Loyalitas pelanggan termasuk faktor kunci menjaga kesuksesan bisnis. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan yaitu dengan memberikan customer reward

Customer reward adalah program loyalitas yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan atau pembeli dengan imbalan seperti voucher, diskon, produk gratis, dan lainnya. 

Program tersebut cukup efektif untuk menjaga kesetiaan pelanggan terhadap bisnis. Mengingat saat ini pun dunia bisnis semakin kompetitif, maka pelaku bisnis perlu mengambil langkah agar pelanggan tidak berpaling.

Baca Juga: Pembayaran Cash atau Cicilan: Mana yang Cocok untuk Customer Kamu?

Mengenal Customer Reward

Customer reward atau program pemberian hadiah untuk pelanggan ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, karena sudah ada sejak lama. Bahkan penawaran seperti “beli 3 gratis 1” merupakan salah satu contohnya. 

Program ini kerap menjadi strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memberikan insentif kepada pelanggan mereka sebagai bentuk apresiasi atas kesetiaan dan dukungannya terhadap merek atau produk tertentu. 

Reward pada program ini bentuknya beragam, bergantung pada bisnis kamu, industri, hingga pelanggan. Namun, beberapa contoh yang sering diberikan, yaitu:

  • Referral program: Pelanggan mengirimkan referensi bisnis kamu ke kerabatnya. Lalu, pelanggan tersebut mendapatkan reward tertentu, begitu juga dengan kerabat yang dirujuk akan mendapat reward. 
  • Poin: Hadiah poin melibatkan pelanggan yang melakukan suatu aktivitas, mendapatkan poin setelah menyelesaikan aktivitas tersebut. Kemudian setelah sejumlah poin diperoleh, poin tersebut dapat ditukar dengan hadiah. Progam ini biasanya diterapkan dalam aplikasi loyalty program.
  • Program VIP: Ketika pelanggan semakin aktif terlibat dalam produk bisnis kamu, mereka berhak untuk naik dari satu level ke level baru. Saat mereka naik level, mereka akan mendapatkan manfaat atau peningkatan reward dari sebelumnya. 

Pentingnya Pelaku Bisnis Memberikan Customer Reward 

Inilah beberapa alasan kamu perlu memberikan customer reward, karena ini pun bisa memberikan keuntungan untuk bisnis yang sedang kamu jalankan. 

1. Membangun hubungan lebih baik dengan pelanggan

Memberikan hadiah kepada pelanggan adalah cara efektif untuk membangun hubungan yang lebih baik antara perusahaan dan konsumen. 

Pemberian hadiah mampu menciptakan pengalaman positif untuk pelanggan, sehingga dapat membangun rasa kepercayaan dan koneksi yang kuat. Lalu, pada akhirnya dapat menghasilkan rekomendasi positif dan promosi ke calon pelanggan lainnya. 

2. Mendorong loyalitas pelanggan

Dengan menunjukkan penghargaan kepada pelanggan atas dukungan dan kesetiaan mereka, perusahaan dapat memperkuat ikatan emosional antara merek dan konsumen.

Ketika pelanggan merasa dihargai, mereka cenderung untuk tetap setia dan lebih memilih untuk melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan yang memberikan mereka perlakuan istimewa.

Tentu saja ini pun sebagai upaya memperkecil peluang pelanggan melirik dan berpaling ke kompetitor bisnis kamu. 

3. Mendorong pembelian berulang

Program reward dapat menjadi insentif yang kuat untuk mendorong pembelian berulang dari pelanggan. 

Dengan menawarkan hadiah seperti diskon, voucher, hingga akses eksklusif ke produk atau layanan, perusahaan dapat merangsang minat pelanggan untuk kembali dan melakukan transaksi lebih lanjut. 

Hal ini tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga memperkuat hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan.

4. Meningkatkan retensi pelanggan

Retensi pelanggan adalah elemen kunci dalam keberhasilan jangka panjang suatu bisnis. Memberikan reward kepada pelanggan dapat membantu meningkatkan tingkat retensi dengan membuat pelanggan merasa mendapatkan nilai lebih dari hubungan mereka dengan bisnis kamu. 

Ketika bisnis kamu telah mempertahankan pelanggan yang sudah ada, hal ini dapat mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru dan meningkatkan profitabilitas secara keseluruhan.

5. Memperluas jangkauan bisnis

Pada akhirnya pemberian reward ini dapat membantu bisnis dalam memperluas jangkauan pelanggan. 

Sebab, ketika pelanggan merasa puas dengan pengalaman mereka dan dihargai melalui program customer reward, mereka cenderung akan membagikannya kepada orang lain. 

Dari sana secara tidak langsung bisnis kamu pun memperoleh promosi gratis dari mulut ke mulut hingga media sosial, yang dapat membantu menarik pelanggan baru. 

Baca Juga: CRM (Customer Relationship Management): Perlukah untuk Bisnis?

Menariknya, pengalaman positif yang kerap diberikan langsung oleh pelanggan yang sudah menggunakan produk atau layanan tertentu lebih awal biasanya cenderung lebih menarik dan dipercaya oleh khalayak. 

Demikian alasan pentingnya memberikan reward untuk pelanggan bisnis kamu. Memberikan customer reward bukanlah sesuatu yang merugikan, justru berpeluang menguntungkan bisnis ke tingkatan yang lebih baik. Mulai sekarang, yuk, coba berikan reward untuk pelanggan setia bisnis kamu. 

*Artikel ini adalah hasil kerja sama Populix & Paper.id

Daniel Nugraha