Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan dinamis, kamu pasti setuju mengelola keuangan bisnis agar tetap sehat menjadi salah satu prioritas utama, kan? Salah satu solusi untuk mencapai itu dengan menggunakan termin pembayaran yang tepat.

Terlebih, dengan mengatur waktu pembayaran dari pelanggan atau mitra bisnis, dipastikan cash flow bisnis kamu akan semakin lancar dan stabil. Selain itu, bisa mendorong pertumbuhan bisnis kamu secara berkelanjutan kedepannya.

Untuk itu, berikut ini manfaat yang akan bisnis kamu dapatkan jika menerapkan termin pembayaran untuk pelanggan. Simak penjelasannya di bawah, ya!

Mengendalikan Cash Flow Lebih Efisien

Dengan menetapkan termin yang tepat, kamu bisa mengatur waktu pembayaran dari pelanggan atau mitra bisnis kamu, sehingga memastikan uang masuk jadi lebih lancar. Dengan begitu, bisnis kamu punya kepastian dalam memenuhi kewajiban, seperti membayar gaji karyawan, membeli bahan baku, atau membayar tagihan dari supplier.

Misalnya, kamu memberikan termin pembayaran dengan jangka waktu yang pendek kepada pelanggan atau mitra bisnis sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Dengan itu, kamu bisa mendapatkan uang lebih cepat, sehingga kamu juga jadi punya lebih banyak dana yang tersedia untuk digunakan dalam pengembangan bisnis.

Baca juga: Termin: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Meningkatkan Likuiditas

Cara Memperpanjang Termin Pembayaran Tanpa Merugikan Supplier
Cara Memperpanjang Termin Pembayaran Tanpa Merugikan Supplier (Photo by Beroe Inc.)

Jika pelanggan atau mitra bisnis kamu bisa membayar sesuai termin pembayaran yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak, itu akan berdampak positif terhadap likuiditas bisnis kamu. 

Jika likuiditas kamu meningkat, kamu juga jadi memiliki fleksibilitas finansial yang lebih besar. Kamu bisa merespons peluang bisnis baru dengan cepat, seperti penawaran diskon atau kampanye pemasaran yang agresif, dan lainnya. Hal ini bisa membantu meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Misalnya, kamu memberikan insentif kepada pelanggan untuk membayar lebih cepat dengan menawarkan termin pembayaran yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kamu bisa menawarkan diskon kepada pelanggan jika mereka membayar dalam waktu 7 hari setelah menerima invoice.

Jadi, jika pelanggan kamu membayar invoice dalam .waktu 7 hari, mereka akan mendapatkan diskon 2% dari total tagihan. Ini akan mendorong pelanggan untuk membayar lebih cepat, sementara kamu tetap bisa mempertahankan likuiditas bisnis yang baik.

PaperPay In

Meningkatkan Hubungan Bisnis dengan Pelanggan

Ketika kamu memberikan kejelasan mengenai ketentuan pembayaran, termasuk tenggat waktu dan kebijakan penalti, ini bisa memberikan kepercayaan kepada pelanggan atau mitra bisnis bahwa kamu serius dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, termin pembayaran yang baik juga bisa membantu menciptakan lingkungan bisnis yang saling menguntungkan dan berkelanjutan, di mana pelanggan dan mitra bisnis akan merasa dihargai dan diuntungkan dalam transaksi bersama.

Baca juga: Termin vs Uang Muka: Perbedaannya dalam Bisnis

Nah, demikianlah beberapa manfaat termin pembayaran untuk bisnis. Intinya sih, agar termin kamu terbayarkan jangan lupa berikan penjelasan yang jelas dan transparan kepada pelanggan dan mitra bisnis. Sampaikan dengan tegas soal kebijakan pembayaran yang berlaku dan manfaatnya bagi kedua belah pihak. 

Bagaimana, jadi kapan nih mau mulai menggunakan termin untuk pembayaran dengan pelanggan atau mitra bisnis? Yuk, ikuti terus Paper.id Blog untuk informasi atau berita seputar bisnis menarik lainnya.

Jangan lupa daftarkan bisnis kamu di Paper.id dan nikmati mengelola bisnis jadi lebih praktis dengan klik tombol di bawah ini. Gratis!

Daniel Nugraha