Sektor pertanian sudah pasti merupakan tulang punggung masyarakat di seluruh dunia. Banyak dibutuhkan, tak semua mampu memproduksi pertanian dengan melimpah dan berkualitas. Di Indonesia, sektor pertanian justru merupakan salah satu sektor yang paling besar kontribusinya terhadap pendapatan negara, yaitu 13,28%. Tak heran, karena negara ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Namun, pertanyaannya adalah, apakah kamu selalu mendapatkan produk yang berkualitas dan sehat?

PT Dahara Cipta Mandiri, di bawah kepemimpinan Ibu Diana Fitria, menjawab tantangan ini dengan mengubah paradigma pertanian dan memproduksi sayuran dan buah organik yang berkualitas tinggi untuk disuplai baik ke dalam maupun luar negeri, lho!

Perusahaan yang berkantor pusat di Bogor ini mampu terus bersaing dan berkembang di tengah persaingan sayur dan buah organik yang cukup kompetitif. Ternyata, kuncinya bukan hanya di produk, tetapi juga bagaimana ia mengelola bisnisnya dengan cerdas, menggunakan teknologi yang membuatnya lebih efektif lagi dengan Paper.id, hingga membuatnya berkembang pesat. Bagaimana kisahnya?

Baca Juga: Kiat Sukses Tunas Jaya Manggala Berjualan Telur Dengan Cara Inovatif

Mengenal PT Dahara Cipta Mandiri

PT Dahara Cipta Mandiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Mereka tidak hanya fokus pada penanaman tanaman saja, tetapi juga mencakup aspek on-farm dan produk olahan pertanian.

Saat ini, produk utama mereka meliputi tomat, buncis, kacang panjang, dan lain-lain. Yang membedakan mereka dengan yang lain adalah pendekatan kolaboratif yang erat dengan petani lokal di berbagai wilayah, termasuk Jasinga Bogor, Lembang Bandung, hingga Sukabumi.

Maka dari itu, produksi tanaman disesuaikan dengan karakteristik dan kondisi lahan yang berbeda. Sebagai contoh, di Lembang, mereka fokus pada tanaman yang tumbuh baik di ketinggian seperti sawi putih, lobak, serta sayur-sayuran Korea seperti selada dan bok choy.

Selain itu, PT Dahara Cipta Mandiri ini juga bukan hanya berperan sebagai eksekutor dalam bisnis pertaniannya, tetapi juga sebagai jaringan sistem yang menghubungkan semua elemen, termasuk mengurus pemasarannya yang menjadi salah satu kunci kesuksesan PT Dahara Cipta Mandiri.

Ibu Diana dan tim dipekerjakan oleh pemilik lahan untuk mengelola,  mengembangkan, dan mengurus hasil panen. Pembagian keuntungan akhirnya akan dibagi dengan komposisi 65% untuk PT Dahara Mandiri dan 35% untuk pemilik lahan.

Tidak lupa juga, Ibu Diana menjelaskan mengenai target pasarnya, salah satunya E-Commerce sayuran dan buah-buahan. Menariknya, mereka juga memberikan customer kesempatan untuk melihat langsung bagaimana produk mereka ditanam agar meyakinkan mereka juga beralih ke produk organik.

Mengapa Sayuran Organik dan Apa Tantangannya?

Jawabannya sederhana, Ibu Diana menyoroti permasalahan pada kualitas produk konvensional. Sayuran dan buah-buahan seringkali mengalami penanganan berulang dan memastikan harus segar sebelum akhirnya sampai di tangan customer, yang berdampak pada umur produk yang singkat, hanya bertahan beberapa hari saja.

Namun, dengan metode organik, buah dan sayur bisa bertahan sampai seminggu, bahkan hingga dua minggu lho dalam kondisi yang sama. Ini berarti lebih sedikit pestisida dan lebih sedikit peluang produk yang cepat busuk.

Meskipun demikian, pertanian organik juga tidak luput dari tantangan. Salah satu pengalaman yang dibagikan oleh  Ibu Diana ketika mencoba mengirim pare kering untuk pabrik jamu. Setelah melalui proses yang panjang, ternyata zat aktif yang dibutuhkan tidak terdeteksi dalam uji laboratorium. 

Setelah diselidiki lebih lanjut, mereka menemukan bahwa masalahnya ada pada kualitas tanahnya. Ini memaksa mereka untuk memulai dengan memperbaiki lahannya terlebih dahulu, sebelum melanjutkan penanaman. Untuk itu, pada akhirnya ini jadi bagian dari komitmen mereka untuk menjaga pertanian mereka berkelanjutan.

Makna Bisnis Bagi Ibu Diana

Ibu Diana tidak semata berfokus pada hal-hal materiil dalam berbisnis. Baginya, bisnis bermakna lebih dari itu.

“Bisnis itu bukan sekadar cari cuan, tetapi juga cara bersilaturahmi. Dari bisnis, kita bisa bermanfaat bagi orang lain.”

– Diana Fitria, Founder PT Dahara Cipta Mandiri

Ibu Diana memahami bahwa keberhasilan dalam bisnis tidak hanya diukur dengan angka-angka keuangan, tetapi juga dengan dampak positif yang bisa dibawa kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Itulah mengapa ia selalu berkomitmen untuk menjadikan bisnisnya sebagai alat untuk menciptakan perubahan yang positif. Terlebih, ketika semangatnya menurun, ia selalu minta do’a dari kedua orang tuanya dan mengingat bahwa doa-doa tersebut akan selalu mengalir di setiap kegiatannya.

Paper.id Membantu Operasional PT Dahara Cipta Mandiri

Awalnya, PT Dahara Cipta Mandiri melakukan proses administrasi secara manual. Terlebih, ketika seorang staf administrasi mereka resign, Ibu Diana harus kerja sendiri dan sesegera mungkin mencari solusi untuk mengatasi hal itu. 

Pada saat itulah, bu Diana searching di Google mana platform yang memang bisa bikin invoice. Ketemulah dengan Paper.id, bu Diana mulai mempelajari dan mendalami fitur-fitur yang tersedia, termasuk untuk bayar supplier, tagih dan terima pembayaran dari customer.

Mulai dari sanalah, Ibu Diana memberikan ajakan untuk para pebisnis lainnya, jika masih melakukan proses administrasi secara manual, Paper.id bisa menjadi solusi yang sangat bermanfaat. Bahkan di sektor jasa, platform ini telah terbukti sangat berguna.

PT Dahara Cipta Mandiri dan Ibu Diana adalah contoh nyata bagaimana bisnis bisa menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat. Dengan komitmen pada pertanian organik, semangat untuk memberikan manfaat, dan tentunya menggunakan Paper.id, mereka telah membantu mengubah paradigma pertanian dan memberikan produk yang lebih baik bagi kita semua.

Baca juga: Kisah Sukses: Meraup Untung dengan Jualan Makaroni Dungdung

Nah, itu dia kisah sukses dari PT Dahara Cipta Mandiri yang berhasil mengubah paradigma pertanian dan memproduksi sayuran dan buah organik yang berkualitas tinggi. Semoga bagi kamu yang masih atau sedang struggle di dunia bisnis bisa terinspirasi, ya!

Sebagai pesan, Ibu Diana memberikan beberapa tips berharga untuk pengusaha lainnya. Pertama, jaga selalu kepercayaan dan tetap silaturahmi. Kedua, istimewakan semua orang, karena rezeki bisa datang dari berbagai arah.

Jadi, kamu sudah menggunakan Paper.id belum? Jika belum, yuk, segera daftarkan bisnismu dan nikmati semua fitur-fitur yang tersedia. Ayo maju bersama PT Dahara Cipta Mandiri sekarang!

Muhamad Dika Wahyudi