Dengan Paper.id, klien dapat tambahan tempo 45-90 hari, sementara kami terima dana dalam waktu hanya H+1

Naradipa Poniman (Co-Founder Three Folks)

Ketika berbicara tentang pengelolaan bisnis, terutama dalam lingkungan B2B (Business-to-Business) yang serba dinamis, inovasi digital menjadi salah satu kunci utama untuk menjaga kelancaran cash flow bisnis.

Menurut studi dari Mastercard dengan judul The Impact of Digital Payments on Cash Flow pada 2021 menyatakan bisnis yang menggunakan platform digital untuk manajemen cash flow memiliki rata-rata 20% lebih sedikit hari penjualan yang tertunggak/DSO (Days Sales Outstanding). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital dalam pembayaran dan manajemen keuangan bisa membantu bisnis mengurangi waktu tunggu pembayaran dari customer.

Manfaat inipun dirasakan oleh Three Folks, sebuah perusahaan distributor kopi dan es krim ini sukses dalam menghadapi tantangan B2B, khususnya masalah ketepatan waktu pembayaran dari buyer, baik grosir maupun retail. Setelah menggunakan Paper.id, kini mereka bisa menerima pembayaran maksimal H+1, sementara klien-kliennya bisa membayar dalam tempo 45-90 hari.

Penasaran bagaimana perjalanan sukses Three Folks memanfaatkan Paper.id? Yuk, simak selengkapnya di bawah!

Makin Kenal dengan Three Folks

Mengenal Three Folks

Three Folks merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh Pak Naradipa Poniman bersama dua orang sahabatnya, Pak Dave Setiaputra dan Pak Kuncoro Wibowo. Bergerak di bisnis F&B (Food and Beverage), Three Folks menjelma menjadi perusahaan dengan tiga lini utama, yakni bahan baku kopi dan pabrik es krim untuk B2B serta coffee shop untuk B2C.

Bermula sebagai kedai kopi sederhana pada 2017, seiring berjalannya waktu, kini Three Folks bisa memenuhi kebutuhan penjualan kedai kopinya sendiri dan sukses berbisnis di sektor B2B sebagai supplier ke distributor dan kedai kopi lainnya.

Untuk penjualan kepada perusahaan lainnya (B2B), mereka menjualnya kepada beberapa perusahaan seperti kedai kopi, distributor, dan lainnya. Untuk penjualan ke customer langsung (B2C), Three Folks menjual produknya melalui E-Commerce dan WhatsApp.

Mereka menawarkan kedai kopi dengan suasana nyaman untuk ngopi santai dengan menyediakan beragam hidangan. Sampai dengan saat ini, Three Folks sudah memiliki tiga cabang yang tersebar di Jakarta, di antaranya di Puri Pesanggrahan, Lebak Bulus, dan Cideng.

Baca juga: Bagaimana Paper.id Membantu Cash Flow Nasi Kulit Mak Judes Lancar?

Tantangan Cash Flow yang Dihadapi Three Folks

Produk Three Folks

Tantangan memang menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan menuju kesuksesan bagi individu maupun bisnis, termasuk bagi Three Folks. Namun, tantangan ini menjadi bahan bakar bagi Three Folks untuk terus tumbuh dan berkembang hingga di titik sekarang.

Seperti bisnis-bisnis yang tengah tumbuh lainnya, masalah cash flow pun jadi momok bagi Three Folks. Pembayaran telat dari tempo yang telah disepakati yang berasal dari klien B2B dan kebutuhan modal besar untuk pembelian bahan baku kerap menghantui Pak Naradipa.

Cash flow adalah masalah utama kami,” ungkap Pak Nara. “Tempo pembayaran yang panjang mulai dari 30 hingga 45 hari dari klien-klien besar membuat kami kesulitan untuk membeli bahan baku dan menjalankan operasional bisnis.”

Bayangkan saja, keterlambatan pembayaran dampaknya bisa merambat ke berbagai aspek bisnis. Pertama, kesulitan dalam membeli bahan baku. Produksi terhambat, dan kualitas produk jadi terancam. Hal ini bisa mencoreng reputasi Three Folks dan mengecewakan customer setia mereka.

Tidak hanya itu, operasional bisnis pun tak luput dari dampaknya. Ketidakmampuan untuk membayar gaji karyawan, tagihan, dan biaya operasional bisnis lainnya bisa memicu kekacauan dan menurunkan moral tim. Kepercayaan mitra pun terancam, dan citra Three Folks sebagai perusahaan yang terpercaya juga dipertaruhkan.

Ternyata, segala permasalahan bisnis ini mampu dijawab oleh Paper.id.

Paper.id Solusi Kelancaran Cash Flow Three Folks

Founder Three Folks

Bercerita dari pengalaman langsung salah satu Co-Founder Three Folks, yaitu Pak Naradipa, ia akhirnya menemukan Paper.id sebagai solusi yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan bisnis B2B-nya.

Semuanya dimulai saat sedang berbagi pengalaman dengan teman-temannya, yang juga memiliki bisnis serupa dan mengalami masalah yang sama. Mereka berbagi tips bagaimana untuk mengatasi tantangan cash flow dalam bisnis B2B.

Sampai pada akhirnya, salah satu temannya menyebutkan bahwa Paper.id menjadi salah satu jawaban untuk tantangan dalam bisnis B2B, termasuk dalam hal cash flow, yang menyediakan layanan AP (Account Payable) dan AR (Account Receivable) Financing.

Get Paid Faster

Buat kamu yang belum tahu, Paper.id sebagai platform pembayaran antar bisnis menyediakan fitur Financing, baik untuk AP maupun AR. Di Paper.id, untuk AP Financing dikenal Get Paid Faster, sementara AR Financing diketahui sebagai PayLater.

Inilah yang sebenarnya jawaban yang dibutuhkan atas permasalahan yang dihadapi Three Folks. Keberuntungan datang pada saat yang tepat, terlebih Three Folks pada saat itu juga sedang memasuki tahap onboarding untuk klien-klien besar yang membutuhkan modal besar untuk pengembangan bisnisnya.

Baca juga: Cerita Ciakpo Kitchen: Bisnis Kuliner Tradisional, Sukses dengan Strategi Modern

Fitur Paper.id yang Digunakan Three Folks

Paper.id solusi Three Foks

Pada akhirnya, Three Folks menggunakan fitur Get Paid Faster dari Paper.id, di mana pihak Paper.id menawarkan win-win solution dengan membantu dalam proses mencairkan hingga 85% dari nilai invoice secara gratis. Sementara, customer Three Folks akan mendapatkan tempo pembayaran mulai dari 30-60 hari.

Lalu, 15% atau sisa pembayarannya bagaimana? Tenang, pihak customer akan melunasi pembayaran dan Paper.id akan membayar di keesokan harinya. Hal ini tentu menyesuaikan kesepakatan transaksi antara pihak supplier dan customer, serta sesuai dengan limit dan hasil evaluasi kedua pihak.

Sementara itu, untuk kebutuhan membeli bahan baku yang cukup banyak kuantitasnya, Pak Naradipa juga tidak luput memanfaatkan fitur PayLater dari Paper.id. Ia menerangkan, biasanya ia akan menerima tempo pembayaran dari supplier hanya sebentar, tidak lebih dari 2 minggu.

Untungnya, dengan menggunakan Paper.id, Three Folks berkesempatan memperoleh tambahan durasi tempo mulai dari 30-45 hari sehingga memberikan keleluasaan Three Folks dalam mengatur cash flow bisnisnya. Sedangkan, pihak supplier mereka akan menerima pembayaran saat itu juga dari pihak Paper.id.

Pak Naradipa juga menerangkan, pengajuan PayLater di Paper.id sangat mudah dan hanya membutuhkan dokumen dan riwayat transaksi bisnis yang bagus di Paper.id itu sendiri, tanpa perlu khawatir menjaminkan aset perusahaan seperti AR Financing yang ditawarkan platform lainnya.

Baca juga: Cerita Tanaka Graha: Buktikan Bisnis Melejit Pada Kesempatan yang Sulit

Manfaat Paper.id Bagi Ekosistem Bisnis Three Folks

Paper.id dan Three Folks

Sejak bekerja sama dengan Paper.id sekitar 2020an, Three Folks mengalami perkembangan signifikan dalam bisnis. Kerjasama ini membantu dalam Account Payable, memungkinkan mereka menerima klien besar tanpa rasa takut pembelian bahan baku dalam jumlah banyak dan mengganggu cash flow mereka. 

Bahkan, hingga saat ini, tercatat Three Folks sudah memiliki klien kurang lebih mencapai 100 klien yang tersebar di perusahaan Tbk, pemerintahan, hingga UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Wow, luar biasa sekali bukan?

Selain itu, dari segi Account Receivable, Pak Naradipa juga turut menerangkan bahwa Paper.id memberikan kemudahan dalam menangani pembayaran dari klien, terutama memberikan fasilitas bagi klien besar yang tidak berani membayar secara cash langsung.

Terakhir, Pak Naradipa juga menjelaskan kemudahan lainnya yang dirasakan dalam ekosistem bisnis dengan Paper.id adalah adanya koneksi dengan klien lain yang menggunakan platform yang sama, memudahkan proses komunikasi antar mereka.

Dengan demikian, Paper.id tidak hanya meringankan operasional bisnis Three Folks, tetapi juga membuat cash flow mereka menjadi lebih lancar. 

Nah, bagaimana kisah perjalanan dari Three Folks dengan memanfaatkan Paper.id, menarik bukan? Untuk itu, yuk sukses bersama Three Folks dengan cara daftarkan segera bisnismu di Paper.id dan nikmati semua fiturnya dengan cara klik di bawah ini secara gratis!

Muhamad Dika Wahyudi