cara meningkatkan penjualan

Cara Meningkatkan Penjualan- Menurut sebuah studi kasus yang dianalisis oleh lembaga we are social dan hootsuite, pengguna sosial media di dunia telah mencapai 4 juta atau lebih dari setengah penduduk di muka bumi per Januari 2018.

Di Indonesia sendiri, jumlah tersebut meningkat drastis, yakni sebesar 23% dari tahun sebelumnya. Selain itu, rata-rata pengguna di tanah air menghabiskan waktu mencapai 3 jam 23 menit setiap harinya hanya untuk berselancar di dunia maya.

hootsuite.com

sumber gambar: hootsuite.com

Dari beberapa fakta di atas, dapat disimpulkan jika Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat aktif di dunia maya, hanya kalah dari India dan Arab Saudi.

Berkaca dari banyaknya jumlah pengguna internet di tanah air, bisnis online sepertinya merupakan cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan sampingan atau bahkan pendapatan utama.

Namun, banyak para pengusaha yang menyerah di tengah jalan lantaran mereka kesulitan untuk mengetahui cara meningkatkan penjualan melalui media sosial.

Padahal, jika dikelola secara maksimal, sebuah akun Instagram pun mampu menghasilkan uang ratusan hingga jutaan rupiah setiap harinya.

Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial itu sendiri? Anda wajib melakukan beberapa tips di bawah ini.

Tentukan Target Pasar

Kenapa seorang penjual sulit untuk melakukan closing penjualan? kemungkinan besar karena kesalahan dalam menentukan target pasar.

Padahal, target pasar merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan terpenting yang harus diketahui oleh seorang penjual di bisnis online.

Untuk mendapatkan potential buyer, Anda harus mampu mengetahui dan menganalisis demografi di media sosial tergantung dari barang yang ingin dijual.

Misalnya, Anda ingin menjual alat make up, pastikan target pasar adalah seorang wanita yang usianya telah ditentukan dan juga kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan.

Baca Juga: (INFOGRAFIS) 3 Media Sosial Terbaik Buat Para Pebisnis di Indonesia

Kolaborasi dengan Selebgram atau Influencer Ternama

Setelah menentukan target pasar, Anda harus melakukan promosi gencar untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial.

Berbagai cara bisa ditempuh namun kolaborasi dengan selebgram atau influencer ternama bisa jadi cara paling ampuh untuk mendapatkan penghasilan atau setidaknya engagement dari costumer.

Namun, Anda harus menyesuaikan barang yang dijual dengan tipe influencer-nya. Misalkan, Anda menjual alat make up, carilah sosok yang cocok dengan produk tersebut, salah satunya adalah beauty vlogger.

Baca Juga: Cara Berjualan Untuk Pemula Di Media Sosial Instagram

Memberikan Penawaran Spesial

Promosi harga juga bisa menjadi cara jitu untuk meningkatkan penjualan. Namun, strategi ini bisa menjadi boomerang apabila dilakukan di saat yang tidak tepat.

Kenapa? Karena memberikan potongan harga bisa saja memangkas keuntungan yang didapatkan. Dan, hal tersebut akan berimbas pada biaya produksi ke depannya.

Terlepas dari kegagalan meraih keuntungan besar tersebut, penawaran spesial dapat mendatangkan pelanggan baru, meningkatkan brand awareness serta menghabiskan stok barang lama yang telah menumpuk di dalam gudang.

Lakukan Soft Selling

Soft selling merupakan sebuah cara untuk melakukan penjualan tanpa harus terlihat jika sedang ‘menjual’ produk tertentu.

Biasanya, permainan kata yang bagus akan mampu menyihir customer tertarget sehingga mau membeli produk tanpa merasa terganggu dengan iklan yang tengah ditampilkan.

Cara seperti ini lebih ampuh dari pada hard selling yang biasanya malah membuat para customer risih dengan produk yang dijual.

Itu dia beberapa cara meningkatkan penjualan di media sosial. Jika Anda baru mencoba bisnis online, silahkan cek beberapa barang paling laku disini.  Jangan lupa untuk menggunakan software invoice paper.id untuk memberikan tagihan otomatis kepada para pelanggan.

Invoice online dari paper.id memiliki fitur reminder sehingga langsung mengingatkan para pelanggan untuk membayar tagihan tepat waktu.

 

(Visited 68 times, 1 visits today)