Selama beberapa tahun terakhir, tren belanja online di indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas atau kegiatan masyarakat sehari-hari seperti event hari belanja nasional. Hal tersebut tak luput dari semakin canggihnya teknologi dan berkat digitalisasi yang mendorong meningkatnya transaksi online.

Selain itu, salah satu manfaat paling jelas yang dirasakan dari belanja online yang tidak dapat diabaikan adalah kenyamanan. Kemudahan belanja online yang paling menyenangkan yang dinikmati oleh banyak pembeli dengan mudahnya mengakses toko online kapanpun mereka memiliki waktu luang.

Baca juga: 5 cara memanfaatkan harbolnas promo untuk mendapatkan untung 3 kali lipat

Tidak hanya di Indonesia tren belanja online juga merupakan trend yang telah menjamur dan menarik bagi konsumen di Asia Tenggara. Jika di Indonesia terdapat hari belanja nasional atau yang sering disebut dengan Harbolnas maka di berbagai negara di asia mereka juga memiliki ajang hari belanja online yang sama seperti Singles’ Day, Black Friday, Online Revolution, Cyber ​​​​Monday dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan Hari Belanja Online Terbesar yang Anda perlu ketahui:

Singles’ Day

Singles Day adalah hari libur warga Tionghoa yang berasal dari Universitas Nanjing yang menjadi perayaan bagi para lajang untuk mendapatkan pasangan pada tahun 1990. Awalnya disebut Hari Sarjana karena bagaimana empat mahasiswa laki-laki memutuskan pada hari ini untuk merayakan gagasan menjadi lajang.

Namun berjalannya waktu Singles’ Day telah mendapatkan popularitas di Negara China kini guna meningkatkan peluang belanja yang intens. Secara umum, acara-acara ini melihat kesadaran pelanggan yang tumbuh di wilayah tersebut dan diharapkan akan terus berlanjut karena berbagai strategi inovatif yang diterapkan pengecer dan peningkatan antusiasme yang sama terlihat di antara konsumen.

Online Revolution

Online revolution merupakan kampanye yang dilakukan bersama sama secara serentak dengan memberikan promosi secara besar-besaran yang dilakukan oleh berbagai e-commerce di Indonesia seperti Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, dan lain sebagainya.

Black Friday

Fenomena Black Friday adalah sesuatu yang telah menjadi peristiwa penting dalam hari belanja online. Black Friday berasal dari AS, namun saat ini telah menjadi acara di seluruh dunia yang menampilkan berbagai produk yang tersedia dengan penawaran diskon besar-besaran. Oleh karena itu tak heran jika perayaan atau fenomena Black Friday pada tahun 2016 berhasil meraih angka penjualan yang mencapai USD 3.34 miliar.

Cyber ​​Monday

Cyber ​​Monday adalah istilah e-commerce yang mengacu pada hari Senin setelah akhir pekan Thanksgiving di AS. Sama halnya dengan Black Friday, pada cyber monday para pengecer biasanya menawarkan promosi, diskon, dan penjualan khusus pada hari ini.

Hasilnya menunjukkan kepada beberapa orang bahwa Black Friday dan Cyber ​​Monday telah bergabung menjadi kombinasi pengalaman belanja online yang banyak ditunggu oleh para pembeli.

Adapun beberapa alasan yang membuat para konsumen menyukai Cyber ​​Monday karena Cyber ​​Monday memberi konsumen cara yang nyaman dan bebas repot untuk berbelanja. Dan dengan sebagian besar pengecer yang menawarkan pengiriman gratis sebagai insentif untuk berbelanja di Cyber ​​Monday, belanja online menjadi lebih menarik lagi. Hal tersebut dibuktikan oleh besarnya transaksi penjualan yang telah mencapai USD 3.34 miliar pada tahun 2016.

Baca juga: 4 strategi penting buat harbolnas agar cuan maksimal

Hari belanja online nasional (Harbolnas)

Memasuki bulan Desember pastinya tidak luput dari penantian hari belanja nasional atau yang sering disebut harbolnas. Berawal dari tanggal 12.12.12 yang menjadi sejarah munculnya atau dicetuskannya harbolnas atau hari belanja nasional di Indonesia, yang mengadakan promo besar-besaran dalam proses penjualan produk atau barang membuat konsumen tertarik dan menjadikan harbolnas sebagai hari yang dinanti-nanti dalam belanja online.

Tidak hanya itu Harbolnas juga menjadi pengikat para e-commerce untuk ikut bergabung dalam perayaan harbolnas guna meraih keuntungan sebesar besarnya. Hal tersebut membuat perayaan harbolnas mampu meraih tingkat penjualan pada tahun 2016 sebesar USD 235 juta.

Karena sebentar lagi Harbolnas, pastikan agar stok jualan Anda cukup ya, karena permintaan barang pasti akan lebih tinggi 2x lipat. Agar bisa belanja stok banyak tanpa pengeluaran jebol, belanja stok pakai kartu kredit via PaperPay Out aja! Bisa beli dulu & bayar tagihannya nanti sekaligus koleksi poin & miles dari bank, untungnya jadi 2 kali lipat! Yuk daftar ke Paper.id sekarang dan gunakan PaperPay Out sekarang untuk mempermudah transaksi bisnis Anda!