“Ini adalah sebuah permulaan dimana melakukan transaksi melalui online dan smartphone. Ini adalah langkah bagus yang bisa digunakan untuk mencegah pencucian uang dan korupsi yang telah menyelimuti seluruh dunia,” kata Narendra Modi, Perdana Menteri India, mengenai kemajuan digital payment di Indonesia dan juga negara lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, tren penggunaan non tunai memang telah mulai digerakan oleh semua negara, termasuk Indonesia. Bahkan, Bank Indonesia (BI) juga telah menggalakan rencana ini sejak tahun 2010 silam. Hasilnya, peningkatan transaksi terlihat dari yang awalnya hanya 981 triliun namun kini telah menyentuh angka 31,26 triliun di pertengahan tahun 2018, berdasarkan data dari BI.

Digital payment di Indonesia memang sengaja digalakkan untuk mengurangi beban pembuatan uang kertas di tanah air. Jika dibandingkan dengan China, Indonesia jelas jauh tertinggal. Sebab, lebih dari 650 juta warga negara tersebut telah menggunakan pembayaran elektronik, jumlah tersebut hampir setengah dari populasi mereka yang mencapai 1,38 miliar jiwa. Lantas, apa itu digital payment dan keuntungannya sebagai alat pembayaran modern?

Digital Payment di Indonesia

Pembayaran digital merupakan sebuah metode terbaru dalam alat transaksi yang mana tidak membutuhkan lagi uang kertas maupun cek sehingga memudahkan pengguna. Metode transaksi sangatlah beragam, mulai dari kartu kredit, kartu debit atau bahkan hingga online payment with gadget, seperti Gopay, OVO, T-Cash dsb. Ada tiga jenis cara penggunaan digital payment, meliputi:

  • Pembayaran Satu Kali= Transaksi seperti ini biasanya dilakukan untuk melakukan pembelanjaan online. Jika Anda telah mendapatkan barang yang diinginkan, Anda bisa langsung membayarnya dengan mudah melalui smartphone. Dengan kata lain, Anda tidak perlu keluar rumah atau antri di ATM terdekat.
  • Sistem transfer berkali-kali=  Selain digunakan untuk melakukan pembayaran benda yang diinginkan, digital payment juga biasa digunakan secara recurring atau berkali-kali. Misalnya, Anda sebagai pelaku usaha memiliki penyuplai bahan baku tetap, Anda bisa melakukan transfer otomatis secara berkala.
  • Sistem transfer otomatis= Setiap bank biasanya menawarkan sistem pengiriman atau transfer otomatis apabila sang pemilik digital payment mau membayar sesuatu. Jadi, Anda bisa melakukan pengiriman otomatis sesuai yang Anda inginkan.

Manfaat Penggunaan Pembayaran Elektronik

Metode pembayaran elektronik juga mulai diterapkan oleh para pengusaha. Alasannya sederhana, dengan digital payment, kedua pihak yang terlibat transaksi tidak perlu bertemu untuk melakukan negosiasi pembayaran. Selain itu, ada lagi beberapa manfaat penggunaan pembayaran elektronik bagi pengusaha, diantaranya:

Kenyamanan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pembayaran secara elektronik memang memudahkan kedua pihak untuk melakukan transaksi. Terlebih lagi, dalam negosiasi pembayaran produk, membawa uang tunai sangatlah riskan. Sebab, uang yang akan diberikan pasti jumlahnya akan besar. Berbanding terbalik, dengan menggunakan metode pembayaran elektronik, keduanya tidak harus saling bertemu dan bisa mengirimkan uang melalui transfer.

Lebih lanjut, uang juga akan sampai dengan aman tanpa harus takut ada insiden perampokan yang sudah kerap kali terjadi. Masalahnya, masih banyak pengusaha yang tidak mengerti cara menggunakan digital payment sebab mereka terlalu malas untuk mempelajari teknologi.

Pelacakan yang Mudah

Pembayaran menggunakan digital payment memberikan kemudahan dalam segi pelacakan. Keamanan sistem telah terjamin sehingga Anda tidak perlu takut apabila uang yang ditransfer tak tepat sasaran. Mungkin, ada penundaan penerimaan apabila menggunakan transfer bank namun hal tersebut terjadi lantaran proses integrasi antar bank yang tidak mudah. Selebihnya, uang Anda lebih aman dibandingkan harus melakukan pembayaran secara tunai.

Diskon Menarik

Salah satu manfaat yang juga menjadi keuntungan penggunaan pembayaran elektronik adalah diskon menarik. Biasanya, untuk meningkatkan gerakan non tunai, beberapa marketplace ataupun toko online memberikan potongan harga. Selain itu, pihak penerbit kartu kredit dan debit juga kerap kali melakukan hal yang serupa. Hal ini tentunya menjadi poin plus untuk mempromosikan cashless ke ranah yang lebih luas.

Untung Atau Merugikan Pelaku Usaha?

Secara garis besar, keberadaaan digital payment memang sangat memudahkan para pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas bisnisnya. Sebab, pelanggan mereka mempunyai beragam opsi pembayaran yang sangat memudahkan mereka dalam bertransaksi. Keuntungan lainnya juga bisa didapatkan adalah efisiensi waktu sehingga bisa menggunakannya untuk melakukan ekspansi bisnis.

Pembayaran elektronik juga diadaptasi oleh Paper.id sebagai salah satu metode dalam melakukan pembayaran tagihan. Tidak perlu untuk bertemu langsung, Anda bisa membayarkan invoice dengan digital payment di Paper.id. Mudah, cepat dan menguntungkan, cari tahu lebih lanjut mengenai Paper.id dengan cara klik linknya disini.