Aggregator adalah pengepul yang mengumpulkan berbagai pihak ataupun sistem yang digunakan untuk mendukung berjalannya bisnis mereka.

Nah, agregator terdiri dari berbagai macam jenis, salah satunya adalah aggregator logistik yang telah terhubung dengan sejumlah jasa pengiriman barang. 

Mau tahu selengkapnya mengenai agregator logistik?  Yuk! Langsung kita simak aja penjelasannya di artikel ini.

Apa Itu Aggregator Logistik? 

Aggregator logistik adalah penghubung antar pelaku usaha logistik lainnya atau jasa pengiriman barang ke dalam satu platform.

Sehingga, kamu bisa memantau kegiatan atau aktivitas pengiriman barang dari satu tempat saja, meskipun  jasa ekspedisi yang digunakan berbeda.

Umumnya, platform Aggregator logistik menawarkan platform yang sederhana, seragam, dan efisien supaya dapat  melakukan monitor terhadap pengiriman pesanan. Mulai dari, pelacakan proses pengiriman dari berbagai perusahaan pengiriman hanya dalam satu sistem.

Baca juga: Apa Itu Forecasting, Tujuan, dan Strategi Pengelolaan Stok Barang

Manfaat Aggregator Logistik Pada Bisnis

1. Dapat mempermudah pengelolaan bisnis

Penerapan sistem aggregator logistik dapat membantu kamu untuk mengurus pengiriman, pergudangan, atau transportasi secara efisien agar lebih menghemat waktu dan tenaga.

2. Menghemat biaya logistik

Ternyata  penggunaan platform aggregator dapat membantu mereka mengurangi biaya logistik secara keseluruhan. Karena semuanya bisa dilakukan hanya melalui satu sistem saja. 

Bahkan ada aggregator yang sudah terhubung dengan sistem omnichannel.

3. Kemudahan penggunaan

Sistem platform sudah dirancang sangat sederhana, seragam, dan tentu saja praktis agar mudah digunakan. 

Jadi, kamu hanya perlu menggunakan satu platform saja untuk mengurus segala kebutuhan penyimpanan hingga pengiriman barang ke customer.

4. Meningkatkan pelayanan customer

Dengan layanan aggregator logistik, proses pelacakan dan pemantauan pesanan jadi jauh lebih praktis. Sebab, pihak aggregator logistik memiliki posisi sebagai pihak ketiga antara bisnis kamu dengan pihak jasa ekspedisi. 

Dengan begitu, ketika ada masalah dalam pengiriman seperti keterlambatan, pihak aggregator akan bantu melakukan follow up

Baca juga: Pahami Pentingnya Manajemen Persediaan dan Cara Optimalkan untuk Bisnis

Atur Pengiriman Barang Pakai Jubelio Shipment

Rekomendasi agregator logistik yang ada di Indonesia adalah Jubelio Shipment.

Jubelio Shipment adalah platform pengiriman yang membantu kamu terhubung dengan banyak partner jasa pengiriman sehingga memudahkan dalam operasional bisnis khususnya pengiriman seperti jadwal pick-up, mendapatkan no. resi (airway bill) secara otomatis, pengiriman barang, tracking pesanan, membatalkan pengiriman dan banyak lainnya. 

Beberapa keuntungan menggunakan Jubelio Shipment, diantaranya:

  • Terintegrasi berbagai jasa pengiriman. 
  • Melacak status pengiriman. 
  • Resi Otomatis tanpa perlu menunggu nomor resi dari ekspedisi.
  • Melihat detail kronologi pengiriman (history of shipment
  • Dapat membagikan tracking link ke customer
  • Kesempatan mendapatkan cashback dan voucher

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini ya. 

1. Berbagai macam pilihan jasa pengiriman

kurir shipment

Di Jubelio Shipment sudah tersedia banyak jasa kirim barang yang dapat kamu pakai, seperti JNE, Grab Express, Gosend, Anteraja, Si Cepat, SAP Express, Lion, Ninja, JNT, dan masih banyak lagi.

Selain tersedia beragam jasa ekspedisi, kamu juga bisa memilih jasa kirim yang ingin kamu aktifkan sekaligus layanan pengirimannya, seperti pengiriman reguler, instant, sameday, maupun cargo.

2. Monitoring pesanan

dashboard Jubelio Shipment

Kedua, pada dashboard Jubelio Shipment kamu bisa melakukan rekapitulasi keseluruhan pesanan beserta  informasi yang diperlukan seperti nomor resi, nomor order, layanan pengiriman, dan kurir. 

Kamu dapat melihat semua data pengiriman yang dilakukan dan sedang berlangsung dengan berbagai status pengiriman barang.

Mulai dari, proses pengambilan dan pengiriman barang ke customer, pesanan yang sedang dalam penjemputan kurir, sampai kondisi pesanan yang ditahan oleh pihak jasa pengiriman.

Misalnya customer tidak dapat dihubungi, customer tidak ditempat, pengiriman tertahan karena cuaca buruk atau permintaan penundaan pengiriman dari customer.

3. Lacak dan riwayat pengiriman

dashboard lacak dan riwayat pengiriman

Fitur yang ketiga, Jubelio Shipment mempermudah kamu untuk melacak pengiriman dan melihat riwayat pengiriman secara rinci dan real-time.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui pergerakan posisi dari barang yang dikirim, apakah sudah sampai ke customer atau belum.

Kelebihan dair agregator logistik ini juga tersedia History Tracking yang bisa kamu gunakan untuk tahu posisi barang.

Jika kamu ingin melihat status pengiriman barang sudah bisa diketahui dari dashboard secara langsung dan menyediakan link tracking yang bisa dibagikan ke customer.

Contohnya, status barang sudah di pick up, paket sampai di gudang ekspedisi, hingga paket dikirimkan oleh kurir ke customer.

Baca Juga: Warehouse Management System: Pengertian, Proses, dan Rekomendasi

Itu dia penjelasan mengenai aggregator, semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan yang dapat membantu bisnismu.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Jubelio

Muhamad Dika Wahyudi