Mengenal Berbagai Kode Transfer Bank dan Fungsinya

Dengan fasilitas internet sekarang semuanya bisa dilakukan, bahkan jika Anda sedang bersantai di rumah termasuk transfer antar bank dengan kode transfer bank. Tidak terkecuali transaksi perbankan. Di era yang serba canggih dan digital seperti sekarang ini, kegiatan transaksi sudah semakin mudah dan cepat.

Hal tersebut tentunya didorong dengan meningkatnya transaksi online, atau minat masyarakat akan belanja online yang membuat kegiatan transfer bank tak terhindarkan untuk melengkapi kegiatan transaksi tersebut. Jika rekening tujuan sama maka transaksi dapat segera dilakukan.

Baca juga: Mengenal 5 jenis hari belanja yang ada di dunia

Namun berbeda halnya jika ingin melakukan transaksi atau pengiriman uang ke bank berbeda, baik melalui atm, internet banking, atau sms banking maka diperlukan kode transfer bank tujuan agar transaksi dapat dilakukan, karena umumnya tidak semua baik pembeli atau penjual mempunyai rekening yang sama.

Mengenal Berbagai Kode Transfer Bank

Sederhananya, kode bank adalah kode numerik yang diberikan ke bank tertentu untuk mengidentifikasinya selama transaksi keuangan seperti transfer bank. Pada kode transfer bank, biasanya terdapat tiga digit angka yang menunjukan bank tujuan.

Tentunya setiap bank memiliki kode transfer yang berbeda-beda. Tujuannya yaitu agar bank mengetahui bahwa nasabahnya sedang melakukan transaksi transfer ke bank lain, atau dapat dikatakan sebagai komunikasi antar bank sehingga proses transfer bank akan lebih akurat.

Berikut ini merupakan beberapa kode transfer bank yang dapat dipakai untuk melakukan transaksi transfer bank.

Nama Bank Code
BNI 009
BRI 002
BANK MANDIRI 200
BCA 014
Bank CIMB Niaga 022
Bank CIMB Niaga Syariah 022
Bank Muamalat 147
Bank Permata 013
Bank Danamon 011
Bank BII Maybank 016
Bank Mega 426
Bank Sinarmas 153
Bank Commonwealth 950
Bank OCBC NISP 028
Bank Bukopin 441
Bank BTPN 213

Fungsi Kode Transfer Bank

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa salah satu fungsi dari kode bank yaitu sebagai kode numerik yang digunakan dalam transaksi atau kegiatan transfer pada bank berbeda. Tanpa kode bank maka transaksi pada bank yang berbeda tidak dapat dilakukan. Adapun yang menjadi fungsi lain dari penggunaan kode bank yang perlu Anda ketahui antara lain:

  • Digunakan Sebagai Identitas Setiap Bank
    Adanya penggunaan kode bank, menjadikan proses transaksi perbankan lebih mudah untuk dilakukan. Pada tiap bank di Indonesia, kode bank merupakan suatu identitas atau tanda pengenal masing-masing perusahaan perbankan. Hal itu ditujukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan transaksi pada bank
  • Membuat Proses Transaksi Menjadi Lebih Efektif
    Dengan Anda memastikan telah menginput kode bank dengan benar atau secara benar saat melakukan proses transfer, maka hal ini dapat mencegah Anda melakukan kesalahan transfer. Sehingga bank pengirim dan penerima dana akan lebih memahami yang menjadi tugasnya masing-masing, baik saat dana sedang dipindahkan, maupun saat dana sudah diterima dengan baik.

Cara Melakukan Transfer Bank

Anda dal]pat melakukan transfer baik melalui ATM terdekat, internet banking atau SMS banking. Langkah awal yaitu Anda dapat mengakses menu utama, dan memilih layanan transfer, masukan nominal atau jumlah uang yang akan Anda transfer, kemudian masukkan no rekening tujuan Anda.

Jika penerima memiliki rekening bank yang sama dengan Anda maka Anda tidak perlu memasukkan kode bank, dan transaksi dapat langsung dilakukan. Namun jika penerima memiliki rekening bank yang berbeda, Anda harus harus mengetahui kode bank yang dituju untuk Anda masukan.

Baca juga: 4 strategi agar harbolnas bisa cuan maksimal

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi, untuk mengkonfirmasi dan melanjutkan transaksi Anda. Jika transaksi Anda berhasil, maka Anda akan menerima bukti struk transaksi yang keluar dari mesin ATM atau mendapatkan notifikasi lewat email atau sms jika Anda menggunakan internet atau sms banking.

Transfer bank bisa dilakukan untuk berbagai keperluan, seperti bisnis. Banyak pelaku bisnis masih melakukan transfer uang secara manual. Cara ini seringkali merepotkan, karena Anda harus mengikuti bank mitra bisnis dan membayar Rp6.500. Lantas, bagaimana caranya agar lebih mudah?

Gunakan PaperPay Out, fitur pembayaran dari Paper.id untuk mempermudah transaksi Anda. Anda bebas memilih metode-metode yang ada mulai dari, kartu kredit, transfer antar bank, OVO, GoTagihan dan Tokopedia dan mitra bisnis tidak perlu menyediakannya! Gunakan PaperPay Out sekarang dengan daftar gratis sekarang!

(Visited 149 times, 1 visits today)