Pembayaran yang terlambat dari customer cenderung memiliki efek merambat ke seluruh proses bisnis. lho. Makanya, kamu perlu punya strategi untuk membuat customer mau membayar lebih cepat. Terutama pada industri B2B, ketika satu bisnis membayar bisnis lain terlambat, bisa berdampak pada seluruh rantai pasokan.

Menawarkan opsi pembayaran yang fleksibel adalah cara yang baik untuk mendorong pembayaran yang lebih cepat dan menunjukkan kepedulian terhadap customer yang tidak dapat membayar jumlah tagihan penuh tepat waktu, terutama jika bisnis customer menghadapi tantangan keuangan.

Untuk itu, diperlukan teknologi seperti platform pembayaran terintegrasi dan alat piutang otomatis untuk menawarkan opsi pembayaran tanpa mengganggu arus kas bisnis. Teknologi ini memungkinkan customer untuk membayar lebih cepat.

Berikut adalah tips-tips yang dapat kamu gunakan untuk membuat tagihan kamu dibayar lebih cepat:

Opsi Pembayaran yang Fleksibel

Cara pertama yang bisa kamu tawarkan kepada customer agar mereka membayar tagihan lebih cepat adalah menawarkan opsi pembayaran yang lebih fleksibel.

Sebagai contoh, bisa terima pembayaran lewat berbagai metode sehingga memberikan kebebasan customer sesuai dengan preferensinya. Mulai dari menawarkan opsi pembayaran dengan transfer bank, kartu kredit, dompet digital, hingga marketplace.

PaperPay In

Baca juga: 10 Jenis Pembayaran Digital Hingga Manfaatnya Buat Bisnis

Pakai Buy Now, Pay Later

Kelebihan utama dari fitur buy now pay later ini adalah customer kamu bisa menjual lebih banyak produk dan kamu sebagai supplier bisa mendapatkan pembayaran tepat waktu.

Lalu, kamu serahkan pihak ketiga yang terpercaya untuk menilai, menanggung risiko keuangan, dan memberimu kepastian lebih atas arus masuk uang kamu.

Pembayaran Angsuran

Tawarkan customer kamu akses ke rencana pembayaran yang realistis melalui kerangka kerja BNPL. Ketika menawarkan angsuran ke mereka, kamu jangan lupa untuk memeriksa kapan deadline pembayaran sehingga kamu memiliki kontrol yang lebih baik atas arus kas bisnis kamu.

Kirim Pengingat Pembayaran ke Customer Secara Teratur

Salah satu strategi yang cocok untuk membuat customer membayar lebih cepat adalah dengan mengirim reminder kepada mereka dan menanyakan tentang masalah yang dihadapi mengenai pembayaran. Bukan hanya mengirim notifikasi pembayaran ke customer yang terlambat saja, tetapi kamu juga bisa mengirim reminder bahwa tenggat waktu akan segera tiba.

Pengingat otomatis dari sistem invoice juga akan terasa lebih ramah (tidak terkesan memaksa) dan membantu. Alat digital tersebut bisa mengirimkan pesan teks atau email untuk mengingatkan customer agar pembayaran segera dilakukan.

Berganti Menggunakan Invoice Digital

Salah satu alasan utama mengapa customer sering kali tidak membayar tepat waktu adalah karena keterlambatan pengiriman invoice. Dengan menggunakan invoice digital, masalah tersebut bisa diatasi karena invoice akan dikirimkan secara otomatis kepada customer segera setelah pesanan dibuat.

Baca juga: 10 Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik! Bisa Kalian Pakai GRATIS!

Untuk mengatasi ini, solusinya pakai saja Paper.id. Platform pembuatan invoice digital dan pembayaran antar bisnis ini menawarkan kemudahan untuk membuat, mengirim, hingga memantau invoice yang dikirim secara real-time.

Secara praktis, kamu bisa kirim invoice baik via WhatsApp, SMS, maupun Email. Menariknya lagi, kamu bisa pakai fitur invoice reminder untuk memberikan pengingat otomatis kepada customer untuk invoice yang belum lunas.

Bagaimana, menarik sekali bukan? Maka dari itu, segera daftarkan bisnis kamu sekarang juga dan nikmati semua fitur yang tersedia dengan cara klik tombol di bawah ini secara gratis!

Daniel Nugraha