Dalam dunia bisnis yang dinamis, kini penggunaan pembayaran secara digital semakin populer, diantaranya kartu kredit dan debit yang sudah sangat umum digunakan oleh customer. Namun, bagi pebisnis, pasti kamu bertanya-tanya, “terima pembayaran pakai kartu kredit atau debit, lebih untung yang mana?” Iya, kan?

Terlebih, keputusan ini tidak hanya akan mempengaruhi cash flow dan efisiensi transaksi bisnis kamu lho, tetapi juga hubungan dengan customer dan pertumbuhan bisnis kamu dalam jangka waktu yang panjang.

Maka dari itu, berikut ini ada rincian keuntungan yang terkait jika kamu menerima pembayaran pakai kartu kredit dan debit. Simak selengkapnya di bawah ini, guys!

Baca Juga: Apa itu Kartu Kredit? Dan Bagaimana Cara Memanfaatkannya Untuk Bisnis?

Kemudahan Transaksi dan Kepuasan Customer

Sebagai supplier, dengan menerima pembayaran pakai kartu kredit atau debit memungkinkan transaksi dengan mitra bisnis kamu jadi lebih cepat dan mudah, tanpa perlu menghadapi kendala pembayaran tunai atau cek yang bisa saja memperlambat proses.

Customer kamu bisa dengan mudah membayar secara langsung atau bahkan online dengan beberapa klik di layar, terlebih jika kamu memakai software invoice yang bisa menerima pembayaran lewat beragam metode apa saja, termasuk kartu kredit dan debit.

Nah, kecepatan dan kenyamanan ini bisa menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi customer kamu, sehingga bisa juga meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan yang diberikan oleh bisnis kamu.

Baca juga: Terima Pembayaran dengan Kartu Kredit: Pilihan yang Cerdas untuk Bisnis?

Ekspansi dan Peningkatan Penjualan

Misalnya nih, ketika kamu menerima pembayaran dengan kartu kredit, kamu seperti membuka pintu bagi mitra bisnis kamu yang mungkin tidak memiliki cukup uang tunai untuk membeli/menyetok produk atau layanan kamu.

Terlebih, dengan kartu kredit, customer kamu jadi memiliki opsi untuk mengatur dan menambah tempo pembayaran yang lebih lama, biasanya mulai dari 30 – 45 hari tergantung jenis kartu kredit yang mereka gunakan. Dengan begitu, ini menjadi win-win solution, kamu dapat uang tagihannya, sementara customer kamu dapat keuntungan tersebut.

Selain itu, menerima pembayaran dengan kartu kredit personal, kartu kredit bisnis atau debit bisa membantu kamu menarik customer yang lebih luas lho, termasuk customer luar internasional yang tidak bisa memiliki mata uang lokal. Nah, dengan ini, bisnis kamu bisa jadi peluang untuk meningkatkan penjualan.

Aman dan Meminimalisir Penipuan

Keuntungan lainnya jika terima pembayaran pakai kartu kredit
Keuntungan Lainnya Jika Terima Pembayaran Pakai Kartu Kredit (Sumber: Passionate In Marketing)

Institusi keuangan yang mengeluarkan kartu kredit dan debit biasanya melindungi kartu dengan lapisan perlindungan dan pengawasan terhadap transaksi. Ini berarti kamu lebih terlindungi dari risiko penipuan atau pembayaran yang tidak valid.

Namun, tentunya kedua kartu ini memiliki perbedaan di dalam hal penanganan dana yang salah transfer atau penipuan. Jika customer kamu menggunakan kartu debit, proses mendapatkan kembali dana tersebut biasanya lebih sulit.

Sementara itu, jika customer kamu mengalami hal itu, mereka memiliki lebih banyak perlindungan. Mereka bisa melaporkan transaksi yang tidak sah atau transfer yang salah kepada penerbit kartu kredit, dan pihak mereka akan melakukan investigasi. 

Selama proses investigasi, penerbit kartu kredit akan memblokir transaksi tersebut dan menunda pembayaran tagihan sampai investigasi selesai. Jika terbukti tidak sah atau ada kesalahan, penerbit kartu kredit biasanya akan mengembalikan dana atau menghapus transaksi.

Biaya dan keuangan Bisnis

Dalam segi ini, biasanya menerima pembayaran baik dengan kartu kredit atau debit ada biaya transaksi dan biaya pemrosesan yang bisa saja kedepannya mempengaruhi keuntungan bisnis kamu. 

Namun, perlu dicatat bahwa biaya ini bisa bervariasi tergantung pada penyedia layanan pembayaran yang kamu pilih. Tentunya biaya ini juga pasti akan seimbang dengan keuntungan yang ditawarkan, intinya penting untuk kamu melakukan riset dan membandingkan biaya dari berbagai penyedia layanan biar dapat penawaran terbaik.

Baca juga: Perbedaan Kartu Debit dan Kredit Yang Harus Kalian Ketahui

Nah, itu dia keuntungan jika kamu menerima pembayaran pakai kartu kredit atau debit. Soal untung? Balik lagi dengan preferensi bisnis kamu. Kalau boleh, pakai saja dua-duanya, terlebih ini akan menjadi peluang untuk bisnis kamu dalam memperluas jangkauan customer.

PAPERCARD, kartu kredit bisnis yang memiliki beragam manfaat

Lalu, buat kamu yang seorang pebisnis dan ingin menggunakan kartu kredit sebagai untuk membayar tagihan bisnis, kamu kamu bisa mencoba untuk menggunakan PAPERCard kartu kredit bisnis dari Paper.id.

PAPERCARD merupakan kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Bank BRI) berkolaborasi dengan PT Pakar Digital Global atau Paper.id dan didukung oleh jaringan Visa. Dimana PAPERCARD menggabungkan manfaat bisnis dan personal dalam satu tempat.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan kartu kredit bisnis PAPERCARD dari Paper.id, seperti kamu bisa mendapatkan tambahan tempo hingga 55 hari dan limit yang didapatkan cukup besar, dibanding dengan kartu kredit pribadi. Terlebih lagi, ada pula cashback 0,1% tanpa batas di setiap pembayaran invoice di Paper.id, sehingga biaya transaksi di Paper.id yang tadinya 1,5% makin murah, yaitu hanya 1,4%! Masih ada lagi, yaitu berbagai diskon dari beragam merchant untuk keperluan bisnismu khusus dengan PAPERCARD. Transaksi PAPERCARD juga terkonversi dengan GarudaMiles setiap kelipatan Rp100.000 (Rp8.333 per miles).

Dengan menggunakan PAPERCARD, kamu pun bisa melakukan business expense management dengan mudah. Yang artinya, kamu bisa melacak, membuat, serta melihat laporan pengeluaran dari penggunaan kartu kredit ini untuk membuat bisnismu tetap berjalan. Jadi transaksi bisnismu akan terekap secara otomatis, jadi pencatatan untuk bisnis jauh lebih mudah, dan tidak ribet.

Lalu, pengajuan PAPERCARD jauh lebih mudah, dan sepenuhnya dilakukan dengan cara online. Dengan hanya terdaftar sebagai pengguna Paper.id, dengan usia akun minimal 3 bulan, dan beberapa syarat yang lain, kamu sudah memiliki kesempatan untuk mendapatkan kartu kredit bisnis PAPERCARD.

Menarik bukan? Yuk, segera #SwipeUpYourLife dengan PAPERCARD, supaya bisnis up, dan life juga up!Klik tombol dibawah ini untuk informasi lebih lanjut atau kamu bisa kontak langsung di WhatsApp ke nomor tim customer success kami di +62 852 1952 6186.

Muhamad Dika Wahyudi