Saat ini, tren bisnis F&B (Food and Beverages) berkembang dengan cepat. Sebelumnya, bisnis kuliner berkutat pada bahan penambah imun tubuh agar terhindar dari paparan COVID-19, tahun ini akan berhadapan dengan bahan penambah mood karena banyak orang yang mudah depresi. Mungkin, ini terdengar aneh, tetapi kamu akan mengerti setelah membaca artikel ini.

Menurut Sriboga Raturaya, akan ada 6 tren bisnis F&B yang diprediksi profitable atau menguntungkan di tahun 2023 untuk kamu yang ingin melakukan bisnis kuliner. Berikut diantaranya:

  • Experiential Dining

Experiential Dining

Experiential dining merupakan bentuk makanan modern yang menawarkan pengalaman multisensori dan unik kepada customer. Sebenarnya, tren ini sudah mulai muncul di tahun sebelumnya, namun diprediksi akan lebih besar di tahun ini.

Suasana, gaya, atau desain restoran akan menjadi fokus di tahun 2023. Elemen teatrikal, seperti pengalaman interaktif yang melibatkan pengunjung dalam menyajikan makanan akan menjadi sorotan tren ini. 

Menurut Yelp, sebuah perusahaan Amerika yang memberikan ulasan untuk berbagai bisnis, pendapatan naik 263% untuk restoran bawah air dan 109% untuk teater makan malam.

  • Bir dan Koktail Bebas Alkohol

Kesehatan menjadi salah satu faktor utama yang mendorong tren moderasi. Saat ini, peminum alkohol lebih mementingkan kesehatan mental dan efek setelah meminumnya. Apakah customer memilih opsi yang lebih ringan atau sepenuhnya non-alkohol?

Seperti kita ketahui, kini kebiasaan minum sudah mulai berubah, salah satunya disebabkan oleh pandemi COVID-19. Milenial dan Generasi Z sudah mulai sadar akan risiko kesehatan akibat terlalu banyak mengonsumsi alkohol, hal ini mendorong minuman tanpa dan minuman rendah menjadi tren bisnis F&B tahun ini.

Baca juga: Masalah Supply Chain Yang Sering Dihadapi Pada Bisnis F&B

  • Susu Kentang

Permintaan makanan dan minuman nabati kini terus meningkat. Alternatif untuk produk hewani saat ini banyak bermunculan, salah satunya adalah susu kentang. Sejak tahun lalu, susu kentang mulai muncul di rak susu nabati, di samping pendahulunya di segmen susu nabati, yaitu susu kedelai, oat, dan almond.

Meski terdengar aneh, susu kentang adalah alternatif susu hewani yang akan segera mendapatkan daya tarik di tahun 2023. Susu kentang memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya rendah lemak dan gula, bebas kolesterol, lebih mudah diproduksi, dan rasanya pun tidak terasa seperti kentang.

  • Pasta Nabati

Masih bertemakan nabati, salah satu makanan nabati yang akan menjadi tren di tahun 2023 adalah pasta nabati. Pada dasarnya pasta nabati adalah sejenis pasta yang terbuat dari hasil bumi, seperti gandum, beras merah, kacang hitam, dan buncis. Tentunya bahan-bahan tersebut lebih berkhasiat dengan tinggi protein, rendah lemak, dan bebas dari telur.

  • Clean Label

Saat ini, kamu harus tahu bahwa customer kamu mulai mempertanyakan “Apa isi makanan saya? Dari mana makanan saya berasal?”. Keinginan customer akan transparansi dalam makanan mereka dan ketertarikan pada kealamian meningkat. Disinilah clean label berperan.

Label bersih memberikan informasi kepada customer tentang bahan-bahan dan sumber, baik secara etis, asal, dan faktor ekologis. Tren F&B profitable ini muncul karena permintaan customer akan informasi tentang kompatibilitas dan sifat-sifat makanan.

  • Bahan Makanan Penambah Mood

Ilustrasi Mood Food

Ilustrasi Mood Food (Photo by Nik on Unsplash)

Tren bisnis F&B yang diprediksi profitable terakhir yang akan kita bahas adalah maraknya bahan-bahan penambah mood. Kesehatan sekarang tidak hanya mencakup aspek fisik tetapi juga aspek mental dan emosional. Sekarang, permintaan customer akan makanan dan minuman yang mempengaruhi perasaan mereka. 

Mungkin minuman untuk membantu mereka tidur atau es krim untuk membuat mereka merasa lebih baik. Makanan dan minuman ini disebut ‘Makanan suasana hati’. Tapi, apa sebenarnya ‘Mood Foods’ itu?

Makanan suasana hati adalah produk makanan yang diformulasikan atau memiliki bahan yang membantu kondisi suasana hati konsumen yang negatif. Beberapa bahan penambah suasana hati adalah akar kava dan jamur fungsional. Mereka telah diperkenalkan dalam sejumlah besar minuman, serta makanan ringan yang manis dan gurih.

Baca juga: Alasan Bisnis F&B Butuh Aplikasi Invoice Online

Itulah 6 tren F&B yang diprediksi profitable di tahun 2023. Mulai dari experiential dining hingga makanan penambah mood, pasti ada satu yang cocok untuk bisnis kamu. Yuk, ikuti Paper.id dan ikuti terus berita seputar bisnis di Paper.id!

Muhamad Dika Wahyudi