Banyak orang bermimpi untuk memiliki usaha rumahan yang go international dan menghasilkan banyak uang. Namun, tidak semua orang bisa mewujudkan mimpi tersebut. Ada banyak tantangan dan persaingan yang harus dihadapi oleh para business owner yang ingin memulai usaha rumahan.

Meski begitu, menembus pasar global bukan hal mustahil. Buktinya, ada juga beberapa contoh usaha rumahan Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional dan menjadi terkenal di dunia. Usaha-usaha ini membuktikan bahwa dengan ide kreatif, kerja keras, dan strategi pemasaran yang tepat, usaha rumahan bisa berkembang menjadi bisnis besar. Seperti keempat merek berikut yang sudah membuktikan dirinya:

Jenggala Keramik

Siapa yang menyangka, hanya berawal dari ide usaha rumahan bisa go international. Ya, Jenggala Keramik membuktikannya. Usaha ini berawal dari hobi membuat keramik di rumah oleh Ade Wawo-Runtu pada tahun 19761. Dia mulai membuat keramik dengan menggunakan tanah liat dari Bali dan mendesainnya dengan motif-motif tradisional.

Baca juga : Mixue, Franchise Terkenal Dari China Yang Booming di Indonesia

Kemudian, dia bermitra dengan Brent Hesselyn, seorang seniman keramik asal Selandia Baru, untuk mengembangkan usahanya. Mereka mulai memproduksi keramik dengan kualitas tinggi dan desain yang unik. Mereka juga membuka galeri dan toko di Bali untuk menjual produk-produk mereka.

Salah satu faktor yang membuat Jenggala terkenal adalah bahannya yang ramah lingkungan serta desainnya yang modern. Mereka berani keluar jalur dengan meninggalkan desain keramik kontemporer dan bermain di desain yang minimalis. Cara ini membuat pasar internasional melirik mereka.

Batik Keris

Kalau kamu sering pergi naik pesawat, kamu pasti sering melihat Batik Keris. Berdiri pada tahun 1947, usaha ini diinisiasi oleh Hj Kusmiati. Dia mulai membatik dengan menggunakan alat-alat sederhana dan bahan-bahan alami.

Kemudian, dia bersama suaminya, H. Sutanto Kusumo, mendirikan perusahaan batik bernama Batik Keris pada tahun 1976. Mereka mulai memproduksi batik dengan skala besar dan menggunakan teknologi modern. Mereka juga membuka toko-toko di berbagai kota di Indonesia untuk menjual produk-produk mereka.

Salah satu faktor yang membuat Batik Keris terkenal adalah kualitas produknya yang tinggi dan desainnya yang unik. Mereka menggunakan bahan-bahan berkualitas dan pewarna alami untuk membuat batik. Mereka juga selalu mengikuti perkembangan tren dan selera pasar.

Batik Keris berhasil menarik perhatian banyak orang, baik lokal maupun internasional. Produk-produk mereka digunakan oleh banyak tokoh-tokoh penting, seperti presiden, pejabat negara, duta besar, artis, dan lainnya. Mereka juga menerima pesanan khusus dari berbagai negara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, dan lainnya.

Dua Kelinci

Meski hanya makanan ringan, Dua Kelinci berhasil menjadi salah satu player yang diperhitungkan di pasar nasional dan internasional. Bahkan, mereka berhasil menjadi sponsor klub bola terkenal, Real Madrid. Padahal, mereka awalnya hanya berjualan kacang rebus, kacang atom, kacang bawang, kacang pedas, keripik singkong, keripik pisang, keripik tempe, dan lainnya. Mereka juga membuka pabrik-pabrik di berbagai daerah di Indonesia untuk memproduksi produk-produk mereka.

Secara perlahan, mereka berhasil melakukan penetrasi di pasar internasional. Produk mereka sudah tersebar di benua Asia dan Amerika. Alasan kenapa mereka bisa berhasil, adalah karena mereka berani melakukan marketing dengan cara berbeda dan menjaga kualitas produk. Seperti menjadi sponsor klub bola dan juga menjual produk berkualitas tinggi.

Baca juga : 3 Tantangan dalam Menjalankan Bisnis Keluarga, Apa Saja?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada 2 hal yang bisa kita pelajari:

  • Menjaga kualitas barang secara konsisten
    Mereka berhasil menjaga kualitas barang secara konsisten. Pemilihan bahan yang baik membuat mereka tentunya tetap menjadi pilihan utama di pasar.
  • Berani beda
    Keempat usaha di atas berani beda dengan menyajikan produk yang unik. Ini tentunya membuat mereka dilirik. Bisa dilihat, konsumen tentunya lebih memilih produk yang beda dengan menawarkan keunggulan yang lebih banyak atau desain yang menarik.

Nah, selain kedua hal di atas. Kamu juga perlu memperhatikan soal operasional bisnis, terutama dari cash flow. Untuk memperlancarnya, kamu bisa menggunakan Paper.id, platform pembayaran dan penagihan bisnis.

Dengan Paper.id, pembayaran bisnis bisa berjalan tepat waktu dan mengurangi resiko telat bayar. Cash flow lebih lancar dan masalah pembayaran tidak lagi menghantuimu. Gunakan Paper.id gratis dengan klik tombol di atas!

Daniel Nugraha