Membuat nota merupakan hal yang cukup sederhana untuk dilakukan, tapi bagaimana jika diharuskan membuat nota dalam jumlah banyak sekaligus? Tentu ini tidak lagi jadi perkara yang mudah. 

Namun, tidak perlu khawatir. Saat ini, dengan bantuan aplikasi nota digital, kamu bisa membuat nota dengan cepat dan praktis. Aplikasi nota adalah software untuk mencatat penjualan, pembayaran, pembelian, dan invoice.

Bukan hanya itu, kamu juga umumnya dapat memilih template faktur atau invoice, mencetaknya sendiri, menambahkan diskon, dan mengirimkannya langsung ke pelanggan dengan tanda tangan atau stempel digital.

Nah, dengan banyaknya opsi aplikasi yang ada, manakah yang terbaik? Temukan jawabannya di sini!

Baca Juga: Fungsi dan Jenis-Jenis Nota Dalam Transaksi Bisnis

1. Paper.id

Paper.id merupakan platform invoicing & pembayaran digital antar bisnis yang bisa digunakan di semua jenis usaha, mulai dari kecil, UMKM, hingga perusahaan besar. 

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang memang sangat membantu pebisnis dalam melakukan kegiatan operasional terutama dalam hal invoice. Kamu bisa membuat dan mengirim invoice dengan sangat mudah.

Invoice yang sudah dibuat bisa langsung ditagih secara online. Selain itu juga, jika ingin membubuhkan tanda tangan dengan e-meterai pada dokumen invoice, kamu bisa langsung membeli dan memasangnya secara digital.
Paper.id juga memiliki fitur untuk membantu dalam mengingatkan tagihan pembayaran ke customer, sesuai dengan waktu yang kamu pilih. Paper.id bisa diakses dan dipakai via website maupun aplikasi smartphone, baik untuk Android maupun iOS. Ingin mencoba langsung? Daftar terlebih dahulu di bawah ini, ya!

2. E-Nota

Aplikasi pembuat nota online selanjutnya adalah e-Nota yang dibuat oleh Canggih Software. e-Nota menawarkan beragam fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat nota penjualan dengan mudah. 

 e-Nota memiliki banyak kelebihan, termasuk fitur yang lengkap seperti pembuatan daftar nota dan omzet, daftar nota piutang, daftar barang dan harga. Dengan e-Nota, pengguna dapat melihat produk yang paling banyak terjual, menghitung potongan harga, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Untuk kekurangannya sendiri, pengguna harus mendownload aplikasi e-Nota terlebih dahulu di Google Play Store, karena e-Nota sendiri tidak tersedia dalam versi web. 

3. Zoho Invoice – Billing App

Untuk para freelancer dan pemilik bisnis kecil, aplikasi ini mungkin sangat sesuai. Zoho Invoice adalah aplikasi pembuat faktur online yang dapat membantu bisnismu. Fitur yang ditawarkan oleh Zoho Invoice meliputi pembuatan faktur dengan cepat, estimasi dan penawaran (termasuk diskon), pencatatan utang-piutang, proses pembayaran yang sederhana, serta laporan kinerja bisnis. Mengirim faktur ke pelanggan juga menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini. Kamu dapat mengakses aplikasi ini secara gratis melalui situs web, Google Play Store, dan App Store.

4. Invoice Maker & Billing App

Nota online melalui aplikasi Invoice Maker & Billing App dapat Kamu akses secara gratis melalui situs web resmi atau dengan mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store. Namun, untuk menikmati seluruh fitur, Kamu perlu berlangganan dengan biaya mulai dari 5 USD per bulan.

Aplikasi ini menyajikan beragam fitur, termasuk kuitansi, pesanan pembelian, penyimpanan otomatis yang dapat diunduh dalam format PDF, ekspor ke Excel, pengiriman melalui email, pembayaran online menggunakan kartu kredit dan PayPal, lebih dari 100 desain template invoice yang dibuat oleh profesional, identifikasi invoice yang sudah dan belum dibayar, serta sinkronisasi otomatis antara pembuat invoice dengan akun beranda aplikasi, dan masih banyak lagi.

5. InvoiceBerry

InvoiceBerry adalah aplikasi nota yang mencatat semua kegiatan usaha kecil menengah dan para freelancer.

Semua aktivitas bisnis terpantau dalam satu aplikasi, termasuk identitas konsumen yang telah melakukan pembayaran. Untuk konsumen yang belum membayar, notifikasi pengingat akan muncul secara otomatis dengan interval tertentu.

InvoiceBerry memiliki fitur pembuatan, pengeditan, dan pengiriman struk, semua dapat diakses dari satu panel. Aplikasi ini juga memungkinkan lampiran pelaporan daftar konsumen pada periode tertentu dan laporan pengeluaran usaha, yang memberikan gambaran biaya terbesar yang telah dikeluarkan. Selain itu, InvoiceBerry mendukung pembayaran online melalui PayPal, WePay, Stripe, dan Square.

Baca Juga: Apa Perbedaan Nota dan Kwitansi? Simak Selengkapnya

6. Invoicera

Invoicera membantu bisnismu dalam pembuatan faktur yang lebih terlihat profesional.

Aplikasi invoice ini secara otomatis menciptakan faktur yang kontinu, dilengkapi dengan fitur keamanan tiga lapis dan laporan analisis yang komprehensif.

Invoicera menawarkan kemampuan pengaturan template faktur bisnis sesuai dengan transaksi dan dapat menghitung diskon serta kredit dalam penjualan barang atau jasa.

Harga penggunaan Invoicera dimulai dari $15 per agen per bulan, mencakup 100 konsumen dan menyediakan berbagai fitur menarik lainnya.

7. Invoice Simple

Invoice Simple adalah aplikasi pembuatan nota toko online yang memungkinkan pengiriman faktur dan tagihan langsung ke konsumen.

Semua aktivitas bisnis dapat tercatat dan dikelola langsung melalui smartphone Anda. Dalam versi terbaru, aplikasi ini menawarkan fitur-fitur pendukung lebih banyak, termasuk pembayaran melalui kartu kredit, kartu debit, dan cek.

Anda dapat mengkustomisasi format buku nota sesuai dengan kebutuhan bisnis dan menambahkan syarat faktur sendiri. Invoice Simple memberi pemberitahuan ketika nota tagihan telah dibaca oleh konsumen dan menyediakan daftar nomor telepon pelanggan.

Harga penggunaan aplikasi ini dimulai dari $2 per bulan. Ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi nota online yang dapat membantu aktivitas bisnismu. 

Nah, itulah 7 Aplikasi nota yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat, dan diharapkan kamu dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Prosesnya menjadi semakin mudah, sederhana, dan praktis sesuai dengan kebutuhan transaksi jual beli yang dilakukan. Yuk, pakai aplikasi nota untuk memperlancar bisnismu!

Alfian Dimas