Transaksi Online

Transaksi Online- 75% seluruh penduduk dunia akan mulai melakukan transaksi online pada tahun 2025. Pernyataan itu diambil merujuk dari peningkatan pesat yang terjadi di industri finansial dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Hampir semua lini bisnis telah ‘dijajah’ oleh e-payment. Ketika kamu makan, belanja maupun nonton film, sebagian besar tempat tersebut pasti telah menggunakan tap cash ataupun metode pembayaran via smartphone (Go-Pay, DANA, hingga OVO).

Fakta tersebut bisa membuat perubahan hidup seseorang dalam sudut pandang uang. Tidak ada lagi yang memegang uang kertas pecahan besar di dompet mereka. Sebab, semuanya sudah berubah menjadi kartu elektronik, tap cash dll.

Lantas, apa yang menyebabkan transaksi online meningkat drastis dan uang tunai mulai terlupakan?

Keamanan yang Terjamin

Tidak Memperhatikan Keamanan Data - Paper.id

Membayar transaksi online, terutama lewat smartphone, menjanjikan keamanan. Bahkan, itu lebih aman dibandingkan dengan kartu kredit ataupun debit sebab semua data sudah terenkripsi. Tidak ada celah fraud akan terjadi.

Transaksi menggunakan kartu bisa saja dicuri sebab ada ‘aksi’ yang dilakukan yakni dengan menggesekkan kartu tersebut. Beda dengan pembayaran via smartphone, hanya dengan scan sehingga celah penipuan menjadi lebih sulit.

Lebih lanjut, saldo di dalam aplikasi di smartphone sulit untuk dicuri karena adanya jaminan keamanan dari masing-masing aplikasi, seperti layanan customer service 24 jam hingga penggunaan kata sandi yang bisa diubah kapanpun dan dimanapun.

Tersebar Merata

Merchant

400 ribu merchant sudah terafiliasi dengan GoPay sedangkan lebih dari 300 ribu merchant berada di OVO. Dari data tersebut bisa diambil kesimpulan jika pihak penyedia transaksi online juga telah membuat wadah yang jelas sehingga pengguna bisa dengan mudah mencari outlet untuk berbelanja.

Jumlah merchant yang telah menggunakan metode pembayaran non tunai akan semakin bertambah ke depannya. Hal itu juga didukung seiring banyaknya usaha-usaha baru yang berkembang di industri bisnis saat ini.

Lebih lanjut, merchant yang bergabung memang didominasi oleh sektor food and beverages namun banyak juga yang berasal dari jenis bisnis lain, seperti tempat wisata, hotel, toko fashion dll.

Loyalty Rewards

Loyalty Awards

Setiap vendor transaksi online tidak hanya berbicara mengenai penggunaan. Mereka juga mengejar keaktifan para pengguna. Cara yang mereka lakukan untuk meningkatkan hal tersebut dengan membuat program loyalty awards.

Maksudnya, setiap vendor menyusun skenario pengumpulan koin terhadap setiap transaksi yang diberikan. Kemudian, para pengguna bakal mendapatkan jumlah koin tertentu yang bisa ditukarkan menjadi voucher diskon ataupun uang tunai.

Cara ini dilakukan hampir semua vendor karena terbukti mampu membuat pengguna tetap bertahan menggunakan aplikasi mereka. Bahkan, bisa dibilang hal tersebut malah membuat jumlah pengguna meningkat semakin pesat.

Diskon

Diskon Potongan Harga

Bukan rahasia lagi jika transaksi online bukan hanya memudahkan tetapi juga memurahkan. Setiap vendor kerap memberikan diskon gila-gilaan agar menarik perhatian dari pengguna. Beberapa waktu lalu bahkan ada yang berani memberikan promo 50% belanja.

Bisa dibilang, ‘perang’ antara para vendor hanya akan dimenangkan oleh mereka yang berani memberikan diskon terbesar. Sebab, setiap pengguna akan dengan mudah menggunakannya agar bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Pencatatan Pembukuan Mudah

manfaat pembukuan - Paper.id

Transaksi online tidak hanya digunakan oleh pengguna untuk berbelanja. Beberapa pihak memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi alat pencatat pembukuan, terutama bagi para pelaku bisnis. Bukan rahasia lagi jika setiap vendor secara otomatis mencatat semua pengeluaran riwayat berbelanja.

Dengan begini, pemilik usaha tidak perlu lagi mencatat pembukuan secara manual yang menghabiskan banyak waktu. Sebab, mereka bisa langsung merekap dari riwayat transaksi online yang telah dilakukan sebelumnya.

Apabila kamu seorang pemilik usaha yang membutuhkan pembayaran digital khusus untuk pencatatan rekapan laporan bisnis, kamu bisa menggunakan Paper.id. Di software akuntansi gratis tersebut, kamu bisa lebih dari melakukan transaksi tetapi juga mengirim invoice, mengelola stok hingga membuat pembukuan.

Selain itu, pembayaran transaksi juga bisa dilakukan via kartu kredit ataupun virtual account sehingga keamanannya sudah bisa dijamin. Uang sampai, bisnis lancar kamu gak perlu lagi pake aplikasi lain.

Jika kamu mau menggunakan Paper.id secara gratis, kamu bisa klik disini.

google_play_customer_io

(Visited 604 times, 1 visits today)