Seiring dengan perkembangan teknologi baik di Indonesia maupun di seluruh dunia, Software As a Services (SaaS) merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi tersebut yang diciptakan untuk kemajuan dan kebutuhan bisnis. Dengan perkembangan software tersebut banyak aplikasi terbentuk dalam perkembangan teknologi yang semakin praktis, fleksibel, cepat, dll. 

Salah satu contoh dari alat ini dapat berupa CRM yang mempunyai peran penting dalam pengelolaan bisnis serta penjalinan hubungan bisnis dengan customer. Hal ini dapat mencakup pengumpulan, penyimpanan, serta pengelolaan informasi tertentu mengenai customer yang kemudian membentuk pelayanan atau tindakan yang dilakukan bisnis tersebut. Namun, apakah yang dimaksud dengan Aplikasi CRM secara spesifik? Serta apakah fungsi atau manfaat dari penggunaan aplikasi/software CRM dalam pengembangan bisnis masa kini?

Apa yang dimaksud dengan Aplikasi CRM?

Dilansir dari Investopedia, secara umum CRM (Customer Relationship Management) dapat diartikan sebagai suatu strategi dalam lingkup bisnis untuk mengumpulkan data mengenai target konsumen dari bisnis tersebut. Hal ini dapat berupa karakteristik, kebutuhan, serta perilaku konsumen dalam upaya menyesuaikan pelayanan yang optimal sesuai target dan meningkatkan pemahaman serta mempertahankan hubungan dengan customer. Menggunakan aplikasi CRM tidak hanya dapat diimplementasikan untuk perusahaan berskala besar, melainkan bisnis UMKM pun dapat menggunakan aplikasi CRM untuk merekap data klien dan mendapatkan insights.

Aplikasi CRM secara dasar tetap memiliki fungsi utama seperti yang dijelaskan sebelumnya, namun strategi bisnis ini dibentuk sebagai sebuah software agar penggunaanya bersifat lebih praktis. Aplikasi ini sangat penting dalam bisnis untuk mengelola dan mengakses informasi seperti riwayat pembelian, preferensi, ataupun interaksi atau aktivitas lainnya. 

Informasi ini kemudian dapat dikelola dalam membantu suatu bisnis untuk memahami target customer secara lebih baik serta memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman atau pelayanan yang relevan dengan individu. Ini lalu dapat menciptakan hubungan loyalitas dengan konsumen, menciptakan komunikasi atau retensi serta meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis tersebut. Tidak heran bahwa informasi yang terdapat di CRM memang sangat membantu pengusaha terutama yang sedang membangun startup, bahkan tidak heran jika kurangnya data dan insights karena tidak menggunakan CRM justru dapat menyebabkan startup gagal.

Selain mengelola data/informasi mengenai customer, Aplikasi CRM tentunya juga meningkatkan efisiensi operasional bisnis melalui pemanfaatan fitur-fitur yang dimiliki dalam mengoptimalkan bisnis. Sehingga tidak heran bahwa aplikasi ini dianggap sebagai alat penting bukan hanya dalam meningkatkan relasi dengan customer tetapi juga sebagai cara mengoptimalkan bisnis secara menyeluruh.

Baca juga: CRM (Customer Relationship Management): Perlukah untuk Bisnis?

Fungsi dari Penggunaan Aplikasi CRM

Berdasarkan pemahaman tersebut, penggunaan Aplikasi CRM tentunya memiliki berbagai manfaat berdasarkan fitur-fitur dan kegunaannya terhadap bisnis. Beberapa manfaat utama dari Aplikasi CRM sebagai berikut:

  • Meningkatkan kemudahan untuk memantau aktivitas penjualan dengan menggunakan fitur-fitur untuk mengumpulkan informasi dan menganalisa data baik mengenai bisnis maupun tentang pelanggan mereka.
  • Mempermudah manajemen informasi atau data terutama mengenai perilaku Klien
  • Meningkatkan efisiensi operasional bisnis dengan memungkinkan bisnis untuk mengelola data dengan mudah, serta pengaksesan yang praktis sehingga bisnis dapat lebih meningkatkan efektifitas kinerja dan menghemat waktu.
  • Membangun dan mempertahankan komunikasi atau relasi dengan customer

Top 10 Aplikasi CRM 

Setelah memahami pengertian Aplikasi CRM secara lebih mendalam, berikut merupakan beberapa Aplikasi CRM yang paling praktis dalam mempermudah pengelolaan atau Rekap Data dari customer.

1. Pipedrive

Pipedrive merupakan salah satu aplikasi CRM yang seringkali direkomendasikan dalam mengoptimalkan bisnis melalui software dan fitur-fitur CRM yang disediakan. Aplikasi ini bukan hanya menyediakan aplikasi yang fokus kepada CRM saja tetapi juga untuk meningkatkan penjualan. Fitur-fitur yang disediakan meliputi:

  • Reporting: menyediakan pelaporan dan rekap data bisnis
  • Lead Management: pelacakan komunikasi dan aktivitas Klien
  • Desktop & Mobile User Integration: memungkinkan aplikasi CRM dengan platform lainnya
  • Contact & Account Management: Fitur yang mengelola dan menyimpan informasi dalam satu database
  • Customer Support: memberikan pelayanan dukungan bagi bisnis

2. Hubspot

Aplikasi CRM Hubspot dikatakan sebagai salah satu aplikasi CRM yang seringkali direkomendasikan dengan bisnis pemula dengan interface yang mudah dipahami, menyediakan fitur-fitur tertentu secara gratis, serta tetap memiliki fitur yang lengkap dalam mengoptimalkan bisnis. Beberapa fitur berupa:

  • Menyediakan Live Chat dan Chat Bot
  • Mengoptimalkan marketing, pemasaran, dan jualan bisnis
  • Membantu untuk pelaporan dan analisis data
  • Kontak Manajemen dengan Klien
  • Pelacakan Aktivitas Klien

3. Salesforce

Salesforce juga merupakan salah satu aplikasi CRM yang populer dalam menyediakan layanan pelanggan, otomatisasi pemasaran, dan analisis data serta informasi. Aplikasi juga memberikan kemudahan dalam mengintegrasikan ke aplikasi lain, pelacakan prospek, serta pengelolaan informasi interaksi pelanggan.

  • Cloud Based Operations: mencakup penggunaan Cloud untuk mengoptimalkan penjualan/sales, marketing, serta komunikasi dengan pelanggan
  • Sales Platform dan App Exchanger: Mendapat informasi mengenai pelanggan dan penjualan.
  • Collaborative Chat: Dapat mengadakan diskusi atau kolaborasi dengan tim

4. Zoho

Zoho sebagai aplikasi CRM memiliki banyak fitur dalam mendorong pertumbuhan bisnis serta meningkatkan hubungan bisnis dengan klien. Aplikasi menyediakan berbagai sejumlah alat CRM serta fitur dalam perkembangan bisnis seperti:

  • Workflow Automation: Menyediakan analisis proses pengoperasional bisnis 
  • Integration: Mudah diintegrasikan
  • Sales Performance: menyediakan berbagai fitur dalam manajemen kontak dengan pelanggan, penjualan, kampanye, dan pelaporan
  • Harga terjangkau

5. Freshsales

Freshsales menawarkan fitur yang mudah digunakan dan  berguna untuk penjualan dan manajemen prospek. Aplikasi ini membantu tim penjualan  melacak prospek, mengelola kontak, dan mengatur aktivitas penjualan secara efektif, serta melacak aktivitas pelanggan, mengelola prospek, dan mengintegrasikan dengan aplikasi lain. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur perpesanan dan telepon, sehingga memudahkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur-fitur meliputi:

  • Reporting & Analytics: Menyediakan laporan dan analisis data
  • Manajemen sales: Memberikan rekap dan mengelola data sales
  • Lead Management: Mengelola interaksi pelanggan
  • Contact & Account Management: menyimpan data dan informasi pelanggan pada satu database
  • Menyediakan Call Center
  • Desktop Integration

Baca juga: 5 Manfaat Customer Relationship Management (CRM) Tool, Lebih dari Menjaga Relasi dengan Customer

6. Microsoft Dynamics

Microsoft Dynamics merupakan software yang membantu dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya serta CRM bisnis. Aplikasi ini sangat populer dengan berbagai fitur yang membantu manajemen penjualan, pelanggan, akuntansi, manajemen proyek, dll. Beberapa fitur yang ditawarkan berupa:

  • Otomatisasi Dokumen: Mempermudah pembuatan dokumen Excel, Word, dan Outlook langsung dalam sistem CRM
  • Cloud Sharing: Dapat dihubungkan dengan Cloud seperti OneDrive dan SharePoint sehingga memudahkan kolaborasi tim dan koordinasi
  • Sales Force Automation: Melakukan penjualan produk dan billing atas customer
  • Marketing Capabilities: mempermudah integrasi antara CRM dan Marketing
  • Customer Relationship Management: membantu manajemen informasi atau data-data terkait customer
  • Increase Productivity: Memberikan laporan atas produktivitas bisnis
  • Customer Service Tracking: Mempermudah pelacakan performa pelayanan bisnis

7. Sugar CRM

SugarCRM memiliki berbagai fungsi termasuk otomatisasi tenaga penjualan, kampanye pemasaran, layanan pelanggan, serta pelaporan dan analisis. SugarCRM memberikan fleksibilitas dan kebebasan untuk beradaptasi dengan kebutuhan bisnis. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat memberikan solusi CRM suatu bisnis secara lebih spesifik. Beberapa fitur meliputi:

  • Interface yang mudah dipahami
  • Contact & Account Management Klien
  • Integration
  • Customer Service
  • Reporting and Analytics

8. Agile

Agile CRM adalah aplikasi CRM yang dirancang untuk membantu bisnis meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat  kampanye iklan dan pemasaran email secara otomatis serta memberikan keamanan atas kebocoran data. Fitur lainnya dapat berupa:

  • Manajemen Kontak Klien
  • Project Management
  • Pelaporan dan Analisis data
  • Mobile Integration

9. Insightly

Insightly adalah aplikasi CRM yang berfokus pada  kontak, penjualan, dan manajemen proyek. Aplikasi ini membantu mengatur data pelanggan dan mengoptimalkan proses penjualan dengan fitur sederhana namun efektif. Insightly juga dapat digunakan untuk membuat email marketing dan kampanye iklan secara otomatis.

10. BitrixQ24

Bitrix24 adalah aplikasi CRM yang mencakup fitur manajemen proyek, komunikasi tim, dan  kolaborasi. Tentunya sebagai aplikasi CRM, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk melacak aktivitas pelanggan, mengelola prospek, dan berintegrasi dengan alat penjualan lainnya. Bitrix24 juga dilengkapi dengan fitur analisis data  untuk membantu bisnis menganalisis data penjualan dengan lebih mudah. Software-nya juga berbasis online atau cloud sehingga mudah untuk diterapkan dan digunakan.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Store2GO

Daniel Nugraha