“Apa, sih, perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia?”

Pertanyaan ini mungkin pernah terbesit di pikiranmu. Tentunya, ini menarik untuk ditilik jawabannya. Terlebih lagi, minat berbelanja online masyarakat Indonesia meningkat setiap tahunnya. Sebagai pebisnis, memasarkan produk di eCommerce yang ramai bisa jadi strategi terbaik untuk meningkatkan penjualan.

Dilansir dari Detik.com, sejak tahun 2021 eCommerce diprediksi akan menjadi tren yang terus berlangsung di masa pandemi dan akan pula bertahan di kondisi normal baru.

Bagi yang belum awam, eCommerce sendiri adalah singkatan dari Electronic Commerce. Ini adalah platform digital yang menyediakan jasa transaksi jual beli produk dan juga jasa yang tentunya dilakukan di internet.

Diketahui, eCommerce adalah salah satu media pemasaran yang bisa juga kamu manfaatkan untuk memulai bisnis secara online. Hal tersebut dikarenakan eCommerce tidak hanya hadir untuk memenuhi kebutuhan perusahaan besar, namun juga individu serta UMKM.

Baca juga: 3 Metode Pembayaran Online yang Sering Digunakan eCommerce

Sebagai contoh kamu ingin menjual telepon genggam milikmu karena sudah membeli yang baru, kamu bisa membuat toko di Tokopedia dan memasarkannya. Selain bisa menjangkau calon pembeli dengan lebih luas, kegiatan ini pun minim penipuan.

Hal tersebut dikarenakan berbelanja online di eCommerce memakai sistem rekber atau rekening bersama. Pembeli akan membayarkan belanjaan mereka ke eCommerce, dan eCommerce akan meneruskan uang tersebut ke penjual jika barang sudah sampai dengan selamat di tangan pembeli.

Sebelum mengetahui perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai perkembangan eCommerce Indonesia dari tahun ke tahun.

Perkembangan eCommerce di Indonesia

Perkembangan eCommerce di Indonesia tak lepas dari Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Acara ini muncul pada 2012 yang juga menjadi tahun lahirnya Traveloka dan idEA.

Di tahun yang sama Lazada Group pun hadir di Indonesia dan kemudia diikuti oleh Zalora yang datang pada tahun 2014.

Tahun 2014 pun menjadi tahun dari Tokopedia. Di tahun itu, Tokopedia mendapatkan investasi sebesar US$100 juta. Telkom pun meluncurkan blanja.com dan kemudian Tokobagus bergabung dengan Berniaga dan menjadi OLX Indonesia.

Di tahun 2015, Shopee hadir di Indonesia. Pada tahun tersebut, Shopee pun mulai gencar melakukan promosi dan berhasil menguasai pasar dalam waktu singkat.

Kemudian pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 pun meluncurkan Peta jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map eCommerce) tahun 2017-2019.

Persaingan eCommerce Indonesia pun semakin ramai hingga pada tahun 2019 Bukalapak melakukan PHK massal karyawan. Diikuti blanja.com yang memutuskan untuk gulung tikar di tahun 2020.

Tercatat, tahun 2020 adalah tahun transformatif untuk pelaku eCommerce. Hal tersebut dikarenakan pandemi yang hadir dan masyarakat mulai beralih kebiasaan menjadi lebih sering berinteraksi online.

Baca juga: 10 Jenis Pembayaran Digital Hingga Manfaatnya Buat Bisnis

Perusahaan eCommerce Terbesar di Indonesia

Di Indonesia, pertumbuhan eCommerce memang termasuk yang paling pesat. bahkan di Indonesia sendiri terdapat setidaknya 2,36 juta penduduk yang menggunakan eCommerce untuk memenuhi kebutuhan belanja.

Lalu apa saja perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia? ini dia!

1. Shopee Indonesia

Shopee adalah salah satu jawara eCommerce di Indonesia. Selain di Indonesia, Shopee pun hadir di berbagai negara Asia seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan juga Thailand.

Shopee sendiri setidaknya memiliki 237.000.000 kunjungan per bulan.

2. Tokopedia

Tokopedia hadir di peringkat dua perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia. Jumlah pengunjungnya pun mencapai setidaknya 88.900.000 per bulannya.

Menjadi produk anak bangsa, Tokopedia memungkinkan individu dan juga bisnis untuk berjualan dan mengelola toko online dengan mudah. Tokopedia sendiri sudah menerima dana lebih dari US$100 juta dari Softbank Jepang dan Sequoia Capital.

3. Lazada Indonesia

Hadir sebagai perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia nomor 3, Lazada tercatat setidaknya 47.690.000 pengunjung setiap bulannya.

Didirikan pada 2011 oleh Rocket Internet, Lazada diakuisisi oleh Alibaba dan mulai menjalankan operasinya di Asia Tenggara pada tahun 2016.

4. Blibli

Blibli hadir di nomor 4 sebagai perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia. Tak hanya menghadirkan produk seperti gadget, pakaian, kesehatan, peralatan kecantikan dan juga otomotif, Blibli pun menawarkan promosi khusus, tiket, dan juga voucher.

Di tahun 2023 ini, diketahui Blibli setidaknya memiliki 28.890.000 kunjungan per bulannya.

5. Bukalapak

Perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia ke 5 adalah Bukalapak. Bukalapak pun bisa memberikan jaminan finansial ekstra pada pelanggannya.

Selain itu, Bukalapak pun menyediakan platform bagi brand dan individu agar bisa berjualan online.

Diketahui, Bukalapak memiliki 11.200.000 kunjungan setiap bulannya.

Nah, itu dia 5 perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia. Selain itu, ada berbagai macam eCommerce yang hadir di Indonesia seperti KlikIndomaret, Zalora, Sociolla, Bhinneka, Matahari, Berrybenka, Ralali, dan lain sebagainya.
Selain eCommerce, kamu juga perlu mengetahui hadirnya eCommerce Enabler, yang salah satunya adalah STORE2GO.

Fungsi eCommerce Enabler adalah untuk membantu meningkatkan penjualan di marketplace melalui fulfillment order, ads, product optimization, dan admin customer service. Gunakan jasa eCommerce Enabler STORE2GO untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan STORE2GO

Daniel Nugraha