Harbolnas adalah momen yang paling ditunggu oleh semua orang terutama di saat pandemi seperti ini. Dengan peningkatan pesat jumlah transaksi e-commerce selama tahun ini, membuktikan bahwa industri e-commerce tidak terpengaruh oleh pandemi yang sedang menghantam berbagai aspek kehidupan masyarakat, khusus nya sektor bisnis.

Sebaliknya adanya pandemi COVID-19 yang membatasi gerak atau aktivitas masyarakat di luar rumah telah memperkuat pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Secara umum, pertumbuhan industri e-commerce Indonesia sangat didorong oleh beberapa faktor seperti, perkembangan infrastruktur digital, tingkat penetrasi digital yang tinggi, dan perubahan perilaku atau pola pikir masyarakat akan pandemi COVID-19.

Hari belanja online nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Harbolnas adalah salah satu acara yang paling ditunggu. Diperkenalkan pada tahun 2012, jumlah perusahaan e-commerce yang ambil bagian dalam acara tersebut terus meningkat.

Ledakan festival belanja online atau Harbolnas yang menawarkan promosi menarik guna memeriahkan perayaan, membuat banyak masyarakat antusias menyambut tibanya festival belanja online tersebut. Oleh karena itu bagi para pebisnis online Harbolnas merupakan situasi yang ditunggu guna meningkatkan penjualan mereka.

Jika Anda salah satu dari pelaku bisnis online, berikut merupakan tips atau cara yang dapat digunakan untuk membuat jumlah pesanan meningkat secara signifikan pada festival belanja online atau Harbolnas yang harus Anda ketahui.

Baca juga: Tips mendapatkan untung maksimum di Harbolnas 2021

Program cashback

Untuk menarik perhatian pembeli Anda dapat menawarkan program cashback untuk meningkatkan penjualan ada pada festival belanja online atau Harbolnas. Program cashback ini terbukti berhasil menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan secara signifikan kepada semua seller yang berpartisipasi.

Flash sale

Bisa dikatakan flash sale saat festival belanja online atau Harbolnas merupakan hal yang ditunggu oleh banyak pembeli karena menjadi daya tarik sendiri bagi pembeli dikarenakan terbatasnya stok barang yang ditawarkan dengan waktu yang terbatas. Bahkan banyak calon pembeli yang memantau sebelum flash sale tersebut dimulai. Oleh karena itu Anda dapat ikut serta dalam acara ini untuk memeriahkan sekaligus mendongkrak penjualan Anda.

Gratis ongkir atau pengiriman tanpa minimal order

Tagline “Gratis Ongkir” merupakan tawaran yang cukup banyak diminati pembeli online. Biasanya dalam membeli suatu barang melalui online, konsumen harus menambah biaya ongkos kirim, bahkan terkadang ada yang sampai biaya pengiriman barang lebih mahal dari harga barang yang dibeli. Tentunya penawaran gratis ongkir ini akan sangat diminati oleh para pembeli, karena mereka sudah tidak perlu memikirkan besaran ongkos kirim dari barang yang mereka beli.

Baca juga: Cara jualan online dan tipe-tipe bisnis yang patut dicoba di tahun 2022

Metode pembayaran

Fitur layanan uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online merupakan salah satu cara yang dapat menarik pembeli untuk membeli di toko online Anda. Karena dengan adanya kemudahan tersebut, pembeli merasa dimudahkan dengan proses pembayaran yang ada. Adapun fitur layanan uang elektronik yang biasa digunakan seperti GoPay, Ovo, Dana, dan LinkAja. Fitur tersebut dapat digunakan untuk hampir semua jenis transaksi

Dengan mengikuti festival belanja online atau Harbolnas Anda dapat memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang mempromosikan barang Anda, memperkenalkan toko Anda, sekaligus meningkatkan penjualan Anda. Harbolnas juga dapat menjadi momen yang tepat untuk Anda dapat melihat dan mengawasi pesaing atau kompetitor bisnis Anda, sekaligus melihat strategi mereka yang nanti nya dapat berguna untuk Anda dapat meningkatkan kualitas bisnis Anda, baik dari segi produk, layanan dan hal lainnya.

Semoga, Anda bisa meraup untung yang banyak ya saat harbolnas untuk saat ini. Jangan lupa juga, siapkan stok jualan biar bisa melayani permintaan pelanggan dengan baik! Biar tidak kelimpungan saat belanja stok, bayar aja pakai kartu kredit via PaperPay Out! Dengan begitu, Anda bisa beli stoknya dulu dan bayar tagihannya nanti! Alhasil lebih cuan! Yuk pakai PaperPay Out dan daftarkan diri Anda gratis lewat tombol dibawah ini!