Paper.id Blog – Kalian wajib tahu nih, buat para owner bisnis cara menghadapi penurunan produk. Salah satunya ialah siklus hidup produk, berikut pengertian hingga tahapan dari siklus hidup produk.

Kalian sadar gak sih, kalau produk kalian yang mengalami penurunan dalam penjualan dan promosi yang sebelumnya laku dan sering dipakai jadi tidak relevan? Nah, ini yang dinamakan dengan siklus hidup produk.

Siklus ini akan dialami oleh semua produk, baik fisik hingga digital, kalian yang baru mendengear istilah ini pasti bingung. Sebagai yang belum mengetahui, penting bagi kalian untuk mengetahui, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Pengertian, Hingga Manfaat dari Sistem Pembayaran

Mengenal Lebih Jauh Siklus Produk

Buat kalian yang belum tahu tentang siklus hidup produk, berikut penjelasannya. Siklus hidup produk jika dalam bahasa inggris disebut dengan product life cycle merupakan sebuah siklus yang pasti terjadi dalam suatu produk.

Ini merupakan sebuah konsep marketing yang penting untuk memberikan gambaran sebuah perjalanan dari suatu produk. Mulai dari pengenalannya hingga menghilang dari pasaran.

Para pelaku usaha bisnis dapat terbantu, karena didalam siklus ini, kita bisa dapat mengetahui strategi yang tepat dari setiap tahapannya. Bahkan para pelaku bisnis mengambil langkah untuk memperpanjang umur produk di pasar.

4 Tahapan Siklus Hidup Produk Yang Sering Dijumpai Pebisnis

Nah setelah kita tahu mengenai Siklus Hidup Produk secara singkat, kita juga harus tahu nih, tahapan dari siklus hidup produk apa aja sih.

1. Pengenalan

Pada tahap yang pertama ini, produk baru akan mulai diproduksi dan kemudian akan dipasarkan ke masyarakat. Karena ini merupakan sebuah produk baru, dan belum pernah di produksi oleh bisnis manapun, oleh karena itu, dibutuhkan strategi marketing untuk bisa mendongkrak popularitas.

2. Pertumbuhan

Lalu ada tahap pertumbuhan, pada tahap ini, kita akan melihat apakah produk yang sudah dikembangkan sebelumya bisa diterima oleh masyarakat atau tidak. Kalau masyarakat menerima, maka kalian bisa mengevaluasi produk tersebut dan bisa mengembangkannya.

Salah satu ciri produk anda sedang dalam tahap pertumbuhan ialah, makin banyak konsumen produk dan makin meningkatknya intensitas produksi di suatu perusahaan.

3. Tahap Pendewasaan

Pada Tahap ketiga ini, masuk kedalam tahap pendewasaan, Siklus ini merupakan siklus hidup sebuah produk pasca pertumbuhan. Biasanya produk sudah tidak lagi mengalami kenaikan secara drastis, karena masyarakat sudah terbiasa dengan produk tersebut.

4. Tahap penurunan

Terakhir ialah tahap penurunan. Pada tahap ini, sebuah produk akan mengalami penurunan dari segi penjualan, dikarenakan minat konsumen terhadap produk sudah turun. Hal ini terjadi karena target pasar mulai bosan atau terjadi perubahan dari segi produk.

Kesimpulan

Keberadaan dari siklus hidup produk menjadi penting, dan tak selalu buruk. Tiap tahapan memiliki tantangan tersendiri dan strategi nya masing masin, kalian harus terus meneliti strategi apa yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur produk.

Untuk mempermudah bisnis kalian, kalian bisa menggunakan aplikasi invoice dari paper.id, guna mempermudah pembayaran baik dari client ataupun pembayaran ke supplier, Yu Buruan Daftar Sekarang!