Nota pembayaran memiliki peran penting dalam transaksi jual beli. Nota berfungsi sebagai bukti valid akan terjadinya sebuah transaksi yang dilakukan oleh 2 perusahaan. Karena itu, setiap perusahaan diwajibkan untuk menyimpan bukti tersebut.

Meski hanya sebuah kertas, nota pembayaran memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, khususnya laporan keuangan. Pembuatan laporan keuangan membutuhkan nota dan bukti transaksi lainnya.

Selain itu, nota juga memiliki peran pentingnya dalam perusahaan. Simak penjelasan lengkap soal peran penting nota bagi sebuah perusahaan lewat penjelasan dibawah ini.

Baca juga: Transaksi jual beli dalam perusahaan B2B dan contohnya

Definisi dan fungsi nota pembayaran

Nota pembayaran merupakan bukti dari transaksi pembayaran yang terjalin antara dua orang. Biasanya, hal ini terjalin antara orang atau perusahaan yang membuat transaksi. Sebagai contoh, A membayar seratus ribu Rupiah kepada B dalam transaksi jual beli batu-bata. Setelah itu, B akan memberikan kwitansi kepada A sebagai bukti bahwa A telah membayar 100.000 rupiah.

Selain sebagai bukti transaksi, nota juga berfungsi sebagai faktor pendukung dalam pembuatan laporan keuangan. Nota akan menjadi bukti penguat untuk membuktikan terjadinya sebuah transaksi dalam perusahaan. Jika tidak ada, transaksi tidak akan dianggap valid. Karena itu, bukti transaksi harus disimpan karena memiliki banyak fungsi dalam perusahaan.

Ciri-ciri dan cara membuat nota pembayaran

Nota pembayaran memiliki 2 ciri. Pertama, nota terdiri dari 2 lembar dimana, masing-masing lembar akan diberikan kepada orang yang membayar dan pihak yang membuat nota dan digunakan sebagai bukti pembayaran.

Yang kedua, nota memiliki ciri-ciri akan informasi lengkap yang ditampilkan dan berisi nama pembayar dan orang yang menerima uang tersebut. Selain itu, ada informasi mengenai jumlah uang yang dibayarkan dalam transaksi tersebut.

Nota mudah untuk dibuat karena, hanya berisi beberapa hal yang penting. Pertama, nota berisi identitas akan pembayar dan penerima uang tersebut. Kedua, ada jumlah uang yang harus dibayar, penjelasan pembayaran dan tanda tangan serta nama terang dari si pemberi nota. Kamu bisa melihat contohnya dibawah ini.

Nota pembayaran

Lewat contoh diatas, kamu bisa tahu akan bagian apa saja yang harus ada dalam nota. Hal ini tentunya cukup penting mengingat, nota berfungsi sebagai bukti pembayaran yang akan memperkuat status dari sebuah transaksi.

Baca juga: Pentingnya surat jalan dalam alur transaksi perusahaan  B2B

Peran nota pembayaran bagi perusahaan

Setelah mengetahui fungsi, definisi dan ciri dari nota pembayaran, kita beralih kepada peran nota terhadap perusahaan. Nota tidak hanya berperan sebagai bukti pembayaran saja karena, nota juga bisa mempengaruhi proses pembuatan laporan keuangan.

Seperti yang kita ketahui, nota termasuk sebagai salah satu bukti transaksi yang dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan. Jika tidak ada, proses pembuatannya akan berjalan tidak lancar sehingga, perusahaan diwajibkan untuk menyimpannya.

Nota berisi detail informasi mengenai sebuah transaksi yang terdiri dari data pemberi dan penerima uang. Selain itu, nota juga menjadi pelengkap laporan keuangan. Dengan laporan keuangan yang lengkap, pihak perusahaan dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan mereka secara terperinci.

Ada beberapa masalah yang biasanya terjadi untuk nota pembayaran. Masalah yang kerap terjadi adalah, nota pembayaran yang hilang. Hal ini disebabkan oleh kelalaian orang dalam menyimpan bukti pembayaran.

Walhasil, proses pengerjaan laporan keuangan bisa berjalan lambat karena, mereka harus mencari bukti tersebut. Karena itu, software nota disukai oleh banyak orang karena praktis dan datanya bisa disimpan dalam cloud.

Kemudahan itu dapat kamu rasakan lewat Paper.id, sebuah software Invoice yang memiliki banyak fitur yang terintegrasi secara otomatis. Paper.id memiliki beragam fitur akuntansi seperti kwitansi, nota, faktur, invoice, dan juga lainnya.

Kehadiran Paper.id membantu kinerja perusahaan agar lebih efektif. Selain itu, biaya operasional perusahaan akan lebih hemat karena, semua hal yang dibutuhkan untuk operasional keuangan sudah ada dalam satu software, Paper.id!

Rasakan kemudahan dalam mengelola keuangan bisnismu hanya dalam genggaman! Ingin tahu soal Paper.id? Kamu bisa menghubungi +62 821 1767 9137 atau support@paper.id

Daniel Nugraha