Sebagai pelaku bisnis, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan nota penjualan. Bagaimana tidak, nota penjualan sangat penting dalam sebuah transaksi bisnis, lantaran kertas kecil ini menjadi salah satu bukti sahnya sebuah transaksi.

Nota penjualan berisi mengenai jumlah dan total harga yang dibeli, keterangan tambahan, dan hal lainnya yang berkaitan. Biasanya, nota ini juga dibuat rangkap dua, pertama akan dipegang oleh pembeli dan satunya lagi untuk pihak penjual yang digunakan demi kebutuhan pembukuan.

Lantas, seberapa penting sih nota penjualan ini dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya di sini.

Baca juga: Apa Perbedaan Nota dan Kwitansi? Simak Selengkapnya

Pentingnya Nota Penjualan

Contoh Nota Kontan
Contoh Nota Kontan (Photo by BukuMitra)

Umumnya, nota penjualan adalah bukti sah atas pembelian secara tunai yang dibuat oleh penjual untuk pembeli. Tidak hanya untuk pembeli, nota juga berperan penting bagi pebisnis. Pasalnya, nota ini menjadi bukti bahwa bisnis yang dijalani telah mendapatkan suatu kegiatan transaksi.

Selain itu, nota penjualan sangat penting karena berfungsi sebagai dokumen yang digunakan untuk pembukuan keuangan. Dengan kata lain, bukti akan dikumpulkan sebagai dokumentasi terjadinya sejumlah transaksi.

Selanjutnya, bukti tersebut bisa digunakan untuk pengecekan dan membantu jika adanya kesalahan dalam pembuatan laporan. Oleh karena itu, penjual harus menyimpan nota sebaik mungkin untuk keperluan pembukuan keuangan perusahaan.

Bagaimana Manfaatnya?

Berikut beberapa manfaat nota penjualan menurut Lampost, diantaranya:

  1. Mengetahui riwayat stok barang secara jelas. Berapa banyak barang yang dipesan atau dikirimkan kepada pembeli.
  2. Sebagai pengingat mengenai jumlah produk apa saja dan berapa nominal yang harus dibayarkan oleh pembeli.
  3. Bagi penjual nota penjualan disimpan sebagai bukti transaksi jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Bagi pembeli, nota penjualan sebagai bukti transaksi yang disimpan dan tidak dapat dipalsukan.

Baca juga: Nota Pembayaran dan Perannya Bagi Perusahaan

Aplikasi Nota Penjualan

Terdapat beberapa contoh aplikasi nota penjualan yang bisa kamu pakai untuk kebutuhan transaksi bisnis kamu, salah satunya Paper.id. Ya, Paper.id merupakan software nota online yang dapat melakukan pencetakan faktur atau pembuatan invoice online. Selain itu, di Paper.id juga kamu bisa melakukan pencatatan laporan keuangan sehingga dapat membantu dalam hal pengelolaan bisnis.

Berbagai fitur menarik dapat kamu nikmati di Paper.id, seperti mengirim invoice dalam waktu yang singkat, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam metode pembayaran, memiliki fitur invoice reminder, dan secara otomatis mengirimkan billing tagihan secara berulang melalui e-mail.

Cara Membuat Nota Penjualan

Terdapat 2 cara membuat untuk membuat nota penjualan. Pertama, kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara konvensional, kamu hanya membutuhkan kertas nota dan tinggal mengisinya sesuai bagian-bagian yang sudah tersedia. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya tapa kertas nota, kamu tinggal membuatnya menggunakan kertas kosong.Kedua, kamu bisa membuatnya melalui Paper.id. Kamu bisa membuat nota dengan praktis karena semuanya sudah terotomatisasi dan  bisa dibuat kapanpun dan dimanapun kamu mau. Yuk, nikmati kemudahan membuat nota penjualan dengan klik di bawah ini.

Muhamad Dika Wahyudi