podcast

Podcast menjadi salah satu media yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknoogi yang semakin pesat dan menghadirkan beragam pilihan bagi para pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka.

Selain itu, media ini cocok bagi para pekerja yang menghabiskan waktu lebih banyak dijalan. Karena itu, mereka kerap mendengarkan podcast sebagai salah satu bentuk hiburan yang menemani mereka saat berada di dalam mobil atau motor yang hendak menuju ke kantor.

Baca juga: Tempat iklan paling efektif, televisi atau media sosial?

Di Indonesia, jumlah pendengarnya semakin bertumbuh. Dilansir dari Kompas, jumlah pendengar pada layanan streaming music Spotify pada kuartal kedua naik pesat sebanyak 50 persen dari kuartal sebelumnya.

Di Amerika, jumlah pendengarnya terus bertambah. Pada rentang waktu antara 2015-2016, jumlahnya semakin bertambah dan menurut Kickofflabs, satu dari 5 orang Amerika mendengarkan Podcast setiap bulannya dan masih akan terus bertambah.

Kepopuleran Podcast dipandang oleh para pengusaha sebagai salah satu media untuk memasarkan bisnis mereka. Media suara tersebut dipercaya bisa meningkatkan brand awareness mereka. Apakah benar demikian?

Podcast dapat menjadi alat pemasaran yang efektif untuk meningkatkan brand awareness

Menurut Forbes, Podcast menjadi populer berkat keberadaan smartphone. Kini, smartphone bisa dijangkau dengan mudah oleh semua orang karena harganya yang murah terutama di Indonesia. 44% masyarakat dunia telah menjadi pendengar setia dengan rentang usia mulai dari 18 tahun hingga 34 tahun pada tahun 2018.

Dalam research yang dilakukan oleh Dailysocial tentang Podcast User Research in Indonesia 2018, jumlah pendengarnya kebanyakan berusia dari 21 tahun hingga 24 tahun. Bisa dibilang, pendengarnya kebanyakan berasal dari generasi Millenial baik dalam maupun luar negeri.

Baca juga: 3 cara ampuh untuk social media marketing untuk B2B

Hal ini berhubungan dengan target generasi Millenial sebagai konsumer utama bisnis di zaman sekarang ini. Tentunya, momen tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk memasarkan bisnis mereka melalui Podcast.

Ada 2 alasan kenapa Podcast begitu digemari oleh banyak orang pada saat ini karena, mudah diakses serta pilihan kontennya yang lebih beragam. Tidak seperti radio, Podcast tersaji dalam berbagai macam konten yang dibuat oleh beragam Podcaster sehingga, orang-orang bisa bebas memilih konten yang mereka inginkan. Selain itu, faktor pemutar layanan juga memegang penting dalam meningkatkan tingkat popularitasnya. Spotify menjadi layanan paling populer di Indonesia dan digunakan banyak orang menurut Dailysocial pada tahun 2018.

Bagi pengusaha, Podcast bisa menjadi sarana pemasaran brand yang sesuai tujuan. Menurut business.com, para pendengar akan merasa lebih akrab ketika mendengarkan suara dan menghadirkan pengalaman yang berbeda. Selain itu, para pengusaha bisa memilih podcast yang dituju sesuai dengan keinginan mereka.

Tips memilih podcast untuk pemasaran brand

Dalam pemilihan media pemasaran yang baik, seorang pengusaha perlu memiliki beberapa pertimbangan untuk membantu mereka dalam memilih media yang benar. Untuk podcast, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan seperti berikut:

  • Data analytic
    Setiap podcaster pasti memiliki data analitik yang berisi data-data pendengarnya mulai dari jumlah, usia, lokasi, dan juga hal lainnya. Anda perlu meminta data analitik tersebut untuk melihat seberapa besar audience yang dimiliki. Selain itu, lihat faktor usia dan lokasi agar meningkatkan efektivitas Anda dalam mendapatkan pendengar yang tepat.
  • Pilih sesuai niche
    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memilih podcast dengan niche yang sesuai dengan brand Anda. Dengan begitu, pendengar-pendengarnya akan lebih nangkep dan Anda tidak akan kesulitan dalam memasarakan produk Anda.
  • Tanyakan ratenya
    Setiap podcaster memiliki pricing rate yang berbeda-beda. Anda perlu menanyakan pricing rate dari setiap Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan podcast yang tepat untuk pemasaran bisnis Anda.

Kesimpulan

Podcast bisa menjadi salah satu media pemasaran yang efektif dan bisa Anda manfaatkan untuk memperluas pemasaran brand Anda. Momen ini pas dengan munculnya sejumlah podcast yang sedang populer baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam pemilihannya, pastikan Anda memilih penyiar yang pas dengan niche bisnis Anda. Selain itu, data analytic bisa membantu Anda dalam memahami dan memprediksi tingkat efektivitas penyiaran bisnis Anda untuk kedepannya.

Rata-rata setiap podcaster memiliki daftar pricing yang berbeda-beda dan bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Tapi jika Anda membutuhkan platform invoice yang GRATIS, maka Anda bisa menggunakan Paper.id, platform bisnis dengan fitur invoice, inventaris dan akunting yang telah terintegrasi satu sama lain. Buat bisnis Anda lebih terorganisir dan mudah dengan Paper.id! Gunakan sekarang dan DOWNLOAD DISINI UNTUK MENDAPATKANNYA GRATIS!

(Visited 1.204 times, 1 visits today)