Sebagai pebisnis, sudah seberapa besar waktu yang sudah kamu investasikan untuk membangun hubungan dengan customer atau yang dikenal dengan CRM? Sejauh mana juga kamu harus melangkah dalam memenuhi kebutuhan mereka? Bisnis yang sukses selalu memahami bahwa customer adalah aset berharga, lho.

Jika bisnismu masih kecil, mungkin saja hal ini bisa dilakukan secara manual, dengan banyak catatan di Ms. Excel, jadwal panggilan telepon, dan e-mail yang harus diatur. Namun, seiring pertumbuhan bisnis dan semakin banyaknya customer yang harus diurus, pendekatan manual ini bisa tidak efisien dan bahkan melelahkan.

Untuk itu, inilah saatnya untuk membahas pertanyaan penting ini: “perlukah perusahaan saya memfokuskan Customer Relationship Management (CRM)?”, seberapa penting CRM untuk bisnis saya?, dan apakah ada teknologi yang bisa membantu mengoptimalkan hubungan dengan customer.

Apa Itu CRM dan Mengapa Penting?

CRM adalah sebuah sistem atau program yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola dan meningkatkan hubungan dengan customer untuk kepentingan jangka panjang. Bukan hanya sekedar alat, melainkan filosofi bisnis yang melibatkan seluruh elemen dalam upaya untuk memahami dan melayani customer dengan lebih baik.

Jadi, mengapa CRM penting? Jawabannya sederhana, karena ini sebagian besar berkaitan dengan kenyataan bahwa customer adalah satu satu aset paling berharga bagi bisnis kamu. Berikut beberapa alasan mengapa CRM begitu penting:

1. Pemahaman yang lebih baik tentang customer

CRM membantu kamu mengumpulkan data customer yang sangat berharga. Nah, dengan informasi ini, kamu bisa memahami tentang analisa preferensi, kebiasaan pembelian, dan kebutuhan individu customer kamu. Hal ini membantu kamu menyediakan layanan yang lebih personal dan relevan.

Misalnya, kamu sebagai supplier buah dan sayur. Dengan CRM, kamu bisa melacak produk apa yang sering dibeli oleh setiap customer, kapan terakhir mereka memesan, dan bahkan seberapa sering mereka cek terkait dengan kritik & saran serta harapan dari customer

Baca juga: 5 Manfaat Customer Relationship Management (CRM) Tool, Lebih dari Menjaga Relasi dengan Pelanggan

2. Menjadi sarana promosi terbaik

Meskipun CRM tujuan utamanya untuk mengelola dan meningkatkan hubungan dengan customer dan bukanlah menjadi sarana promosi. Namun, CRM bisa digunakan sebagai alat pendukung dalam strategi pemasaran dan promosi, lho.

CRM memungkinkan kamu untuk mengelompokkan customer berdasarkan preferensi, perilaku pembelian, atau karakteristik lainnya. Hal ini bisa kamu jadikan modal untuk mengidentifikasi kelompok customer potensial untuk mendapatkan promosi tertentu.

Dengan data yang kamu kumpulkan melalui CRM, kamu bisa merancang campaign yang lebih terarah dengan menggunakan e-mail, atau menggunakan fitur broadcast WhatsApp untuk promosi ataupun terkoneksi secara individu.

3. Membantu membangun program loyalitas customer

Selain sebagai sarana promosi, CRM juga bisa membantu kamu mengidentifikasi customer setia dan memberikan insentif atau program loyalitas yang ditargetkan kepada mereka. Ini bisa berupa diskon, hadiah, atau layanan khusus lainnya yang membuat mereka ingin tetap berbisnis dengan kamu.

Tidak hanya itu, dengan CRM, kamu bisa juga mengumpulkan feedback dan mengukur seberapa puas mereka terhadap pelayanan bisnis kamu. Dengan memahami apa yang customer sukai atau tidak, kamu bisa membuat perbaikan yang diperlukan dalam layanan/produk kamu.

4. Meningkatkan retensi customer

Mengenal customer dengan baik artinya kamu bisa merespons lebih cepat terhadap masalah mereka dan memberikan solusi yang tepat waktu. Ketika customer menghadapi masalah atau kebutuhan, mereka ingin merasa didengar dan diperhatikan, saat inilah CRM bisa dapat membuat perbedaan besar.

Jika bisnismu memiliki begitu banyak customer dan tidak bisa ditangani secara manual, CRM memungkinkan kamu untuk melacak keluhan atau permintaan mereka dengan lebih efisien. Jadi, tim kamu bisa dengan cepat mengakses riwayat customer dan detail masalahnya sehingga masalah pun lebih cepat diselesaikan.

Baca juga: 10 Perusahaan dengan Customer Service Terbaik, yuk, Pelajari Strateginya!

So, apakah perusahaan kamu perlu menggunakan CRM? Jawabannya mungkin tergantung pada ukuran, kompleksitas, dan fokus bisnis kamu sendiri. Namun, saat kamu mempertimbangkan manfaat di atas, jawabannya mungkin bisa menjadi lebih jelas.

Jika kamu ingin mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan memberikan layanan yang luar biasa kepada customer, mempertimbangkan untuk menggunakan CRM mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang cerdas. Jadi, kamu sudah menggunakan CRM belum, nih?

Perihal hubungan dengan customer, kamu sudah mempermudah pembayaran mereka belum? Jika belum, kamu bisa gunakan Paper.id, lho. Aplikasi pembayaran digital ini menawarkan kamu menagih dan terima pembayaran jadi lebih dan cepat.

Customer kamu bebas bayar pakai metode apa saja seperti Kartu Kredit, QRIS, Virtual Account, marketplace, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah rekonsiliasi, karena di Paper.id semuanya tercatat otomatis.

Menarik, kan? Yuk daftarkan bisnis kamu di Paper.id sekarang juga dan nikmati semua fitur serta manfaat lainnya yang tersedia dengan klik tombol di bawah ini. GRATIS!

Muhamad Dika Wahyudi