Persiapan & Cara Untuk Lapor SPT Perorangan dan Perusahaan

Paper.id Blog – Kalau kalian sedang melakukan transaksi baik itu online ataupun offline, pastinya kalian akan mendapatkan sebuah dokumen. Dimana isinya terdapat informasi seputar produk, barang atau jasa yang kalian beli.

Nah lalu apa sih itu? Hampir kebanyakan orang tidak mengenal apa itu proforma invoice. Secara umum, proforma invoice dan juga invoice memiliki peran yang sama dengan bisnis.

Kedua nya penting, karena keduanya merupakan sebuah faktur yang terkait dengan pengeluaran juga pemasukan dari sebuah transaksi.

Nah lalu apa sih itu Proforma Invoice dan bagaimana cara membuat proforma invoice yang baik dan benar. Berikut selengkapnya.

Baca Juga: 5 Strategi Cara Yang Tepat Untuk Menaikkan Harga Produk

Pengertian Proforma Invoice

Kebanyakan orang belum mengetahui apa itu proforma invoice. Secara umum, proforma invoice merupakan salah satu jenis faktur atau dokumen tagihan yang bersifat sementara.

Biasanya, faktur proforma ini akan diberikan kepada pelanggan yang sudah melakukan pembelian. Bedanya, faktur ini akan diberi sebelum barang yang dibeli tersebut diserahkan kepada pelanggan.

Jadi kesimpulannya, Proforma invoice merupakan sebuah dokumen invoice yang akan digunakan sementara, hal ini dikarenakan barang yang dibeli pelanggan akan dilakukan proses pengiriman terlebih dahulu secara bertahap atau terpisah.

Umumnya, proforma invoice ini bertujuan untuk memastikan jika penjual dan juga pembeli berada di satu posisi yang sama dalam hal perjanjian. Untuk penggunaan dari faktur proforma ini, pada dasarnya akan digunakan dalam suatu kegaitan bisnis.

Baca Juga:Cara Membangun Customer Experience dengan Efektif

Perbedaan Proforma Invoice dengan Invoice Biasa

Ketika kalian sudah tahu tentang Proforma Invoice, selanjutnya kalian harus tahu nih, perbedaan antara proforma invocie dengan invoice biasa. Kebanyakan orang pasti belum mengetahui perbedaan ini.

Invoice biasa dengan Proforma Invoice merupakan dua hal yang berbeda, Invoice pembeli sendiri merupakan sebuah dokumen yang bersifat resmi, dan biasanya dokumen akan dikirimkan atau dikeluarkan oleh penjual ketika transaksi telah selesai.

Sedangkan Proforma Invoice sendiri, merupakan suatu faktur ringkasan yang akan dikirimkan kepada pembeli atau pelanggan sebelum pengiriman barang atau jasa dilakukan. Proforma Invoice itu sendiri merupakan dokumen yang berisi tagihan, mulai dari jenis dan jumlah barang atau jasa yang telah dibeli oleh pelanggan.

Perbedaan yang paling mencolok antara proforma invoice dengan invoice itu sendiri adalah dalam hal pembuatannya. Jika catatan dari proforma invoice itu masih dalam bentuk draft saja, dan perlu adanya konfirmasi dari pembeli sehingga bisa diproses menjadi sebuah invoice. Beda halnya dengan invoice pembeli hanya akan langsung dikirim oleh penjual kepada pelanggan, dan tinggal menunggu para pelanggan membayar transaksi sesuai invoice yang diberikan.

Secara umum, untuk pembuatan proforma invoice itu sendiri dapat dilakukan dengan mudah secara manual, dengan menggunakan google documents atau Ms. Word. Namun apa jadinya kalau proforma invoice yang dibuat dalam jumlah banyak?.

Kalian bisa membuat proforma Invoice dengan mudah, cepat, dan minim kesalahan dengan menggunakan bantuan aplikasi invoice online dari Paper.id

Paper.id memberikan kemudahan dalam pembuatan invoice, hingga mengirim invoice. Yuk, buruan daftar sekarang juga, dan dapatkan kemudahan dalam membuat invoice, kalian bisa klik tombol dibawah ini!

(Visited 29 times, 1 visits today)