Rencana bisnis atau yang kerap disebut dengan business plan memang sangat penting untuk suatu bisnis khususnya pada usaha kecil. Adanya business plan akan memberi Anda arahan dan membantu Anda agar dapat fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Business plan sendiri adalah dokumen yang merangkum tujuan operasional dan keuangan bisnis dengan rencana dan anggaran terperinci yang menunjukkan bagaimana tujuan akan direalisasikan.

Baca juga: Cara-cara memilih kartu kredit bisnis yang tepat

Dalam business plan terdapat 5 elemen yang menjadi kunci utama business plan seperti:

Deskripsi Bisnis Anda

Deskripsi bisnis usaha Anda harus memberikan penjelasan secara singkat dan sederhana tentang bisnis Anda. Jangan terlalu banyak memberikan informasi yang tidak penting, selain itu sertakan jenis bisnisnya baik berupa produk atau layanan yang Anda atau akan sediakan dan siapa audiens target Anda.

Pesaing Anda

Apakah pesaing Anda adalah seseorang di jalur atau jenis usaha yang sama, atau apakah lebih fokus pada segmen industri, atau produk/jasa? Adapun tujuan mendefinisikan pesaing Anda yaitu untuk menentukan siapa pesaing paling sukses atau lawan tersulit Anda yang harus Anda perhatikan dengan teliti. Dan dengan melakukan identifikasi Anda dapat mengetahui dan mempelajari tentang apa yang membuat mereka sukses mungkin saja dalam hal penawaran produk, harga terbaik, layanan yang diberikan dan lain sebagainya. Setelah Anda memiliki informasi ini, Anda perlu memikirkan bagaimana Anda bisa mengalahkan mereka, namun, penting untuk bersikap realistis.

Pemasaran Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dengan pemasaran Anda yaitu menginformasikan secara jelas dan rinci akan manfaat produk atau layanan Anda bagi pelanggan target Anda dan menyatakan bagaimana produk atau layanan Anda berbeda dari pesaing Anda. Strategi pemasaran Anda harus fokus pada saluran yang tepat untuk Anda. Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Google+. Namun perlu diketahui bahwa pertimbangan terpenting dengan rencana pemasaran adalah mengetahui di mana pasar Anda berada, mengetahui cara mengaksesnya, dan menarik minat konsumen Anda.

SDM dalam business plan

Dalam menjalankan bisnis, Anda memerlukan tim dengan keterampilan serta pengalaman yang sesuai untuk bisnis Anda. Pastikan Anda memiliki orang yang tepat dalam peran yang tepat. Dengan memiliki tim atau SDM yang tepat dari rencana bisnis Anda, akan sangat membantu untuk membuat bagan organisasi yang mencakup peran dan tanggung jawab dalam perusahaan. Dari sudut pandang investor, mereka ingin melihat bahwa Anda memiliki tim yang memiliki pengalaman yang relevan untuk membuat bisnis Anda sukses.

Data Keuangan Anda

Business plan atau rencana bisnis Anda perlu menyertakan neraca ini guna menguraikan posisi keuangan Anda saat ini dalam format yang diterima secara umum, dan laporan laba rugi Anda saat ini juga dalam format yang diterima secara umum. Ini akan membantu memberi gambaran kepada investor bahwa Anda memiliki strategi ke depan.

Baca juga: Kenapa KYC itu penting dan manfaatnya bagi bisnis Anda

Tahap atau Step dalam Membuat Business Plan

Jika Anda sudah memahami pengertian business plan dan hal-hal yang menjadi kunci utama dari business plan, Maka langkah selanjutnya yang harus Anda ketahui yaitu adalah tahap atau langkah-langkah dalam membuat business plan yang baik.

Berikut ini merupakan 10 langkah untuk menulis rencana bisnis adalah:

  • Buat ringkasan bisnis atau usaha Anda
  • Tulis deskripsi perusahaan Anda
  • Ringkas riset dan potensi pasar
  • Lakukan analisis kompetitif
  • Jelaskan produk atau layanan Anda
  • Kembangkan strategi pemasaran dan penjualan
  • Kompilasi keuangan bisnis Anda
  • Jelaskan organisasi dan manajemen Anda
  • Jelaskan permintaan pendanaan Anda
  • Buat lampiran untuk dokumen resmi