Di era digital yang terus berkembang, peluang dan tantangan dalam dunia bisnis pun semakin beragam. Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja bisnis, komunikasi yang efektif dengan pelanggan dan prospek menjadi salah satu aspek kunci. Inilah di mana WhatsApp Bisnis muncul sebagai alat komunikasi yang memadukan kemudahan teknologi dengan kebutuhan bisnis. 

Dengan sejumlah kelebihan yang ditawarkannya, WhatsApp Bisnis atau WA Bisnis, telah menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan, menjadi salah satu tool pemasaran yang canggih, dan memberikan efisiensi operasional. Bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis di era digital, namun masih ragu menggunakan WA Bisnis, berikut sederet kelebihan WA Bisnis dan bagaimana manfaatnya sehingga dapat memberikan dorongan positif bagi berbagai jenis usaha.

kelebihan wa bisnis
Kelebihan WhatsApp Business (Sumber: Gallabox)

1. Personalisasi Interaksi Pelanggan

Kelebihan WA Bisnis yang utama adalah kemampuan untuk personalisasi interaksi dengan pelanggan. Kamu dapat mengatur profil bisnis dengan memberikan informasi seperti alamat, jam operasional, dan deskripsi singkat. Selain itu, kamu dapat memberikan tanggapan otomatis yang disesuaikan dengan permintaan atau pertanyaan umum sehingga bisa berinteraksi lebih personal dengan pelanggan.

Baca juga: 7 Cara Jualan Online di WhatsApp, Yuk Pahami Dulu Sebelum Mulai

2. Notifikasi Pesanan dan Pengiriman

WA Bisnis memungkinkan kamu mengirim notifikasi pesanan dan status pengiriman kepada pelanggan. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk tetap up-to-date dengan pesanan mereka dan memberikan rasa kepercayaan.

3. Pemasaran Langsung

Tak sekadar sebagai media komunikasi, kelebihan WA Bisnis lainnya adalah sebagai alat pemasaran. Kamu dapat menggunakan WA Bisnis untuk mengirimkan pesan pemasaran langsung kepada pelanggan. Namun, penting untuk memastikan pesan-pesan ini relevan dan tidak mengganggu. Dengan pengiriman yang tepat, pemasaran melalui WA dapat menjadi alat yang sangat efektif.

4. Kelola Grup Pelanggan

WA Bisnis memungkinkan kamu untuk membuat grup pelanggan berdasarkan kategori atau minat. Ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan informasi yang relevan dan spesifik kepada kelompok tertentu sehingga meningkatkan peluang interaksi yang positif.

5. Statistik dan Analitik

Kamu dapat melacak sejauh mana pesan telah dibaca dan menerima laporan statistik mengenai aktivitas perpesanan. Hal ini membantu kamu mengukur efektivitas kampanye dan menyesuaikan strategi komunikasi.

6. Keamanan dan Kepercayaan

Kelebihan WA Bisnis lainnya adalah menawarkan fitur keamanan seperti verifikasi nomor telepon. Adanya fitur ini dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa mereka berinteraksi dengan bisnis kamu yang sah.

7. Layanan Pelanggan Lebih Baik

Dengan WA Bisnis, kamu dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif. Pelanggan dapat dengan mudah menghubungi kamu terkait pertanyaan atau kendala yang mereka hadapi, serta kamu pun dapat memberikan jawaban secara cepat dengan solusi yang memuaskan.

8. Skala yang Sesuai

Tidak hanya cocok untuk bisnis skala besar, WA Bisnis juga sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki usaha kecil dan menengah. Ini memberi kamu akses ke alat komunikasi serba guna tanpa perlu investasi yang besar.

Baca juga: Fitur WhatsApp Yang Bisa Digunakan Untuk Bisnis

9. Keterlibatan Melalui Konten Kreatif

Kamu dapat menggunakan gambar, video, dan audio untuk membuat konten kreatif yang menarik perhatian pelanggan. Cara ini dapat membantu dalam meningkatkan keterlibatan dan daya tarik pesan kamu.

10. Mudahkan Pemesanan dan Pembayaran

Beberapa bisnis telah menggunakan WA Bisnis sebagai platform untuk menerima pemesanan dan pembayaran. Kemudahan yang diberikan WA Bisnis ini memberikan kenyamanan ekstra bagi pelanggan dan tentunya kamu sebagai pebisnis.

Sebagai kesimpulan, ada banyak kelebihan WA Bisnis yang menawarkan manfaat bagi usaha kamu. Mulai dari interaksi personal hingga pemasaran yang efektif, aplikasi ini dapat membantu kamu dalam meningkatkan efisiensi operasional dan interaksi yang lebih baik dengan pelanggan.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Onero

Muhamad Dika Wahyudi