Kwitansi adalah bukti transaksi yang tak tergantikan, tetapi seringkali sulit ditemukan dalam format yang bisa diedit sesuai kebutuhan. Sebenarnya, sih, kamu bisa saja dengan mudah membeli kwitansi di toko buku, tukang fotocopy, minimarket, dan tempat lainnya.

Akan tetapi, format kwitansi yang biasa dijual mempunyai detail yang sangat terbatas. Jika kamu ingin punya kwitansi dengan format yang lengkap, kamu bisa download format kwitansi yang bisa diedit supaya bisa dikustomisasi dengan kebutuhan kamu.

Eiits, jangan khawatir, bagi kamu yang ingin menghemat waktu, biaya, dan upaya dalam pembuatan kwitansi,  dii artikel ini kamu bisa dengan mudah download atau mengunduh kwitansi kosong yang dapat diedit menggunakan Google Docs (GDocs). 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menulis Kwitansi yang Baik dan Benar

Bentuk dan Format Kwitansi yang Benar

Kwitansi kosong yang benar memiliki beberapa komponen yang harus tercantum. Hal ini berguna demi menjaga keakuratan dan keabsahan transaksi keuangan yang kamu lakukan. 

Meski sudah banyak digunakan oleh banyak orang, tetapi ternyata tidak sedikit juga lho yang belum memahami komponen-komponen tersebut.

Berikut ini komponen-komponen yang benar dan harus tercantum:

  • Judul, Di bagian atas, tuliskan dengan jelas kata “KWITANSI” agar mudah diidentifikasi.
  • Nomor, setiap kwitansi harus memiliki nomor unik yang akan memudahkan kamu dalam melakukan pelacakan.
  • Tanggal Transaksi, cantumkan tanggal transaksi dengan format tanggal, bulan, dan tahun (DD/MM/YYYY) agar mudah dipahami.
  • Nama dan Alamat Customer,  Sertakan nama dan alamat lengkap customer. Ini sangat penting untuk keperluan pencatatan dan bukti.
  • Nama dan Alamat Penjual, tuliskan juga nama dan alamat lengkap penjual atau perusahaan yang menerbitkan kwitansi.
  • Deskripsi Barang atau Jasa, jelaskan barang atau jasa yang dibeli dengan detail yang mencukupi, termasuk jumlah dan harga per unitnya.
  • Total Harga,  Hitung total harga dari semua barang atau jasa yang dibeli dan cantumkan dengan jelas.
  • Metode Pembayaran, Nyatakan metode pembayaran yang digunakan oleh pembeli (contoh: tunai, transfer bank, cek).
  • Tanda Tangan Penjual, Penjual atau perwakilan perusahaan harus menandatangani kwitansi untuk menunjukkan keabsahan transaksi.
  • Tanda Tangan Pembeli, Idealnya, pembeli juga menandatangani kwitansi sebagai bukti penerimaan barang atau jasa.
  • Keterangan Tambahan, Berikan ruang untuk catatan tambahan jika diperlukan. Misalnya, informasi pajak atau syarat-syarat khusus.
  • Footer, Di bagian bawah kwitansi, dapat ditambahkan informasi kontak, syarat dan ketentuan, atau informasi lain yang relevan.
  • E-Materai, Jika diperlukan, e-materai perusahaan dapat digunakan sebagai tanda keabsahan tambahan.
  • Pajak, Jika diperlukan oleh hukum atau regulasi, sertakan jumlah pajak yang relevan.
  • Logo Perusahaan, Jika ada, logo perusahaan dapat ditempatkan di atas kwitansi untuk branding.

Download Kwitansi Kosong

Berikut ini adalah file kwitansi kosong yang benar dalam format Google Docs (GDocs) yang bisa kamu download dan edit sesuai kebutuhan kamu gratis.

Baca Juga: Perbedaan Proforma Invoice dan Invoice Serta Fungsinya Dalam Jual Beli

Buat Kwitansi di Paper.id

Salah satu software atau aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam membuat kwitansi untuk bisnis adalah Paper.id. Paper.id memang dikenal sebagai platform One for All” yang dilengkapi berbagai fitur untuk mengelola bisnis.

Mulai dari bayar supplier, tagih & terima pembayaran melalui beragam metode pembayaran seperti transfer bank, QRIS, Virtual Account, hingga kartu kredit. Tidak terlewatkan, beberapa fitur seperti laporan keuangan dan rekonsiliasi secara otomatis bisa kamu rasakan manfaatnya.

Baca juga: Cara Membuat Kwitansi Otomatis Melalui Aplikasi Invoice di Smartphone

Nah, di Paper.id juga bisa lho buat kwitansi! Setelah transaksi kamu sukses dengan customer atau mitra bisnis kamu. Kamu bisa ubah invoice yang sudah terbayar menjadi kwitansi. Menarik, kan?

Yuk, daftarkan segera bisnis kamu sekarang juga dan nikmati beragam manfaat yang tersedia dengan GRATIS! Klik tombol di bawah ini untuk mendaftar gratis!

Alfian Dimas