Loyalty program atau program loyalitas seharusnya tidak menjadi hal baru lagi bagi para pebisnis saat ini. Sebab, manfaat loyalty program dapat memberikan dampak yang signifikan untuk pengembangan bisnis. 

Loyalty program adalah bentuk strategi pemasaran untuk membuat pelanggan tetap setia dan melakukan transaksi di suatu perusahaan atau bisnis. Ini merupakan cara untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada. 

Program loyalitas sudah semakin populer, bahkan menurut survei yang dilakukan oleh Lending Tree pada Juni 2022, sekitar 80% konsumen Amerika adalah anggota dari setidaknya satu program loyalitas. 

Kira-kira apa sajakah manfaat loyalty program yang bisa diraih oleh bisnis kamu?

Baca Juga: Strategi Promosi yang Tepat Selama PSBB Tahap 2

5 Manfaat Loyalty Program bagi Bisnis

Berapa faktor ini dapat berkontribusi pada pengembangan bisnis kamu ketika menjalankan program loyalitas. 

1. Mengurangi biaya

Memasarkan bisnis kamu ke pelanggan baru dan meminta staf penjualan menjangkau mereka dapat menghabiskan banyak waktu dan uang. Terutama ketika kamu menjangkau pelanggan baru yang mungkin saja mereka lebih memilih kompetitor kamu. 

Sementara jika kamu berfokus pada penciptaan program loyalitas yang berkualitas, Kamu dapat mengurangi biaya yang terkait dengan pencarian pelanggan baru. 

2. Meningkatkan reputasi merek

Membuat program loyalitas pelanggan yang memberikan penawaran dan reward menarik kepada pelanggan dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis. Kamu dapat menargetkan orang-orang yang bertransaksi di perusahaan kamu.

Ketika pelanggan merasa dihargai oleh perusahaan kamu, mereka mungkin juga akan lebih menyukai bisnis kamu. Menciptakan hubungan positif ini dapat membuat mereka merasa senang saat menggunakan bisnis kamu. 

3. Membangun metrik

Membuat program loyalitas memudahkan untuk melacak pembelian dan kebiasaan belanja pelanggan kamu. Informasi ini dapat membantu kamu menghasilkan ide pemasaran dan promosi yang lebih baik. 

Informasi yang kamu kumpulkan juga dapat membantumu mempelajari lebih lanjut tentang target audiens-mu. Misalnya, meminta pelanggan mengisi alamat dan tanggal lahir mereka yang dapat membantu kamu mengetahui lokasi dan usia mana yang akan ditargetkan.

4. Lebih unggul dari kompetitor

Loyalty program memungkin membuat pelanggan merasa dapat menghemat uang saat bertransaksi pada perusahaan kamu, daripada kompetitor. 

Misalnya, ketika kamu menawarkan hadiah menarik dan menguntungkan bagi pelanggan setelah mereka melakukan minimal 3 transaksi di perusahaan kamu.

Dengan memiliki sistem penghargaan yang lebih baik daripada kompetitor, kamu dapat menargetkan pelanggan yang lebih suka mendapatkan reward atau hadiah setelah bertransaksi. 

5. Meningkatkan keuntungan

Tentu saja, salah satu alasan utama membuat program loyalitas adalah untuk menjaga jumlah pendapatan tetap masuk ke bisnismu. Dengan secara konsisten memberikan hadiah, kupon, dan penawaran khusus kepada pelanggan setia, mereka mungkin merasa lebih tertarik untuk berbelanja atau bertransaksi di perusahaanmu. 

Meskipun orang-orang menghemat uang untuk produk dan layananmu, diskon mungkin memengaruhi mereka untuk membeli lebih banyak daripada yang seharusnya mereka beli. Cukup dengan mengajak orang mengunjungi toko atau situs web dapat meningkatkan peluangmu melakukan penjualan.

Baca Juga: Mengupas Tuntas Strategi Pemasaran “Lifestyle Marketing” yang Dipakai Lululemon

3 Contoh Loyalty Program

Terdapat berbagai jenis program loyalitas yang dapat dijalankan bisnis. Berikut ini 3 contoh programnya. Pilihlah sesuai industri bisnis, sasaran perusahaan, dan target pasar. 

1. Program poin

Caranya dengan memberikan poin setelah pelanggan menggunakan produk/jasa bisnis kamu ataupun melakukan transaksi pada perusahaanmu. Nantinya poin yang telah dikumpulkan pelanggan dapat ditukarkan dengan diskon, voucher menarik, produk gratis, atau hadiah lainnya. 

2. Kartu keanggotan dan level keanggotaan

Pelanggan setiamu dapat menerima kartu keanggotaan yang memberikan akses ke manfaat tertentu. Kartu ini dapat diberikan secara fisik maupun digital. 

Dalam kartu keanggotaan tersebut pun memiliki level keanggotaan. Dari level itu pelanggan bisa mendapatkan manfaat yang semakin besar seiring dengan level keanggotaan mereka. 

Level keanggotaan dapat disesuaikan dengan frekuensi transaksi. 

3. Aplikasi program loyalitas

Menerapkan aplikasi loyalty program memungkinkan pelanggan mengumpulkan poin, cek penawaran khusus, hingga melakukan interaksi lebih dekat dan mudah dengan pihak bisnismu. 

Perlu diingat, setiap program loyalitas harus dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik dan preferensi bisnismu. 

Manfaat loyalty program dapat dirasakan oleh bisnismu ketika diimplementasi secara tepat dan efektif. 

*Artikel ini adalah hasil kerja sama Populix & Paper.id

Daniel Nugraha