Pemberian extended payment/Perpanjangan pembayaran kepada customer adalah hal yang sangat krusial dalam keberjalanan bisnismu. Ketika kamu bekerja dengan beberapa customer bisnis dalam waktu yang lama, kamu perlahan akan memahami manakah customer yang dapat diandalkan dan manakah customer yang cenderung membayar terlambat.

Keterlambatan pembayaran dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk kesalahan administrasi, masalah arus kas, proses manual di mana tagihan hilang di kotak masuk email atau pos, atau bisa juga karena opsi pembayaran yang terbatas.

Adapun tahukah kamu bahwa terdapat berbagai manfaat untuk kamu dengan memperpanjang periode tagihan kepada pelanggan. Berikut adalah manfaat yang dapat bisnis kamu peroleh dengan menawarkan extended payment kepada customer bisnismu :

Membangun Kepercayaan kepada Pelanggan

Bisnis yang menawarkan extended payment umumnya dapat menimbulkan kepercayaan kepada customer bahwa bisnis kamu dapat dikabulkan, stabil, dapat dipercaya, dan mature. Hal tersebut tentunya membuat bisnis kamu akan lebih membuat nyaman potensial customer kamu.

Baca juga : Kiat-Kiat Jitu Mengembangkan Usaha Franchise di Indonesia

Menambah Loyalitas Customer

Mempercayai customer kamu dan menawarkan mereka kredit adalah cara yang cocok untuk menanamkan kepercayaan dan loyalitas kepada mereka. Dengan begitu, customer akan merasa bahwa mereka dianggap penting dan diprioritaskan mendapatkan segala kenyamanan dalam pembayaran.

Meningkatkan Reputasi Bisnis 

Memperpanjang kredit bukan sesuatu yang dapat ditawarkan semua bisnis. Bisnis yang menawarkan kredit kepada customer bisnis nya menemukan bahwa bisnisnya memiliki kondisi finansial yang sehat. Hal ini akan meningkatkan reputasi bisnis kamu dan di mata customer dan seluruh industri.

Baca juga : 4 Tipe Business Tools untuk Kamu yang Baru Memulai Bisnis Bersama

Meningkatkan Penjualan 

Menawarkan extended payment kepada customer bisnis akan membantu kamu menarik lebih banyak customer untuk membeli produk/jasa yang kamu tawarkan. Sering kali terdapat tipe customer yang tidak terlalu mementingkan harga yang kamu tawarkan karena terpincut opsi buy now pay later.

Maka dari itu, customer kamu akan cenderung meningkatkan pembelian nya dengan adanya perpanjangan jangka waktu pembayaran ini.

Selain beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan perpanjangan payment, tentunya manfaat utama yang kamu dapatkan adalah hubungan yang akan kamu bangun dengan customer kamu.

Hal tersebut yang kemungkinan besar akan meningkatkan willingness mereka untuk membeli produk kamu secara rutin. Bahkan, kepercayaan mereka dengan produk kamu juga akan meningkatkan virality dari produk kamu dengan word of mouth yang disebarkan dari customer setia kamu.