Tanggal 4 September yang dikenal sebagai Hari Pelanggan Nasional bukanlah hanya simbol seremonial. Lebih dari itu, ini adalah kesempatan bagi perusahaan untuk introspeksi dan menilai kembali bagaimana mereka memperlakukan customer mereka. Karena, mereka menjadi bagian penting dari perusahaan.

Nah, bagimu yang memiliki bisnis, sudah pasti customer perlu menjadi fokus utama. Tanpa customer yang puas dengan layanan dan produkmu, akan sulit bagi bisnis untuk berkembang, bukan?

Jangan sampai abaikan 3 hal ini. Meski terkesan sepele, tetapi sebenarnya bisa membuat bisnismu dikenang baik oleh customer, lho. Apa sajakah itu? Simak dalam artikel berikut ini, ya!

Apa Itu Hari Pelanggan Nasional?

Hari Pelanggan Nasional adalah hari yang diperingati oleh banyak perusahaan atau business owner di Indonesia untuk memberikan apresiasi lebih kepada buyer mereka. Jatuh pada 4 September, tanggal ini dicetuskan oleh pebisnis asal Solo, Handi Irawan D.

Beliau menyatakan bahwa sudah seharusnya business owner memberikan perhatian kepada buyer mereka. Hal ini diapresiasi oleh Presiden Megawati Soekarnoputri dan diresmikan pada tanggal 4 September 2003. Hingga kini, tanggal 4 September terus dirayakan dengan berbagai promo dan cara apresiasi lainnya.

Baca juga: 10 Perusahaan dengan Customer Service Terbaik

Pebisnis kerap lupa, bahwa keberhasilan suatu bisnis tidak hanya terletak pada keputusan strategis jangka panjang. Tetapi juga pada detil-detil kecil yang seringkali terabaikan, seperti menghargai customer. Pemahaman mendalam terhadap pentingnya menghargai customer dan memperhatikan aspek-aspek kecil dalam pelayanan bisa menjadi kunci sukses yang tersembunyi bagi banyak bisnis.

Respon Super Cepat, Kunci Customer Tambah Setia

Di zaman yang serba digital, customer menginginkan semuanya serba cepat, termasuk customer service. Ketika customer mengajukan pertanyaan atau keluhan, waktu tunggu yang lama dapat menciptakan ketidakpuasan dan merusak citra merek. Sebagai solusi, perusahaan dapat mengimplementasikan beberapa metode untuk meningkatkan kecepatan respons mereka.

1. Gunakan chatbot

Chatbot dapat memberikan respons instan kepada pertanyaan umum customer, meningkatkan efisiensi, dan memberikan solusi cepat untuk pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Tak perlu selalu menunggu Customer Service yang mungkin kewalahan dengan antrean, customer bisa lebih mudah menadpatkan penyelesaian masalahnya.

2. Sediakan kontak WhatsApp

Pastikan agar nomor yang ada tertera secara jelas, sehingga bisa dilihat. Selain itu, sediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup untuk membalas yang dibagi kedalam sistem shift, agar bisa dibalas dengan teratur.

3. Sistem ticketing

Lakukan sistem ticketing dalam membalas keluhan customer. Untuk memudahkanmu, bagi ticketing ke dalam 2 jenis tingkatan keluhan, ringan dan berat. Keluhan ringan bisa dipecahkan dengan cepat, sedangkan yang berat perlu penanganan lebih lanjut. Berikan pengertian untuk customer yang memiliki ticketing berat, sehingga mereka tetap sabar menunggu.

Berikan Ucapan atau Perhatian pada Customer di Momen Khusus

Menghargai dan mengingat detail personal dari customer adalah salah satu cara terbaik untuk memperdalam hubungan dan meningkatkan loyalitas mereka. Apalagi di era digital sekarang, dimana semuanya menjadi lebih mudah. Kamu bisa memberikan ucapan atau apapun saat momen:

1. Ulang tahun customer

Cara memberikan ucapan pada momenn spesial ini bisa beragam. Akan lebih baik lagi jika disesuaikan sesuai dengan bidang bisnismu. Contoh, jika kamu perusahaan teknologi, kamu bisa membuat notifikasi khusus bagi yang ulang tahun dengan promo khusus sebagai hadiah. Atau jika kamu menjual produk fisik, kamu bisa memberikan diskon khusus untuk mereka.

2. Business anniversary

Selain ulang tahun customer, kamu juga bisa memberikan perhatian tambahan ketika peringatan ulang tahun usaha/ business anniversary berupa kado, bunga atau bingkisan yang berguna menunjang usahanya. Ini menjadi langkah penting dalam membina hubungan yang lebih dekat. Dengan begitu, customer akan selalu ingat kamu dan, siapa tahu bisa membina hubungan bisnis yang lebih dalam seperti kolaborasi khusus di masa depan.

3. Product launching

Bagi seorang pebisnis, peluncuran produk baru menjadi salah satu momen penting dalam hidupnya. Untuk itu, kamu perlu memberikan ucapan selamat. Biasanya, karangan bunga atau buket bunga menjadi salah satu contoh yang sering dilakukan di Indonesia.

4. Pembelian produk atau jasa dalam jumlah besar

Momen yang tidak boleh dilewatkan adalah saat customer membeli produk atau jasa dalam jumlah besar. Ini menjadi momen yang tepat untuk memberikan apresiasi. Dalam bisnis, biasanya ini bisa dilakukan dengan memberikan diskon sebesar 1-2% atau memberikan bonus. Pemberian bonus biasanya disesuaikan dengan bidang bisnis yang dijalani, contoh biji kopi jenis baru bagi pebisnis yang bergerak di bidang kopi.

Buat Customer Merasa Diperhatikan

Selain rajin membalas keluhan/pertanyaan customer, kamu juga harus mendengarkan apa yang customer mau. Ingat, tanpa customer, produk atau jasamu tidak akan ada yang membeli. Selain itu, feedback yang bagus memberikan perspektif segar yang bisa membantu kamu dan perusahaan untuk mengembangkan produk yang lebih user-centric.

Baca juga: Pentingnya Customer Experience dalam Pembayaran Bisnis

Salah satu contoh perusahaan besar yang berhasil memanfaatkan feedback customer adalah Apple. Dalam beberapa kesempatan, Apple telah melakukan perubahan desain dan fitur berdasarkan feedback yang mereka terima.

Misalnya, setelah menerima kritik mengenai penghapusan port headphone pada iPhone 7, Apple kemudian memperkenalkan adaptasi dan solusi untuk mengakomodasi kebutuhan customer. Dengan mendengarkan customer, perusahaan tidak hanya menunjukkan bahwa mereka peduli, tetapi juga memanfaatkan kesempatan untuk terus tumbuh dan berkembang dalam pasar yang kompetitif.

Nah, itulah 3 hal yang terkesan tidak penting, tapi ternyata punya dampak besar bagi hubungan bisnismu dengan customer.

Memahami kebutuhan, memberikan apresiasi, dan selalu berkomunikasi dengan cepat dan tepat, menjadi representasi nyata dari komitmen sebuah perusahaan terhadap pelanggan. Sesederhana dengan memberikan respons yang cepat saja, ini bisa menumbuhkan rasa kepercayaan customer kepada perusahaan.

Selain itu, ada hal kecil lainnya juga yang bisa kamu berikan, mempermudah transaksi dengan menyediakan berbagai metode pembayaran. Hal ini terkesan simpel, tapi customer bisa makin senang saat melakukan restock di tempatmu. Agar mudah, gunakan Paper.id sebagai platform transaksi bisnismu.

Di Paper.id, tersedia berbagai metode mulai dari kartu kredit, OVO, marketplace, Virtual Account, QRIS, dan lainnya, customer tinggal pilih mau bayar pakai apa. Ini juga praktis bisa dipakai dari HP, transaksi bisa dilakukan di mana saja. Yang terpenting, semua fitur ini gratis bisa kamu pakai, yuk daftar Paper.id sekarang juga!

Daniel Nugraha