keuangan mereka dan memberikan ruang untuk bisa mengatur ulang perputaran keuangan bisnis mereka.

Misalnya, kamu memberikan tempo pembayaran selama 60 hari dari batas waktu pembayaran yang biasanya hanya 30 hari. Kamu bisa pertimbangkan opsi diskon 2-5% jika pelanggan bisa membayar lebih cepat dalam waktu 7 hari setelah menerima invoice.

Untuk itu, kamu bisa memberikan ruang bagi pelanggan untuk mengatur ulang keuangan dan bisa membantu mengurangi tekanan keuangannya, sementara kamu juga masih mendapatkan pembayaran tepat waktu dari diskon yang ditawarkan.

Baca juga: Keuntungan Terima Pembayaran Bisnis Pakai Virtual Account

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Tidak hanya bisa menarik pelanggan potensial, dengan kamu memberikan tempo pembayaran kepada pelanggan yang sudah ada juga menjadi langkah yang cerdas. Kenapa? Karena ketika pelanggan merasa diberikan fleksibilitas, mereka cenderung merasa dihargai oleh bisnis kamu.

Nah, ini menjadi kesempatan kamu untuk mengurangi risiko mereka beralih ke pesaing dan bisa meningkatkan peluang mereka untuk kembali bertransaksi denganmu di masa depan. Ingat, loyalitas yang tinggi jadi aset berharga yang membantu mempertahankan pendapatan dan memperkuat pondasi bisnismu.

3. Tempo lebih disukai daripada harga murah

Begini, beberapa pelanggan akan lebih memilih memprioritaskan likuiditas mereka dibandingkan harga murah. Meskipun harga yang lebih murah rendah mungkin menarik, tetapi mereka akan lebih memperhatikan kemampuan mereka untuk membayar dalam jangka waktu tertentu dengan pembelian kuantitas besar.

Nah, dengan memberikan tempo pembayaran, kamu memberikan mereka opsi untuk memprioritaskan penggunaan kas mereka sesuai dengan kebutuhan mereka. Di sisi lain, mereka juga jadi punya kesempatan untuk mengelola anggaran mereka dengan lebih baik.

Misalnya nih, kamu sebagai supplier printer untuk kebutuhan kantor yang menyediakan barang dengan harga yang terjangkau di pasaran yang memberikan opsi tempo pembayaran 30 hari kepada pelanggan.

Dipastikan pelanggan akan memilih kamu, kenapa? Karena itu jadi kesempatan mereka untuk menggunakan sumber daya keuangan mereka untuk keperluan lainnya yang lebih mendesak. Mereka juga bisa mengalokasikan dana mereka lebih efisien dan mengatur keuangan mereka sesuai kebutuhan.

4. Membangun relasi dan reputasi yang positif

Memberikan opsi tempo pembayaran menunjukkan bahwa kamu memahami situasi pelanggan dan berupaya membantu mereka berhasil. Alhasil, ini akan membangun kepercayaan sehingga meningkatkan peluang kolaborasi jangka panjang dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Selain itu, reputasi bisnis kamu juga akan semakin membaik. Pasalnya nih, ketika pelanggan merasa diperlakukan dengan adil dan dihormati dalam hal pembayaran, mereka akan memberikan testimoni positif tentang pengalamannya kepada orang lain.

Sebagai pengingat nih, reputasi yang baik juga menjadi aset berharga yang bisa membantu kamu menarik pelanggan baru, membangun kredibilitas bisnis, dan membuka peluang bisnis jadi lebih luas lagi.

Baca juga: Begini Manfaat Termin Pembayaran bagi Bisnis, Wajib Diketahui!

Nah itu dia alasan kenapa kamu perlu memberikan tempo pembayaran kepada pelanggan. Dengan demikian, penting bagi kamu seorang pebisnis mempertimbangkan dan mengimplementasikan kebijakan tempo pembayaran yang sesuai dengan bisnis kamu.

Untuk itu, kamu bisa gunakan Paper.id. Kamu bisa tawarkan pelanggan kamu pakai fitur PaperPay Out untuk membayar tagihan pakai kartu kredit atau metode lainnya. Kamu akan menerima pembayaran seperti biasanya meskipun tidak menyediakan mesin EDC.

Cara Bayar Supplier dengan PaperPay Out
Cara Bayar Supplier dengan PaperPay Out (Sumber: Dok. pribadi)

Selain itu, dengan kartu kredit juga, pelanggan kamu akan memiliki kesempatan untuk mengatur dan menambah tempo pembayaran yang lebih lama, biasanya bervariasi mulai dari 30 hingga 40 hari tergantung kartu kredit yang digunakan.

Tunggu apalagi? Yuk daftar Paper.id sekarang juga dan nikmati seluruh fitur yang ada agar dapat mengelola bisnis jadi lebih praktis. Gratis, kok!

Muhamad Dika Wahyudi