Di era bisnis online yang terus berkembang, kamu tentu sudah menentukan rencana pemasaran yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Mungkin dengan cara berjualan sendiri ataupun menghubungkan toko dengan mitra lain. Bagaimana jika kamu juga memanfaatkan program MCN Shopee? Simak penjelasannya di artikel ini!

Apa Itu MCN Shopee?

Multi-Channel Network atau MCN Shopee adalah mitra pihak ketiga yang bekerjasama dengan Shopee untuk menyediakan layanan kepada Penjual berbentuk promosi toko dan produk melalui kreator dan influencer. Dengan Multi-Channel Network (MCN), toko dan produk yang kamu tawarkan akan dipromosikan oleh kreator dan influencer melalui fitur Shopee Live, Shopee Video, dan Affiliate Marketing Solutions.

Shopee Multi-Channel Network Partner atau Shopee MCN Partner merupakan program penghargaan bagi para Multi-Channel Network dengan performa yang baik di Shopee. MCN yang telah tersertifikasi resmi dari Shopee akan mendapatkan Badge Shopee MCN Partner yang menunjukkan bahwa MCN tersebut memiliki performa yang baik di Shopee.

Bukan hanya bagi penjual, creator juga berkesempatan untuk menghasilkan penghasilan tambahan dari Shopee melalui program MCN (Multi Channel Network). Dan salah satu Shopee Official MCN Partner yang terdaftar adalah MEA Digital Agency yang menaungi banyak creator untuk tetap kreatif dan mendapatkan komisi dengan lebih mudah. 

Baca juga: Ketahui Model dan Jenis Penjualan Melalui E-Commerce

Apa Keuntungan Bergabung MCN Shopee Bagi Creator?

Tertarik untuk menjadi kreator dalam program MCN Shopee MEA? Selain komisi, konten kreator juga berkesempatan mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya dari program ini. Berikut 5 keuntungan dari bergabung dengan program MCN Shopee MEA:

  1. Mendapatkan komisi ekstra dari seller dan Shopee
  2. Tersedia fitur free sample khusus member MCN
  3. Training eksklusif berisi materi dari Shopee
  4. Dibantu appeal oleh AM jika terkena pelanggaran
  5. Boost traffic saat live streaming.

Tentunya keuntungan-keuntungan ini hanya akan didapatkan jika kamu terdaftar dalam program MCN Shopee MEA. Menariknya lagi, komisi yang akan didapatkan setelah aktif mengikuti panduan dari program Shopee MCN MEA bisa mencapai 10%!

Detail Komisi MCN Shopee MEA

Perlu diketahui, ada ketentuan mengenai detail komisi dan keuntungan yang akan didapatkan oleh creator dari program MCN Shopee MEA. Sehingga kamu bukan mendapatkan komisi secara cuma-cuma. Melainkan ada pembagian nilai persentase komisi berdasarkan fitur yang digunakan, tempat melakukan promosi sampai jenis produk yang dipromosikan

Berikut uraian ketentuan komisi Shopee MCN MEA:

  1. Creator Live akan mendapatkan komisi live Shopee sebesar 10% untuk berbagai niche kecuali Mom & Baby, Hewan, dan Makanan. 
  2. Nilai komisi live Shopee bagi creator MCN maksimal Rp10,000,- per pesanan. 
  3. Komisi ekstra toko dan komisi khusus memiliki nilai yang variatif dan tergantung pada kebijakan seller.

Tapi perlu dicatat, tidak semua pengguna mendapat kesempatan untuk mendaftarkan diri dalam program Shopee MCN MEA. Pastikan akun kamu memiliki followers minimal 1000 pada TikTok dan Instagram dan kamu memiliki akun Affiliate Shopee khusus creator. Jika tidak, kemungkinan besar pendaftaran kamu akan ditolak.

Baca juga: 5 Perusahaan eCommerce di Indonesia 2023

Cara Daftar MCN Shopee MEA

Jika kamu sudah memenuhi persyaratan dan siap menjadi kreator pada MCN Shopee MEA, saatnya kamu mendaftarkan diri dan dapatkan penghasilan tambahan dengan menyenangkan. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendaftar Shopee MCN MEA:

  1. Buka link formulir pendaftaran yang diberikan di sini.
  2. Isi data diri dan dokumen yang diminta. 
  3. Jika sudah diisi secara lengkap, form akan diajukan kepada team Shopee pusat.
  4. Kemudian pihak Shopee meninjau persyaratan yang kamu penuhi. 
  5. Jika terpilih, kamu akan mendapatkan whitelist live dan whitelist komisi Xtra.
  6. Setelah itu, kamu juga akan diundang untuk masuk grup MCN Shopee.
  7. Selesai! kamu sudah dapat mengerjakan tugas dari MCN Shopee MEA dan berkesempatan mendapatkan komisi dan keuntungan-keuntungan lainnya. 

Nah, begitulah informasi mengenai program MCN Shopee terutama Shopee Official MCN Partner MEA Digital Agency yang begitu menguntungkan. Tentunya dengan skema yang mudah dan menarik, kamu bukan hanya berkesempatan untuk menjadi content creator yang lebih kreatif, tapi juga lebih cuan dengan efektif. Segera daftarkan diri sekarang juga!

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Tim MCN Shopee MEA Digital Marketing

Muhamad Dika Wahyudi