Kwitansi merupakan sebuah dokumen yang sangat penting untuk bisnis. Dokumen ini dijadikan sebagai tanda bukti atas transaksi yang telah terjadi.

Dalam dokumen ini juga terdapat rincian berapa banyak uang yang diberikan, rincian barang yang dibeli, tujuan pembayaran, hingga tanggal transaksi.

Baca Juga:Download File Contoh Kwitansi Kosong Yang Baik Dan Benar

Biasanya, didalam kwitansi terdapat materai yang berguna untuk memperkuat kwitansi dimata hukum. Ada beberapa ketentuan penggunaan materai di kwitansi sebagai berikut:

  • Transaksi yang terjadi dengan total 250.000 hingga 1.000.000 menggunakan materai 3000
  • Jika transaksi melebihi total 1.000.000 maka menggunakan materai 6000
  • Jika transaksi kurang dari 250.000 maka tidak perlu menggunakan materai

Namun saat ini ketentuan penggunaan materai telah berubah, dan sudah ada materai baru yang menggantikan materai 3000 dan 6000, yaitu materai 10.000.

Per 1 Januari 2022, pemerintah telah memberlakukan aturan tentang penggunaan materi, saat ini materai yang berlaku ialah 10.000. Jadi masyarakat harus menggunakan materai itu untuk kwitansi.

Nah menurut Undang-Undang nomor 10 tahun 2020 Pasal 3 Ayat (2) tentang Bea Materai. Transaksi dengan total diatas Rp 5 juta maka harus dan wajib disertai dengan materai. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menulis Kwitansi Yang Baik Dan Benar

Untuk transaksi yang cukup besar, kalian mesti menambahkan dokumen lain untuk mendukung kwitansi ini. Nah berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk cara mengisi kwitansi yang benar.

  • Jangan sesekali kalian menandatangi kwitansi yang kosong
  • Di akhir penjelasan, baiknya kalian memberikan penjelasan tambahan supaya tidak ditambahkan penjelasan lain diluar kesepakatan.
  • Baiknya, penulisan tempat dan tanggal berdekatan dengan tanda tangan orang yang menerima uang
  • Tulis nama lengkap si penjual atau yang menerima uang
  • Kalau menggunakan materai, maka tanda tangan harus mengenai materai tersebut
  • Kalian harus bisa membedakan mana nota jual beli dan juga kwitansi.

Nah itulah beberapa tata cara bagaimana mengisi kwitansi yang baik dan benar.

Buat kalian para pelaku usaha, kalian bisa menggunakan Aplikasi Invoice Online dari Paper.id untuk mempermudah kalian dalam berbisnis, yuk pakai Paper.id sekarang juga dengan klik tombol dibawah berikut.