Pernah tidak kamu kerepotan membuat kwitansi manual? Atau, merasa bosan dengan tumpukan kwitansi kertas yang mudah hilang dan rusak? Lalu, ingin membuat kwitansi profesional dengan cepat dan mudah? Jika iya, gunakan aplikasi kwitansi!

Di era digital ini, banyak aplikasi kwitansi yang tersedia untuk membantu kamu mengelola keuangan dan bukti pembayaran dengan lebih mudah dan efisien. Tetapi, dengan banyaknya pilihan aplikasi di luar sana, mana yang terbaik dan mudah digunakan?

Eits, jangan khawatir! Berikut rekomendasi beberapa aplikasi kwitansi terbaik untuk kamu. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Paper.id

Rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat kwitansi digital untuk bisnis adalah Paper.id. Aplikasi yang dikenal sebagai platform One for All” ini dilengkapi berbagai fitur untuk mengelola operasional bisnis menjadi lebih mudah dan praktis, termasuk untuk membuat kwitansi.

Mulai dari untuk buat, kirim, hingga memantau invoice sampai dengan untuk bayar supplier, tagih dan terima pembayaran dari customer melalui berbagai metode, seperti transfer bank, kartu kredit, E-Wallet, Virtual Account, QRIS hingga marketplace.

Nah, dengan Paper.id, setelah transaksi kamu sukses dengan customer atau mitra bisnis, kamu bisa ubah invoice yang sudah terbayar menjadi kwitansi. Menarik sekali, ‘kan? 

Untuk itu, berikut cara membuat kwitansi otomatis di Paper.id:

1. Membuat kwitansi dari menu Penjualan

a. Klik menu Penjualan > Kwitansi Penjualan

b. Untuk membuat menu pembayaran baru > klik tombol Buat Pembayaran Masuk di pojok kanan atas.

Membuat kwitansi dari menu Penjualan

c. Pada tampilan Terima Pembayaran untuk Invoice,  isi kolom Pembayaran Dari dengan nama customer yang membayarkan tagihannya.

Membuat kwitansi dari menu Penjualan

Penjelasan:

  • Tanggal pembayaran: tanggal kapan uang tersebut diterima oleh kamu sebagai pemilik usaha.
  • Metode Pembayaran: cara pembayaran yang digunakan customer untuk membayar tagihan invoice.
  • Akun keuangan: menentukan penerimaan pembayaran tersebut akan masuk ke akun kamu yang mana.
  • Kolom Catatan: kamu bisa mencatatkan informasi tambahan terkait dengan pembayaran uang dari pelanggan.
  • Kepada Invoice: pilih invoice yang akan dibuatkan pembayarannya dengan mengklik tombol Pilih Invoice Untuk Dibayar. Setelah mengklik tombol tersebut, akan muncul invoice yang masih berstatus Unpaid atau Overdue. Checklist invoice yang akan dibuatkan pembayarannya, kemudian klik Simpan.
  • Setelah klik Simpan, data-data invoice akan tertera di kolom Kepada Invoice. Ketik manual jumlah pembayaran yang diterima pada kolom Jumlah Terbayar. Jika sudah selesai, klik Simpan Pembayaran Masuk.
  • Apabila jumlah pembayaran sudah dibayar penuh, invoice akan berstatus Paid. Namun apabila invoice baru dibayar sebagian, invoice akan berstatus Partially Paid.

2. Membuat kwitansi dari menu Lihat Invoice Penjualan

a. Pilih dan buka invoice yang ingin dibuat pembayarannya.

b. Klik tombol Tindakan di pojok kanan atas, lalu pilih Buat Kwitansi Penjualan.

Membuat kwitansi dari menu Lihat Invoice Penjualan

c. Setelah klik Buat pembayaran Masuk, akan muncul tampilan sebagai berikut. Kamu bisa melengkapi kolom-kolom yang wajib diisi, ditandai dengan ikon bintang kecil berwarna merah.

Membuat kwitansi dari menu Lihat Invoice Penjualan

Penjelasan:

  • Tanggal pembayaran: jadwal kapan uang tersebut diterima kamu sebagai pemilik usaha
  • Metode Pembayaran: cara pembayaran yang digunakan customer untuk membayar tagihan invoice.
  • Jumlah: jumlah tagihan yang sudah dibayar oleh client.
  • Akun keuangan: menentukan penerimaan pembayaran tersebut akan masuk ke akun kamu yang mana.
  • Kolom Catatan: kamu bisa mencatatkan informasi tambahan terkait dengan pembayaran uang dari customer.
  • Setelah semua kolom terisi, klik Simpan Pembayaran Masuk. Apabila jumlah pembayaran sudah dibayar penuh, invoice akan berstatus Paid. Namun apabila invoice baru dibayar sebagian, invoice akan berstatus Partially Paid.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan kwitansi di Paper.id, kamu bisa klik laman support di sini.

Baca juga: Invoice vs. Kwitansi: Penting Diketahui di Dunia Bisnis

2. Cash Receipt

Pilihan berikutnya untuk aplikasi kwitansi gratis adalah Cash Receipt, yang memiliki sejumlah kelebihan juga. Tampilan antar muka yang bersih dan sederhana sehingga mudah untuk digunakan untuk pemula sekalipun. 

Selain itu, Cash Receipt memungkinkan kamu bisa menyimpan kwitansi digital dalam format xls atau PDF. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengirimkan langsung kwitansi tersebut melalui Email atau WhatsApp.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah ukurannya yang kecil. Jadi, kamu tidak perlu khawatir penggunaan ruang penyimpanan yang berlebih di perangkat yang kamu gunakan, baik pada tablet maupun Android.

Terdapat juga fitur yang memungkinkan kamu untuk menambahkan nomor resi secara otomatis. Terakhir, kamu bisa langsung mengirimkan kwitansi digital melalui aplikasi ini.

Invoice Penjualan

3. Invoice Maker & Billing App

Invoice Maker & Billing App adalah alternatif lain untuk membuat kwitansi digital melalui perangkat Android dengan kapasitas yang terbatas. Meskipun berukuran kecil, aplikasi ini bisa dijalankan dengan lancar, lho.

Meskipun memiliki ukuran hanya 11 MB, aplikasi ini tetap menawarkan berbagai fitur menarik seperti pilihan bahasa yang banyak dan kemampuan untuk mengedit kwitansi. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan hasil kwitansi digital dalam format PDF atau xls.

Salah satu keunggulan utamanya adalah adanya ratusan template kwitansi dengan desain menarik yang selalu diperbarui setiap bulan. Fitur menarik lainnya adalah kemampuan untuk mengunggah logo perusahaan dan membuat kwitansi digital dalam jumlah banyak hanya dalam beberapa detik.

Invoice Maker & Billip app juga menyediakan kemudahan dalam personalisasi bisnis, lho. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan beberapa pilihan metode pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

4. Aplikasi Receipt & Invoice

Kamu bisa mengunduh aplikasi kwitansi gratis Receipt & Invoice melalui Google Play Store. Aplikasi ini punya sejumlah kelebihan lho, di antaranya fitur untuk menambahkan logo perusahaan, menambahkan nama toko/perusahaan, serta membuat kolom tanda tangan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kwitansi digital dan menyimpannya dalam format yang diinginkan, seperti PDF atau Excel. Jadi, kamu bisa menyesuaikan sesuai yang diinginkan customer, praktis ‘kan?

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kemampuannya untuk membuat invoice dan perkiraan yang bisa kamu kirimkan langsung kepada customer. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendaftarkan layanan produk, serta supplier dan customer.

5. Faktur dan Penerimaan

Aplikasi Faktor dan Penerimaan ini cocok untuk kamu yang sering melakukan transaksi dengan mata uang asing. Dengan beberapa fitur yang disediakan, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam berbagai hal.

Mulai dari kamu bisa dengan mudah mengirimkan invoice melalui Skype, WhatsApp, atau Email. Selain itu, kamu juga punya opsi untuk menambahkan logo dan tanda tangan pada invoice digital yang kamu buat.

Kamu bisa menyimpan invoice dalam format PDF untuk dibuka melalui desktop, atau menyimpannya dalam format CSV untuk dibuka melalui Ms. Excel. Terakhir, tersedia juga fitur cadangan data menggunakan SD Card dan Dropbox.

Baca juga: Begini Perbedaan Fungsi Proforma Invoice vs Invoice dalam Bisnis

Nah, itu dia beberapa rekomendasi aplikasi kwitansi yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan transaksi bisnis. Pada akhirnya, setiap aplikasi memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing. Untuk itu, pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Aplikasi-aplikasi ini akan membantu kamu membuat kwitansi dengan cepat, mudah, dan juga profesional. Kamu tidak perlu lagi repot-repot membuat kwitansi manual atau khawatir dengan tumpukan kwitansi kertas yang mudah hilang dan rusak.

Masih ragu untuk menggunakan aplikasi kwitansi, khususnya Paper.id? Paper.id menyediakan berbagai template kwitansi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Selain itu, memungkinkan kamu bisa menyimpan kwitansi secara digital sehingga kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. 

Jadi, jika kamu mencari solusi pembuatan kwitansi yang mudah, profesional, dan terintegrasi dengan platform manajemen keuangan lainnya, Paper.id adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Yuk, daftarkan segera bisnis kamu di Paper.id dengan cara klik tombol di bawah ini!

Muhamad Dika Wahyudi