Cara Berjualan Untuk Pemula Di Media Sosial Instagram

Mirrza A. Akbar | December 5, 2018

Cara berjualan online yang sedang sangat disukai oleh banyak orang adalah di Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram merupakan media sosial yang berbasis photo sharing dan menjadi paling disukai karena fitur yang disediakannya seperti story.

Cara Berjualan di Instagram

Cara Berjualan di Instagram

Cara berjualan online menggunakan Instagram adalah hal yang efektif untuk memasarkan produk yang Anda miliki. Karena Anda bisa memanfaatkan media populer yang sering digunakan. Tidak jarang dipakai oleh orang-orang mencari rupa barang atau jasa yang dicari.

Jadi, begitu mudahnya berjualan online menggunakan Instagram. Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk pemula saat berjualan online di Instagram supaya produk Anda banyak peminat, diantaranya sebagai berikut:

Menggunakan Foto yang Menarik

Menggunakan foto-foto produk dari media Instagram untuk sarana berjualan merupakan hal yang menjadi mutlak bagi Anda. Hal ini yang akan membuat orang-orang tertarik untuk melihatnya dan tergiur membeli. Akan sangat diminati konsumen jika Anda mengepostnya menggunakan foto sendiri yang bagus dan menarik.

Ditujukan pada Market yang Tepat

Anda harus tepat dalam memilih market yang akan dituju. Jangan asal berjualan atau yang penting berjualan. Karena bisa saja jika seperti itu produk yang Anda tawarkan tidak bisa terjual dengan baik. Misalnya Anda ingin menjual bedak, maka tentunya market ditujukan kepada wanita. Entah itu wanita karier, mahasiswi, ibu rumah tangga dan lain sebagainya. Akan menjadi kesalahan jika Anda ingin menjual bedak tetapi market yang Anda tuju adalah bapak-bapak penggemar bidang otomotif.

Menggunakan Video Mengenai Produk

Membuat video tutorial melalui Instagram yang menarik dengan menggunakan model yang cocok atau enak dilihat secara visual. Bisa juga menggunakan video animasi untuk meningkatkan nilai jual produk terhadap calon konsumen. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Tingkatkan Terus Follower pada Instagram

Semakin banyak jumlah follower pada profil Instagram Anda, maka akan semakin banyak juga calon konsumen percaya dan tertarik untuk membeli produk Anda. Kemudian tidak lama, konsumen sementara tersebut akan berubah menjadi pelanggan tetap Anda.

Cantumkan Testimoni yang Terpercaya

Posting atau upload testimoni yang diberikan oleh pembeli Anda dan cantumkan di bagian highlight. Respon terhadap produk atau barang yang telah diterima oleh pembeli akan mempengaruhi penjualan produk Anda ke depannya. Seorang calon konsumen akan menjadi sangat tertarik pada saat membaca testimoni yang Anda cantumkan. Testimoni memberitahukan kepuasannya dalam menggunakan produk Anda, kepuasan pelayanan, packing yang baik atau pengiriman yang cepat.

Ketika berbisnis baik itu offline atau online, entah menggunakan Instagram, atau tidak, Anda membutuhkan banyak ilmu untuk menjalankan bidang ini (bisnis). Tidak hanya asal jalan, karena jika asal jalan maka bisnis Anda tidak akan berkembang. Salah satu ilmu yang paling penting perlu Anda pelajari adalah mengenai pengelolaan keuangan masuk dan keluar.

Ada aplikasi yang akan sangat membantu Anda untuk mengelola keuangan bisnis online yang Anda jalankan yaitu Paper.id. Dengan aplikasi Paper.id ini Anda tidak perlu lagi susah-susah menghitung pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda. Karena aplikasi ini bisa menghitung secara otomatis dari setiap invoice yang Anda kirimkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *