Di era media sosial yang penuh gebrakan ini, seperti dua bintang populer yang bersaing untuk mendapatkan perhatian penggemar setia, TikTok dan Instagram kini menjadi dua aplikasi raksasa yang bersaing sengit dalam dunia digital marketing.

TikTok dan Instagram menjadi dua diantara aplikasi yang kini bisa dijadikan sebagai senjata ampuh bagi para pebisnis yang ingin meningkatkan brand awareness mereka. Namun, pertanyaannya adalah, mana yang lebih baik?

Terlebih, brand awareness adalah salah satu aspek paling penting dalam strategi pemasaran, lho. Membangun kesadaran merek yang kuat bisa membantu bisnismu memenangkan persaingan di pasar yang semakin sengit.

Untuk itu, berikut perbandingan antara dua aplikasi media sosial yang populer, Tiktok dan Instagram dan mencari tahu mana yang lebih baik untuk membangun brand awareness. Simak, yuk!

TikTok: Eksplorasi Kreativitas dalam 60 Detik Saja!

TikTok adalah aplikasi media sosial yang meraih popularitas pesat dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi yang diciptakan oleh Zhang Yiming ini dikenal dengan format video pendeknya, yang memiliki batasan waktu maksimal 60 detik atau hanya 1 menit saja.

Apalagi, TikTok menawarkan berbagai fitur kreatif, seperti efek khusus, filter, dan musik yang bisa digunakan dalam video. Nah, ini memungkinkan pengguna dengan cepat menciptakan konten yang menghibur, informatif, atau menginspirasi, dan membagikannya dengan audiens yang luas. 

Dengan berbagai fitur dan manfaat yang ada, TikTok bisa dijadikan pilihan untuk membangun brand awareness bisnis yang cerdas. Namun, untuk membangun kesadaran itu, tentunya ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan.

Beberapa diantaranya, kamu harus memahami selera dan minat audiens TikTok, membuat konten yang relevan, mengikuti tren yang sedang berlangsung, mulai dari tipe video yang disenangi, musik yang ramai digunakan, hingga berkolaborasi dengan kreator Tiktok bisa sangat berpengaruh, lho.

Namun, hal itu tidak akan “bekerja” jika tidak dilakukan dengan konsisten. Untuk itu, kamu perlu komitmen untuk konsistensi dan perlu mempertahankan kehadiran aktif serta terlibat dalam interaksi dengan audiens, ya.

Kelebihan TikTok untuk Brand Awareness

  • Konten yang Viral: TikTok menjadi salah satu platform lahirnya tren yang cepat menyebar. Video-videonya bisa dengan mudah menjadi viral tanpa perlu estetika yang berlebih, yang tentu akan memberikan eksposur yang signifikan bagi merek.
  • Engagement Tinggi: Pengguna TikTok sering berinteraksi dengan konten dengan cara yang lebih aktif, seperti memberikan like, komentar, dan berbagi. Ini artinya, merek bisa juga berinteraksi langsung dengan audiens.
  • Audiens yang Beragam: TikTok memiliki audiens yang sangat beragam, dari berbagai lapisan usia, budaya, dan latar belakang. Ini membuatnya menjadi platform yang menarik untuk mencapai berbagai jenis target audiens.

Baca juga: Tips Promosi Lewat Reels Instagram Biar 2X Lebih Efektif

Instagram: Visual, Kreatif, dan Langsung Terhubung!

Instagram adalah aplikasi media sosial yang terkenal dengan fokusnya pada gambar dan video yang menarik. Dengan berbagai fitur Feed, Stories, IGTV, dan Reels, aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini memberikan berbagai cara untuk berbagi konten visual dengan audiens.

Menariknya lagi, konten di Instagram bisa langsung terhubung ke Facebook, WhatsApp dan Threads. Di mana tiga aplikasi ini juga dimiliki oleh Meta Platforms (sebelumnya Facebook, Inc.), jadi kamu bisa dengan mudah membagikan konten yang sama di keempat platform tersebut untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Tidak hanya itu, konten di Instagram juga bisa langsung dihubungkan ke toko online atau situs web perusahaan kamu, lho. Ini berarti bahwa pengguna bisa dengan mudah mengakses produk atau layanan yang kamu tawarkan hanya dengan sekali klik/ketuk. Lebih praktis, kan?

Kelebihan Instagram untuk Brand Awareness

  • Visual yang Menarik: Instagram menjadi salah satu tempat yang sempurna untuk kamu yang ingin membagikan gambar dan video produk dengan tingkat estetika yang lebih “cantik”. Ini memungkinkan kamu bisa menunjukkan produk dalam konteks yang berbeda-beda.
  • Stories dan Reels: Fitur Stories dan Reels Instagram memungkinkan kamu untuk membuat konten singkat yang menghibur dan menginformasikan, mirip dengan TikTok. Kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan audiens secara real-time.
  • Komunitas yang Kuat: Instagram memiliki komunitas pengguna yang sangat besar dan setia, lho. Hal ini bisa jadi peluang untuk kamu membangun hubungan yang erat dengan customer dan pengikut kamu.

Apakah Tiktok atau Instagram yang Lebih Baik?

Tidak ada jawaban yang benar-benar satu ukuran cocok untuk semua dalam perbandingan antara TikTok vs. Instagram. Pilihan terbaik untuk brand awareness akan tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis produk atau layanan yang kamu tawarkan, target audience, dan strategi pemasaran kamu.

  • Pilih TikTok jika: kamu ingin menciptakan konten yang inovatif dan mudah menjadi viral tanpa perlu memupuk hal yang rapi & cantik, karena Tiktok bergerak dengan algoritma tren audio, topik & pencarian kata .Ini adalah aplikasi yang baik untuk merek yang ingin mencapai audiens yang lebih muda dan aktif secara sosial.
  • Pilih Instagram jika: kamu fokus pada konten visual dan ingin memanfaatkan kekuatan komunitas dan sosok inspirasi yang ada di aplikasi ini. Instagram juga cocok untuk merek yang ingin menampilkan produk mereka dalam berbagai cara yang kreatif.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatur Bisnis Ala “Two Pizza” dari Jeff Bezos

Sebenarnya, tidak ada yang mengatakan kamu harus memilih salah satu aplikasi saja. Sudah banyak lho pebisnis yang berhasil memanfaatkan keduanya dengan baik untuk mencapai audiens yang berbeda.

Maka dari itu, penting untuk kamu memahami audiens kamu sendiri, tujuan dari bisnismu, dan jenis konten yang ingin kamu buat sebelum membuat keputusan kedepannya. Jadi, apakah kamu sudah siap memulai perjalanan kamu menuju brand awareness yang lebih besar?

Ikuti terus Paper.id Blog untuk informasi atau berita seputar bisnis menarik lainnya. Jangan sampai terlewatkan juga kesempatan mengelola bisnis jadi lebih praktis dengan daftar di Paper.id. Klik tombol di bawah ini untuk mendaftarkan. GRATIS!

Muhamad Dika Wahyudi