4 Kesalahan Utama Dalam Bisnis Startup yang wajib kalian hindari

Paper Blog – Halo sobat paper, kalian pasti sudah tau dong dengan istilah startup, saat ini bisnis startup sedang banyak dijalankan, khususnya anak muda. Namun kalian pasti tidak tau beberapa kesalahan utama dalam bisnis startup ini, berikut penjelasannya dibawah ini.

Bisnis Startup merupakan bisnis yang memiliki peluang yang cukup bagus. Tidak hanya dapat keuntungan yang cukup besar, bisnis ini juga dapat bertahan cukup lama, asalkan dapat mengelolanya secara baik.

Sayangnya banyak sekali startup yang gagal dalam mengelola bisnisnya, bahkan ada yang sampai tutup. hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan mengelolanya.

Kesalahan yang paling umum ketika mencari atau menarik investor yang tidak berhubungan dalam bidang usahanya. Berikut beberapa kesalahan yang sering dijumpai.

Baca Juga : 3 Manfaat Menggunakan Aplikasi Akuntansi untuk Bisnis

Penyebab utama sebuah bisnis gagal

Kalau dirinci secara general, Dikutip dari situs investopedia, ada 4 penyebab mengapa suatu bisnis gagal, berikut penjelasannya :

1. Kurangnya Modal Bisnis

Hal yang pertama kali menjadi penyebab nya ialah kurangnya modal bisnis. Dalam kebanyakan kasus yang ada, para pelaku bisnis sadar akan pentingnya modal untuk menjaga agar bisnis bisa berjalan sehari-hari.

Kalau para pelaku bisnis gagal dalam mengelola keuangan yang ada, maka hal ini akan membuat cepat sebuah bisnis tidak akan berjalan secara semestinya atau mati.

2. Memiliki Planning yang kurang jelas atau tidak efektif

Kedua, penyebab yang lain ialah para pelaku bisnis biasanya memiliki planning yang kurang jelas.

Perencanaan yang matang sangat perlu dalam mengelola bisnis apapun, apalagi dalam bisnis startup. Sebuah planning juga akan ikut mensukseskan sebuah bisnis di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, wajib bagi kalian para pelaku bisnis untuk memiliki rencana juga ide ide bisnis yang bagus sebelum terjun langsung dalam dunia bisnis.

3. Manajemen yang kurang jelas, atau kurang baik

Penyebab lain yang membuat sebuah bisnis mati ialah manajemen bisnis yang kurang jelas atau kurang baik. Meskipun owner dari suatu bisnis memiliki cukup keterampilan yang diperlukan, mereka sering tidak punya waktu untuk mengawaasi karyawan.

Tanpa tim manajemen yang baik, sering kali para pelaku bisnis melewatkan potensi keuntungan yang besar. Mereka akan kurang dalam mengelola keuangan, perekrutan pegawai baru, atau pemasaran produk. Oleh karena itu penting bagi para pelaku bisnis untuk mengelola bisnis dengan manajemen yang baik.

4. Salah Dalam Strategi Pemasaran Produk

Pemasaran atau Marketing merupakan sebuah aspek yang penting dalam dunia bisnis. Strategi Marketing menjadi kunci utama dalam menentukan bisnis bisa menjadi lebih sukses.

Sebuah Bisnis yang tidak memahami aspek-aspek strategi pemasaran yang baik ini lebih mungkin gagal daripada perusahaan yang meluangkan waktu untuk membuat dan menerapkan kampanye yang sukses dan hemat biaya.

Baca Juga : Paper Pay In – Kelola Pembayaran Penagihan Invoice untuk Pelanggan Jadi Lebih Mudah dengan Berbagai Metode

Kesimpulan

Itulah beberapa Kesalahan yang sering kita jumpai dalam bisnis startup, mengelola sebuah bisnis, khususnya startup memang tidaklah mudah.

Diperlukan rancangan dan juga strategi dalam bisnis yang matang agar dapat terus berkembang untuk kedepannya dan tidak mati.

Kalian perlu menghindari beberapa kesalahan yang sering dijumpai seperti pembukuan keuangan yang tidak rapi, juga cash flow perusahaan yang masih menunjukan angka negatif, atau invoice penjualan juga pembelian yang ribet, hingga pembayaran invoice client yang selalu telat

Untuk mempermudah hal itu kalian bisa menggunakan Aplikasi Invoice online dari Paper.id dengan menggunakan aplikasi dari Paper.id kalian bisa mengelola keuangan hingga invoice dengan mudah. Buruan Daftar sekarang juga!

(Visited 37 times, 1 visits today)