Saat ingin membayar klien, Anda seringkali merasa sebal, karena klien tidak menyediakan metode pembayaran yang sama dengan yang Anda gunakan bukan? Di satu sisi, Anda harus membayar biaya admin lagi, yang artinya melebihi dari biaya yang harus Anda bayarkan. Selain itu, belum lagi jika prosesnya yang ribet, sehingga memakan waktu yang lama.

Hal ini kerap terjadi dalam transaksi bisnis, baik itu B2C maupun B2B. Saat setelah mendapatkan produk yang diinginkan, kita seringkali dihadapkan pada proses pembayaran yang ribet. Akhirnya, kita harus menggunakan metode pembayaran berbeda.

Baca juga: Contoh surat tagihan pembayaran dan penjelasannya

Meski terkesan biasa, hal ini bisa menghabiskan banyak waktu dan biaya. Bayangkan, Anda menghabiskan sekitar Rp6.500 hanya untuk transfer beda bank. Bagaimana, jika Anda harus membayar transaksi sebanyak 100 kali? Tentunya, Anda bisa menghabiskan Rp650.000 untuk satu hari.  Belum lagi, masalah-masalah lainnya yang bisa membuat Anda pusing tujuh keliling

Masalah-masalah transaksi pembayaran terkait metode pembayaran

Photo Of Man Touching His Head

Metode pembayaran mungkin terkesan hal kecil. Anda mungkin berpikir, “Oh, saya sudah biasa kalau bayar supplier atau klien saya dengan transfer beda bank atau metode pembayaran yang berbeda”. Tapi bayangkan jika Anda harus menghadapi ratusan invoice yang harus Anda bayar dalam sehari.

Hal ini tentunya menyebalkan bukan buat Anda? Anda harus menyisakan waktu sekitar 5 – 10 menit untuk mengurus invoice sebelum dibayar. Setelah itu, Anda juga harus menyiapkan dana sekitar 6000 – 8000 untuk biaya admin. Jika Anda mengurus 100 invoice dalam sehari, maka Anda harus mengeluarkan dana 600.000 – 800.000 Rupiah dalam sehari! Belum lagi, waktu yang terbuang untuk mengelola invoice sebelum dibayar.

Jika ini berlangsung selama bertahun-tahun, tentunya akan ada banyak biaya dan waktu yang terbuang untuk mengurus hal tersebut. Sementara, dana atau waktu yang ada bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya, seperti budget planning, strategy planning atau bahkan untuk meningkatkan penjualan agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

Bagi Anda, tentunya hal ini mungkin bersifat remeh. Tapi, hal ini bisa mempengaruhi tingkat kompetitif perusahaan atau bisnis Anda di masa yang akan datang. Hal ini tidak hanya berlaku bagi UMKM saja, tapi bagi banyak perusahaan yang masih mengelola A/P secara konvensional.

Baca juga: Contoh surat tagihan yang ampuh untuk mendapatkan pembayaran 2 kali lebih cepat

Bayar invoice lebih cepat & hemat dengan Paper.id

Black Calculator on White Printer Paper

Salah satu cara agar Anda dapat membayar invoice lebih cepat, adalah dengan menggunakan digital payment. Di zaman sekarang, ada berbagai jenis digital payment yang tersedia dan dapat membantu Anda agar mengelola dan menerima pembayaran untuk transaksi menjadi lebih mudah.

Alasan pertama kenapa Anda harus menggunakannya adalah, karena adanya banyak metode pembayaran seperti PaperPay Out dari Paper.id. Paper.id adalah platform solusi pembayaran yang dapat membantu Anda menerima pembayaran lebih cepat atau melakukan pembayaran lebih nyaman lewat beragam metode yang tersedia. Disini, Anda bebas memilih mau metode apa saja untuk membayar termasuk kartu kredit! Dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa mendapatkan tambahan tempo, sehingga bisa beli dulu barangnya dan bayar tagihannya nanti.

Di PaperPay Out, baik Anda maupun mitra bisnis bisa menggunakan aplikasinya dengan mudah karena tersedia di Android dan Laptop. Anda dapat memantau status transaksi lebih mudah, tanpa perlu repot-repot melakukan pencocokkkan dokumen. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dalam mengelola bisnis Anda. Paper.id cocok untuk digunakan berbagai jenis bisnis seperti makanan & minuman, elektronik & gadget, jasa digital, hingga perusahaan besar.

Yang terpenting, Paper.id dikelola dengan sistem keamanan berstandar global setara bank. Dengan begitu, data pengguna Anda dan mitra bisa dijaga dengan baik dari bahaya pencurian data maupun kerusakan data. Gunakan Paper.id sekarang karena itu gratis dan buat proses pembayaran menjadi 3x lebih mudah! Ayo daftar sekarang & gunakan PaperPay Out untuk mempermudah transaksi bisnis Anda!