4 Tipe Business Tools untuk Kamu yang Baru Memulai Bisnis Bersama

Membangun bisnis bukanlah pekerjaan satu orang saja karena membutuhkan business tools. Apabila kamu ingin bisnis yang kamu jalankan berkembang pesat, kamu memerlukan support dan tools untuk memaksimalkan proses dalam bisnis yang kamu jalankan agar efektif dan efisien. Teknologi bisnis terbaru dapat membantu kamu menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan dengan biaya lebih sedikit.

Terdapat banyak pilihan teknologi, tools, dan platform yang dapat membantu bisnis mu untuk berkembang. Ketika kamu telah mengetahui aspek mana dalam bisnismu yang ingin kamu capai, luangkan waktumu untuk melakukan pencarian opsi terbaik untuk kamu dan bisnismu.

Di bawah ini merupakan 4 tipe business tools yang dapat membuat bisnis kecilmu dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Contoh proposal usaha makanan yang mudah dibuat

Task management business tools

Alat manajemen tugas/management tools memungkinkan kamu untuk merencanakan, mengatur, dan memprioritaskan tugas untuk menyelesaikannya secara efisien dan dalam batas waktu yang ditentukan. Alat manajemen ini sangat cocok untuk kamu yang baru saja memulai bisnis bersama, karena secara khusus dirancang untuk memanajemen project bersama partner kamu secara real time.

Alat manajemen tugas online contohnya seperti Asana dan Trello dapat membantu kamu tetap mengetahui daftar project, target, kemajuan project, dan deadline project kamu. kamu dapat mengatur pengingat dan pembaruan otomatis sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk memeriksa setiap hal kecil dengan manual.

Ini juga berfungsi sebagai alat kolaboratif sehingga semua orang di tim kamu tahu apa yang telah dilakukan, apa yang luar biasa, dan siapa yang telah ditugaskan untuk tugas tersebut.

Scheduling Meetings tools

Menyiapkan rapat dapat berarti banyak mengirim email bolak-balik untuk menemukan waktu yang disepakati bersama. Business tools penjadwalan seperti Calendly dan Acuity dapat membantu mengotomatiskan proses pengaturan rapat. kamu cukup mengirimkan tautan kepada orang lain dan mereka memilih dari waktu yang tersedia untuk bertemu.

Alat Kolaborasi Dokumen

Dalam berbisnis yang berkolaborasi dengan banyak orang, kamu memerlukan sistem berbagi file seperti Google Drive dan Dropbox. Business tools digital ini memastikan bahwa setiap orang bekerja dari versi dokumen yang sama.

Kamu dapat bekerja secara real-time dengan satu sama lain atau masuk untuk melihat pekerjaan apa yang telah ditambahkan orang lain.

Kamu dapat menggunakannya secara internal dengan tim kamu sendiri atau kamu bahkan dapat menggunakan alat semacam ini dengan klien dan vendor untuk melacak apa yang diinginkan dan dibutuhkan semua orang.

Baca juga: Persiapan & cara lapor SPT untuk perorangan dan perusahaan

Platform Pembayaran & Penagihan Digital

Apabila kamu memiliki bisnis yang sudah memiliki supplier tetap dalam mengelola bisnis, tentunya diperlukan platform yang mempermudah pembayaran tagihan ke supplier. Dan untuk kamu yang mengelola bisnis berbasis supplier/vendor business, salah satu tantangan yang dihadapi adalah memproses tagihan (invoice) secara efisien.

Salah satu platform yang dapat kamu gunakan dalam mempermudah transaksi pembayaran dan penagihan kamu adalah paper.id. Paper.id merupakan platform invoicing, pembayaran, dan pendanaan yang dapat digunakan oleh UMKM hingga perusahaan besar, dapat digunakan pula untuk personal expenses dengan berbagai metode pembayaran.

Keunggulan Paper.id dibanding software sejenis adalah Paper.id menyediakan fitur Free alias gratis yang dapat digunakan tanpa batasan waktu. Metode pembayaran yang ditawarkan oleh paper.id antara lain dengan OVO, Tokopedia, sampai kartu kredit.

Dengan menggunakan Paper.id, kamu dapat mengirimkan tagihan kepada client bisnis kamu melalui email, whatsapp, dan SMS. Selain itu, terdapat fitur reminder Invoice kepada client bisnis kamu.

(Visited 86 times, 1 visits today)