Customer relationship management adalah suatu upaya mengelola hubungan dengan pelanggan, dan hal ini sangat penting. Bahkan, menjaga retensi pelanggan adalah suatu keharusan dalam bisnis apapun, karena pada dasarnya setiap bisnis pasti ingin pelanggan untuk terus berbelanja di tempat mereka. Menurut studi dari Bain & Company, meningkatkan retensi pelanggan sebesar 5%  dapat meningkatkan laba perusahaan B2B sebesar 25% hingga 95%. 

Sayangnya, terlepas dari seberapa pentingnya customer retention ini, hanya 18% bisnis yang memprioritaskan retensi, seperti yang dilaporkan oleh Forbes.  Bukan tak mungkin ini terjadi karena ribetnya yang harus dilakukan untuk menjaga hubungan dengan customer, seperti menghubungi mereka, memahami permasalahannya, mengumpulkan dan mengolah data, dan mengimplementasikan strategi serta perbaikan untuk pelayanan bisnis.

Namun, tak perlu khawatir. Pasalnya, sekarang CRM sudah jauh lebih dimudahkan dengan adanya tools yang bisa kamu gunakan agar hasilnya bukan lebih simpel, tetapi juga lebih maksimal.

Untuk mengetahui selengkapnya tentang manfaat CRM dan implementasinya dengan tools, simak artikel Paper.id berikut ini, ya!

Baca juga: 10 Perusahaan dengan Customer Service Terbaik, yuk, Pelajari Strateginya!

Apa Itu Customer Relationship Management

CRM atau Customer Relationship Management di B2B bisnis merujuk pada sistem, teknologi, strategi, dan proses yang membantu perusahaan B2B mengelola hubungan mereka dengan konsumen yang sudah ada  dan calon konsumen.  

Seperti yang mungkin juga sudah kamu ketahui, bahwa mengelola dan menjaga hubungan dengan konsumen terlebih dalam B2B bisnis memiliki tantangan tersendiri. 

Salah satu tantangan ini adalah membangun kepercayaan dan kemitraan. Mayoritas siklus penjualan di B2B lebih panjang daripada di B2C, sehingga membangun hubungan yang kuat menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga loyalitas. 

Melansir The Future State of Trust, hampir (99%) responden dari 1000 B2B bisnis yang disurvei  mengatakan bahwa kepercayaan sangat penting ketika mereka memilih pemasok. 

Dengan kata lain, jika tidak ada kepercayaan, maka tidak ada bisnis. Demikian pula, jika kamu berhasil memenangkan kepercayaan pelanggan, peluang bisnis yang lebih menguntungkan akan lebih besar.

Sementara itu, sistem CRM memungkinkan kamu untuk memiliki pemahaman yang lebih lengkap dan dalam mengenai customer journey melalui fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti marketing automation, lead scoring, dan contact management.

Hal tersebut membantu kamu  untuk melihat histori percakapan konsumen, menyederhanakan alur kerja, dan memungkinkan akses mudah ke data pelanggan yang bisa digunakan untuk mengelola hubungan dengan mereka sekaligus menggunakannya untuk memperkuat kepercayaan antar bisnis dan konsumen.

Karena ada begitu banyak yang harus dilakukan dalam upaya CRM sebuah bisnis, kini sudah hadir begitu banyak tools seperti aplikasi atau software yang dapat membantu memudahkan prosesnya.

Contoh-contoh aplikasinya adalah seperti:

  • HubSpot
  • Pipedrive
  • Zoho
  • Insightly
  • Monday Sales CRM
  • dan masih banyak lagi

Nah, apa manfaatnya menggunakan tool tersebut?

Manfaat CRM Tool untuk Bisnis Model B2B

1. Meningkatkan efisiensi bisnis

Salah satu keuntungan B2B CRM adalah meningkatkan produktivitas bisnis. CRM membantu mengumpulkan data statistik tentang prospek atau kesepakatan yang belum selesai, serta memberi peringatan saat mendekati tanggal penting, seperti tanggal perpanjangan atau tenggat waktu tempo pembayaran.

2. Mempercepat siklus penjualan

Melansir databox.com, rata-rata  panjang siklus penjualan B2B adalah 2,1 bulan. Tolok ukur ini sendiri dihitung dari data anonim dari 300 lebih  perusahaan.

Sistem CRM membantu mengakselerasi siklus penjualan di  B2B. Hal ini bisa dilakukan sebab CRM memudahkan aksesibilitas  informasi ke  semua karyawan sehingga mempercepat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penjualan. 

3. Analisis yang mendetail

Teknologi CRM untuk B2B biasanya  dilengkapi dengan fitur analitik dan pelaporan yang membantu tim penjualan mengetahui strategi  mana yang menghasilkan profit atau return of investment yang paling tinggi,  prediksi penjualan di kuartal berikutnya, dan masih  banyak lagi.

4. Memberikan personalisasi komunikasi

Menurut Statista, 60% konsumen di seluruh dunia berpendapat bahwa brand akan kehilangan pelanggan setianya jika mereka tidak memberikan pengalaman yang personal. 

Komunikasi personal membantu dalam membangun loyalitas konsumen dan membedakan bisnis kamu  dari kompetitor. Dengan B2B CRM,  kamu dapat membuat  campaign  untuk setiap industri. Sehingga, ketika calon konsumen melihat campaign  yang berhubungan dengan bisnis mereka, kemungkinan besar mereka akan berinteraksi dengan konten tersebut.

5. Meningkatkan retensi konsumen 

Setelah mendapatkan konsumen baru, tentunya  sangat penting untuk menjaga mereka agar tetap menjadi pelanggan setia dan meningkatkan loyalitas mereka. 

Pasalnya, apabila tingkat turnover konsumen tinggi,  maka akan  berdampak negatif pada bisnis kamu , seperti penurunan pendapatan atau gangguan dalam aliran kas. 

CRM bisa membantu kamu untuk meningkatkan retensi ini. CRM dilengkapi dengan basis data pelanggan yang dapat digunakan untuk   menganalisis sentimen dan perilaku konsumen. 

Dengan begitu, kamu bisa merencanakan solusi apa yang tepat untuk setiap customer jika mereka menghadapi masalah, atau pengalaman seperti apa yang sesuai untuk masing-masing industri. 

Merespons masalah dengan cepat dan pengalaman yang baik ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga memperbesar  peluang mereka untuk terus berbisnis dengan kamu.

Baca juga: Pentingnya Customer Experience dalam Proses Pembayaran Bisnis

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai customer relationship management, manfaat serta keuntungan  yang bisa  kamu rasakan ketika menggunakan tools untuk prosesnya.

Menjaga kepercayaan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah membayar supplier atau mitra tepat waktu. Untuk itu, kamu bisa menjamin kelancaran pembayaran dengan menggunakan fitur-fitur invoicing dan payment dari Paper.id, lho.

Dengan membuat invoice digital dan menggunakan pembayaran secara digital pula, cash flow bisnis akan lancar, dan relasimu dengan mitra bisnis akan terjaga dengan baik.

Yuk, download Paper.id dengan klik tombol di bawah ini sekarang juga!

Nadiyah Rahmalia