Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa customer adalah raja. Sebagai pebisnis Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer. 

Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, Anda harus tahu, siapa customer kita , apa hobinya, dan solusi apa yang dicari untuk menjawab permasalahan mereka?

Itu semua bisa diketahui ketika Anda tahu siapa target pemasaran untuk produk bisnis yang Anda jual. Kenapa melakukan target pemasaran itu penting? Tidak semua orang ingin beli produk atau layanan yang Anda jual. 

Sebagai pebisnis Anda harus tahu apa yang customer inginkan, dan masalah apa yang dihadapinya. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, tidak hanya terbatas dalam penjualan saja, Anda harus memikirkan target pemasarannya juga. 

Lalu apa itu target pemasaran dan bagaimana cara menentukan target pemasaran yang tepat untuk produk kita jual?

Baca Juga: 5 Tips Cara Melakukan Retargeted Audience Yang Baik untuk Bisnis

Apa itu Target Pemasaran?

Untuk mengetahui siapa customer Anda adalah dengan cara menentukan target pemasaran. 

Target pemasaran adalah orang-orang atau organisasi yang paling mungkin membeli produk atau layanan Anda. 

adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan atau keinginan yang dapat dipenuhi oleh produk atau layanan Anda, dan mereka mampu membelinya. Oleh karena itu penting bagi Anda memahami keinginan customer. 

Perlu kejelian seperti mencari tahu kebutuhan mereka, dan motivasi kenapa ingin produk tersebut.

Contohnya adalah Starbucks, apa yang membuat starbucks sukses? Tentu mereka memahami dengan betul target pasar mereka yakni Starbucks menargetkan orang-orang yang ingin kopi yang berkualitas tinggi, suasana yang nyaman, dan pengalaman yang unik. Mereka juga menargetkan orang-orang yang memiliki pendapatan menengah ke atas. Umur yang ditarget berkisar 22-60 tahun, dengan fokus pada pusat-pusat kota dan pinggiran kota. 

Selain itu juga, Starbucks menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk menargetkan target pasar mereka. Di Amerika Serikat mereka menggunakan iklan di media cetak, televisi, dan online, juga mengadakan acara di toko-toko mereka dan di berbagai kota di seluruh dunia. Mereka juga bekerja sama dengan selebriti dan influencer untuk mempromosikan produk mereka.

Strategi pemasaran Starbucks sangat efektif. Mereka telah berhasil menciptakan komunitas penggemar yang sangat setia. Penggemar Starbucks bersedia membayar lebih untuk kopi Starbucks karena mereka percaya bahwa kopi Starbucks adalah yang terbaik. Itulah yang membuat Starbucks sukses.

Lalu bagaimana cara menentukan target pemasaran yang tepat? 

Baca Juga: Podcast Sebagai Sarana Marketing Brand

Cara Identifikasi Target Pemasaran Untuk Bisnis

Menentukan target pasar tidak sesederhana menebak siapa customer Anda, dan apa keinginan mereka. Sebaliknya, ini memerlukan review mendalam tentang produk dan layanan Anda, pasar, customer potensial (atau saat ini), dan lainnya.

Berikut ini langkah mengidentifikasi target pemasaran untuk bisnis Anda:

Analisa Penawaran Produk / Layanan Bisnis

Untuk menentukan target pasar Anda, pertama-tama pikirkan masalah apa yang dipecahkan oleh produk atau layanan Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis landscaping atau tukang kebun, layanan bisnis Anda akan menarik bagi mereka pemilik rumah yang tidak memiliki waktu atau keahlian untuk merawat halaman rumput mereka sendiri.

Melakukan Riset Pasar

Selanjutnya adalah melakukan riset pasar, dengan itu Anda akan melakukan proses pengumpulan dan analisis data tentang konsumen, pesaing, dan lingkungan pasar untuk membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik tentang produk, harga, promosi, dan distribusi. 

Buat profil customer dan segmen pasar

Persona customer adalah representasi fiktif dari customer ideal Anda. Persona ini dapat membantu Anda memahami kebutuhan dan keinginan customer Anda dengan lebih baik.

Selain itu juga perlu melakukan segmentasi pasar, Segmentasi pasar adalah proses pengorganisasian kelompok berdasarkan berbagai kategori, seperti demografi dan psikografi. Dengan begitu Anda akan tahu bagaimana behaviour dari target pasar Anda.

Invoice penjualan

Analisa Kompetisi 

Lakukan analisis kompetitif untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kompetitor bisnis Anda, Ini akan membantu Anda mengidentifikasi bisnis lain yang menawarkan produk dan layanan yang sama dengan Anda. 

Periksa situs web mereka, bandingkan harga mereka, dan lihat apa yang mereka lakukan secara berbeda dari Anda. Informasi ini akan membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan yang efektif untuk bersaing dengan mereka.

Setelah Anda mengumpulkan informasi tentang target pasar Anda, Anda dapat mulai memasarkan bisnis Anda dengan cara yang lebih efektif dan efisien. 

Anda dapat menargetkan iklan ke orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan produk atau layanan bisnis yang ditawarkan, dan Anda dapat membuat konten pemasaran yang lebih relevan dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Nah itulah beberapa langkah cara identifikasi target pemasaran untuk bisnis Anda. 

Perlu diingat, selain target pemasaran, ada juga hal yang harus Anda perhatikan, yaitu operasional bisnis, terutama dalam pembuatan serta pengiriman invoice. 

Untuk mempermudah itu, Anda bisa menggunakan aplikasi invoice online dari Paper.id. Dengan Paper.id buat invoice dan kirim jauh lebih mudah. Selain itu juga, invoice yang dibuat pun sudah terekonsiliasi dengan sistem pembayaran digital, tidak perlu repot-repot lagi dalam menyediakan beragam metode pembayaran. Daftar sekarang juga!

Daniel Nugraha