Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau biasa disingkat QRIS (dibaca: KRIS) adalah penyatuan kode QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) operator QR dibawah pengawasan Bank Indonesia. QRIS diterapkan agar transaksi scan QR jadi lebih mudah, cepat, dan tetap terjaga keamanannya. QRIS juga bisa jadi metode pembayaran digital yang berpotensi meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan.

Fakta Seputar Adopsi QRIS

Adopsi QRIS yang tinggi, terbukti dapat meningkatkan transaksi penjualan bagi bisnis. Menurut Finasial Bisnis pada Januari 2024, setidaknya 46,37 juta orang menggunakan QRIS dengan nominal transaksi mencapai 149,46% (yoy) atau sekitar Rp 31,64 triliun. Bagaimana QRIS berperan meningkatkan transaksi penjualan?

Bagaimana QRIS memberikan pengalaman menyenangkan bagi konsumen?

Misalnya, sebuah coffee shop di kawasan perkantoran yang dituntut harus serba cepat karena konsumen yang tidak memiliki waktu banyak saat pagi hari. Tak hanya cepat dalam proses pembuatan kopi tapi juga saat melakukan transaksi. Dengan menyediakan opsi pembayaran QRIS, pelanggan cukup scan dan bayar sehingga antrian yang panjang bisa teratasi dengan baik. Pebisnis juga tak perlu lagi menyediakan uang kembalian karena semua bisa diwujudkan dengan cashless. 

Hal ini menunjukkan bahwa QRIS bisa meningkatkan kecepatan dan kemudahan transaksi bagi pelanggan, sehingga mereka lebih mungkin untuk kembali lagi dan bahkan merekomendasikan toko tersebut kepada orang lain. Dengan demikian, penggunaan QRIS membantu restoran dalam meningkatkan penjualan mereka secara keseluruhan.

Baca juga: Mengenal QRIS: Metode Pembayaran Digital Standar di Indonesia

Manfaat QRIS bagi pertumbuhan bisnis

Proses adopsi QRIS yang mudah dan cepat memberikan manfaat berikut bagi bisnis: 

  • Jangkauan luas dan fleksibel: Salah satu keunggulan QRIS adalah kemampuannya untuk digunakan di berbagai tempat, mulai dari bisnis besar hingga bisnis kecil, serta untuk berbagai jenis transaksi, baik penjualan offline maupun online. QRIS menjadi semakin umum dijumpai di toko-toko ritel, restoran, pusat perbelanjaan, dan bahkan pedagang kaki lima. Adopsi yang luas ini menciptakan banyak akses pembayaran baru, sehingga bisnis memiliki kesempatan lebih banyak untuk menjangkau pelanggan dan meningkatkan volume transaksi penjualan mereka.
  • Meningkatkan kecepatan dan kemudahan transaksi: Pelanggan cukup scan kode QR yang ditampilkan atau menampilkan kode QR dari aplikasi dompet digital atau bank. Kemudahan ini tak hanya meningkatkan pengalaman berbelanja lebih praktis dan cepat tapi juga dapat mendorong mereka untuk melakukan lebih banyak transaksi.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan: Pelanggan bisa berbelanja kembali di toko Anda karena adanya opsi metode pembayaran QRIS yang ia sukai karena lebih praktis.
  • Kemudahan pencatatan dan rekap data transaksi: Dari sisi bisnis, dengan menyediakan opsi pembayaran QRIS, maka pencatatan dan rekap data transaksi akan menjadi otomatis. Hal ini menghilangkan proses manual yang seringkali menyebabkan kesalahan karena human error.

Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan dengan QRIS

Selain menyediakan opsi metode pembayaran yang lengkap untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak, menjaga loyalitas dan retensi pelanggan juga tak kalah pentingnya. Untuk itu, cobalah strategi berikut untuk meningkatkan retensi pelanggan menggunakan QRIS:

  • Program Cashback: Berikan cashback bagi pelanggan pengguna QRIS. Maka, hanya pelanggan yang melakukan pembayaran dengan QRIS saja yang bisa mendapatkan cashback dari total pembelanjaan. Anda bisa membuat program cashback yang simpel sehingga mudah dipahami dan diminati pelanggan.
  • Promosi Berbasis QRIS: Strategi ini bisa dilakukan dengan menawarkan promo atau diskon khusus pelanggan yang bertransaksi dengan QRIS. Misalnya, setiap pembelian dengan pembayaran menggunakan QRIS, pelanggan bisa mendapatkan diskon 50% dari total transaksi. Cara ini memberikan insentif langsung kepada pelanggan pengguna QRIS dan ingin berbelanja kembali.
  • Memberikan Hadiah dan Loyalitas: Anda bisa memberikan hadiah atau poin loyalitas kepada pelanggan yang menggunakan QRIS untuk pembayaran. Misalnya, Poin dari transaksi menggunakan QRIS tersebut dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan hadiah atau diskon di pembelanjaan berikutnya.

Baca juga: QRIS untuk Buat Transaksi Bisnismu Mudah Offline dan Online

Pemanfaatan QRIS untuk Mendukung Bisnis Loyalty & Rewards

Tada adalah platform loyalty dan rewards asli Indonesia dengan skema business to business to consumer (B2B2C) yang telah beroperasi sejak tahun 2012. Sebagai perusahaan Software as Service (SaaS), Tada terus mengembangkan produk layanannya untuk memajukan program loyalty dan rewards di Indonesia.

Sebelumnya, program loyalty & rewards dari Tada berbentuk poin atau voucher fisik yang dapat dibelanjakan di brand-brand kerjasama saja. Kini, poin tersebut dapat diubah menjadi digital balance dalam aplikasi Tada yang dapat dibelanjakan dimanapun menggunakan metode QRIS. Dengan demikian pengguna Tada bisa lebih fleksibel ketika ingin membelanjakan balance rewards-nya.

Itulah berbagai tips pemanfaatan QRIS yang dapat membantu bisnis Anda meningkatkan transaksi dan retensi pelanggan. Jika Anda ingin menyediakan pilihan pembayaran dengan metode QRIS, maka bisa daftar QRIS di DOKU. Sebagai perusahaan fintech pembayaran, DOKU menyediakan beragam solusi pembayaran digital termasuk QRIS.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan DOKU

Muhamad Dika Wahyudi