Sebagai pebisnis, kamu pasti selalu ingin memiliki hubungan yang baik dengan para customer, bukan? Terlebih, sebuah studi oleh Bain & Company pada tahun 2006 menunjukkan bahwa perusahaan yang fokus pada kepuasan customer bisa meningkatkan pendapatan hingga 25%, lho.

Salah satu bukti nyata perusahaan yang sudah mencuri perhatian dunia dengan pendekatan strategi pemasaran yang unik dan efektif adalah Lululemon, sebuah merek terkenal dalam industri pakaian olahraga dan gaya hidup di AS.

Strategi unik yang digunakan oleh Lululemon dinamakan “lifestyle marketing”. Jadi, lifestyle marketing ini diterapkan dengan cara menciptakan gaya hidup yang cocok untuk target customer kamu. Bukan hanya menjual produk saja, tetapi justru menanamkan pola pikir kepada customer, bahwa mereka perlu menjalankan gaya hidup yang sesuai dengan brand tersebut hingga mengubah perilaku mereka dalam membeli produk Lululemon.

Nah, makin penasaran dengan strategi pemasaran lifestyle marketing ini? Dan bagaimana Lululemon bisa memanfaatkan strategi pemasaran tersebut dengan baik? Simak penjelasannya sampai bawah!

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatur Bisnis Ala “Two Pizza” dari Jeff Bezos

Apa itu Lifestyle Marketing?

Menurut Savy Agency dari Marketeers 2023, lifestyle marketing merupakan strategi pemasaran yang memposisikan produk atau layanan yang ditawarkan sebagai bentuk ideal, aspirasi, dan estetika dari target audiens.

Lifestyle marketing mungkin bisa menjadi strategi pemasaran terbaik untuk perusahaanmu karena sejumlah alasan. Pertama, marketing yang kamu lakukan akan jauh lebih efektif karena dengan memahami keinginan, kebutuhan, dan interest dari customer, maka kamu bisa menargetkan customer sesuai dengan value produk yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, hal ini akan membangun hubungan yang lebih bermakna, kuat, dan langgeng antara perusahaan dengan customer. Yang artinya, ini juga akan memberikan dampak hubungan yang jauh lebih harmonis dan personal di hati para customer.

Pada akhirnya akan memudahkanmu dalam mengelola hubungan baik tersebut dan akan tercipta customer yang loyal yang tidak akan pernah berpaling ke brand atau kompetitor di industri yang sama. Menarik sekali, bukan?

Baca juga: TikTok vs. Instagram: Mana yang Lebih Baik untuk Brand Awareness?

Invoice Penjualan

Berkembang Pesat dengan Lifestyle Marketing

Kunci kesuksesan Lululemon terletak dari keberhasilannya dalam menyatukan keunggulan niche produk dan behavior customer. Brand ini mengajak para customer-nya untuk menjalankan gaya hidup sehat bersama mereka. 

Terbukti, strategi ini efektif untuk brand Lululemon. Menurut laporan dari Coinunited pada 2023, pendapatan Lululemon semakin signifikan, terhitung hampir 52% dari total pendapatan, dengan peningkatan 37% dari tahun ke tahun dan menunjukkan potensi besar sebagai peluang investasi.

Tren ini memungkinkan Lululemon mencapai target 2023 untuk menggandakan penjualan e-niaga tiga tahun lebih cepat dari jadwal, sementara toko fisik masih menunjukkan peningkatan 15% dari tahun ke tahun.

Mempelajari Strategi Marketing dari Lululemon

Untuk mengembangkan lifestyle marketing hingga sukses seperti Lululemon, maka kamu bisa mencoba melakukan trik-trik berikut ini:

1. Dipromosikan sesuai tren di media sosial

Sebut saja seperti Instagram atau TikTok, kini kedua media sosial tersebut menjadi kunci penting bagi kamu yang menjual lifestyle. Sebab, hampir semua orang kini menggunakan kedua media sosial tersebut, jadi kamu bisa buat konten video reels atau Tiktok, beritahu audiens tentang ideologi brand kamu, kenapa itu bernilai dan apa manfaatnya bagi mereka.

Selain itu, kamu bisa buat program loyalty dengan memberikan reward kepada customer pada saat mereka membeli produk kamu. Jadi, kamu juga seperti membuka pintu bagi mereka untuk merasakan eksklusivitas, akses ke produk terbaru, dan bahkan acara khusus.

Sebagai contoh Lululemon, untuk meningkatkan reach di media sosial, mereka meminta customer untuk membagikan foto mereka saat mengenakan produknya dengan hastag #theweatlife. 

Dengan begitu, Lululemon bisa memanfaatkan konten yang dibuat oleh customer sebagai bentuk promosi organik. Selain itu, penggunaan hashtag #theweatlife memungkinkan Lululemon lebih mudah dalam melacak dan mengukur seberapa banyak konten yang dibuat oleh pengguna terkait campaign tersebut.

2. Menampilkan event yang tidak biasa atau unik

Event di sini bukan harus berarti diskon, promo, kegiatan konser dan semacamnya. Lululemon menjadikan ideologi brand mereka sebagai suatu fenomena yang diterima oleh customer secara luas.

Bahkan, Lululemon memiliki studio fitness sendiri lho yang tersebar di mana-mana, lengkap dengan bar yang menyajikan makanan dan minuman bernutrisi. Inilah ‘event’ mereka yang selalu bisa menarik customer untuk kembali.

3. Mengoptimalkan kekuatan brand community

Lakukan branding untuk menciptakan brand community yang kuat. Sebab, komunitas menjadi unsur penting yang membuat brand kamu sukses. Mengutip Oath Creative, branding sangat berpengaruh terhadap bagaimana orang melihat suatu produk dan merasa terkoneksi dengan brand tersebut.

Melalui brand community ini, kamu bisa memiliki customer setia yang sangat menyukai brand kamu, sampai-sampai mereka senang berbagi tentang brand dan produkmu, di mana mereka akhirnya menjadi brand advocate yang merupakan bagian dari marketing kamu.

Baca juga: Mari Memahami 7P Marketing, Strategi Fundamental Pemasaran untuk Bisnis

Nah, sekian penjelasan mengenai strategi pemasaran lifestyle marketing yang dipakai Lululemon. Pada intinya, dengan memahami bahwa kepuasan customer adalah kunci kesuksesan jangka panjang, Lululemon berhasil membangun fondasi yang kuat untuk meningkatkan loyalitas customer mereka. 

Kombinasi tiga poin penting strategi di atas mampu merasuk ke dalam benak orang-orang yang punya perhatian terhadap gaya hidup sehat sehingga selalu memilih Lululemon untuk kehidupan sehari-harinya.

Tidak hanya itu, Lululemon juga bisa menjaga posisinya dalam persaingan yang ketat di industri pakaian olahraga dan gaya hidup. Inilah alasan mengapa Lululemon tetap relevan dan menjadi rujukan bagi banyak customer untuk membeli dan memakai produk mereka. Bagaimana, apakah menurutmu bisnismu cocok untuk strategi marketing yang satu ini?

Selain strategi pemasaran, salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah kecepatan dan efektivitas. Paper.id sebagai platform pembayaran bisnis menawarkan pembuatan invoice dan pembayaran bisnis jadi lebih praktis.

Kamu bisa tagih dan terima pembayaran kepada customer lewat berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer bank, kartu kredit, E-Wallet, QRIS, Virtual Account, hingga marketplace tanpa harus menyediakan satu per satu dan memberikan kebebasan customer membayar sesuai preferensinya sendiri.

Yuk, ketahui segala fitur dan manfaat Paper.id ini bagi bisnis kamu secara keseluruhan dengan cara daftarkan bisnismu dengan klik tombol di bawah ini. GRATIS!

Muhamad Dika Wahyudi