Di era teknologi yang berkembang pesat, masih ada orang yang bingung dengan sistem pembayaran digital. Artikel ini akan mengulas 7 jenis pembayaran digital beserta manfaatnya untuk bisnis.

Pembayaran digital merupakan sebuah metode transaksi yang saat ini erat kaitannya dengan bisnis teknologi modern, seperti online shop, dan lainnya. Bagi kamu yang ingin tahu tentang pembayaran digital, berikut penjelasannya!

Baca Juga: Kalian Wajib Tahu! Pengertian & Tahapan Siklus Produk

Apa Itu Pembayaran Digital?

Pembayaran digital atau bisa juga disebut dengan pembayaran elektronik atau online merupakan platform berbasis teknologi digital yang menjembatani proses transaksi keuangan secara non-tunai, baik itu ke merchant offline maupun online.

Selain itu, pembayaran digital juga akan melakukan proses transfer nilai dari satu akun pembayaran ke yang lainnya menggunakan sebuah perangkat digital seperti ponsel, komunikasi digital seperti data nirkabel atau komputer.

Sistem ini juga biasanya akan terintegrasi ke platform pembayaran bisnis seperti aplikasi invoice online di mana akan memberikan banyak manfaat untuk memudahkan bisnis di dalam perusahaan.

Menurut Survei yang dilakukan Daily social, dari 1500 responden pengguna fintech di Indonesia, dari survey membuktikan bahwa platform pembayaran seperti e-money, hingga paylater menjadi layanan yang paling banyak digunakan saat ini.

PaperPay In

Jenis Pembayaran Digital di Indonesia

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis pembayaran digital yang bisa kita temui. Berikut beberapa jenis pembayaran digital yang ada di Indonesia.

1. Kartu Perbankan

Yang pertama ada Kartu Perbankan, ini merupakan alat pembayaran digital yang sejak dulu banyak digunakan oleh orang Indonesia. Kartu perbankan yang sering digunakan seperti kartu debit atau kredit sebagai alternatif pembayaran tunai.

Metode pembayaran digital ini sudah ada sejak tahun 80-an. Metode ini merupakan yang paling sering digunakan karena beberapa alasan, seperti kenyamanan, portabilitas, keselamatan, dan juga keamanan.

2. E-Wallet atau Dompet Digital

Kedua ada dompet digital atau E-Wallet. Pembayaran digital ini merupakan jenis dompet di mana kamu bisa membawa uang dalam format digital.

Saat ini, banyak sekali bank yang telah meluncurkan dompet digital versi mereka sendiri. Selain dari perbankan juga, dari perusahaan swasta juga meluncurkan dompet digital mereka, seperti GoPay, OVO, DANA, dan lain sebagainya.

3. QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara sistem pembayaran yang menggunakan QR Code.

Metode pembayaran ini hadir dan dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama Bank Indonesia agar proses transaksi yang dilakukan mudah dan cepat. Bagi customer keberadaan QRIS memungkinkan mereka melakukan pembayaran dengan aplikasi apapun dengan QR yang sama.

4. Mobile Banking

Mobile Banking mengacu kepada transaksi dan aktivitas perbankan lainnya melalui perangkat seluler. Biasanya transaksi ini dilakukan dengan aplikasi seluler bank. Sebagian besar bank memiliki aplikasi mobile banking yang dapat digunakan pada ponsel dan tablet.

Mobile banking sendiri memberikan banyak manfaat dalam bertransaksi. Segala bentuk transaksi seperti IMPS, NEFT, RTGS, IMPS, investasi, dan lain-lain tersedia di satu aplikasi mobile banking.

5. Micro ATM

Micro ATM merupakan sebuah perangkat business correspondents untuk memberikan layanan perbankan penting kepada para nasabah. Mereka yang menggunakan perangkat ini memungkinkan untuk mentransfer uang melalui rekening bank yang tertaut, dan kamu hanya tinggal mengautentikasi sidik jari saja.

6. Internet Banking

Internet Banking atau bisa disebut dengan e-banking merupakan sebuah metode pembayaran yang memungkinkan para nasabah untuk melakukan transaksi melalui situs web bank.

E-Banking sendiri memerlukan koneksi internet untuk bisa terhubung dengan jaringan bank, dengan itu kamu bisa melakukan atau menerima pembayaran melalui situs web bank.

7. Terminal PoS

PoS atau Point of Sale merupakan alat untuk pembayaran yang biasa dikenal sebagai lokasi di mana penjualan terjadi. Terminal PoS bisa dianggap sebagai kasir di mal dan toko tempat pembayaran dilakukan.

Jenis Mesin PoS yang paling umum ialah untuk kartu debit atau kredit di mana customer melakukan pembayaran hanya dengan menggesek kartu saja.

8. Virtual Account (VA)

Virtual Account merupakan sebuah akun rekening bank virtual yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menerima pembayaran. Dengan memasukkan kode unik dari Virtual Account ke dalam akun bank pembeli, informasi rincian pembayaran dapat diakses.

Metode pembayaran ini sangat praktis karena tidak memerlukan pembeli untuk menginput jumlah harga secara spesifik atau menentukan penerima dana.

9. Online Credit Card

Pembayaran online menggunakan kartu kredit memang aman karena sudah dilengkapi dengan teknologi perlindungan yang mampu mencegah penipuan atau kecurangan.

Fitur perlindungan seperti Fraud Guard atau On Us Routing membuatnya dapat digunakan untuk bertransaksi dengan aman, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, kartu kredit memudahkan customer untuk berbelanja dengan metode cicilan tanpa proses yang rumit.

10. QR Code

QR Code merupakan sebuah cara pembayaran yang menggunakan kode matriks dua dimensi untuk mempercepat transaksi. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi pembayaran digital di smartphone dan memindai QR Code dengan kamera.

Pastikan koneksi internet aktif agar informasi dari QR Code dapat diakses. Fitur QR Code ini membantu dalam mengetahui tujuan rekening atau akun penjual serta jumlah biaya transaksi yang diperlukan.

Baca Juga: Pengertian, Hingga Manfaat dari Sistem Pembayaran

Manfaat Pembayaran Digital untuk Bisnis

Manfaat yang bisa kita rasakan ketika menggunakan metode pembayaran digital untuk bisnis, salah satunya akan memudahkan kamu untuk penyimpanan uang dan juga mengelola cash flow karena semuanya akan secara otomatis tercatat serba digital.

Menggunakan pembayaran digital menghindari risiko klasik seperti kembalian atau kesalahan perhitungan. Selain itu, pembayaran digital memungkinkan peningkatan retensi customer melalui program loyalitas dan promo yang diselenggarakan melalui platform PoS atau payment gateway.

Untuk itu, yuk gunakan pembayaran digital sebagai alat pembayaran utama dengan PaperPay In dari Paper.id. Metode pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui fitur ini, terlebih sudah tersedia beragam metode pembayaran, mulai dari transfer bank, kartu kredit, Virtual Account, hingga marketplace.

Eits, tidak hanya itu, di Paper.id juga kamu sekaligus bisa membuat, mengirim, hingga melacak invoice serta langsung rekonsiliasi secara otomatis, jadi kamu bisa tahu status pembayaran invoice yang kamu kirim ke customer.

Menarik sekali kan? Ayo buruan daftarkan segera bisnismu di Paper.id dan nikmati seluruh manfaatnya dengan cara klik tombol dibawah ini!

Alfian Dimas