Dalam pembukuan, kita mengenal istilah buku besar. Buku ini berfungsi sebagai fondasi penting dari akuntansi perusahaan dan membantu kita dalam melacak semua transaksi dan akun yang terdapat pada sebuah periode masa operasional secara menyeluruh. 

Buku tersebut berisi rangkuman akan ikhtisar dari pengaruh transaksi-transaksi keuangan yang terjadi karena adanya perubahan pada kewajiban, aktiva dan juga modal perusahaan. Biasanya, buku ini berisi catatan utama akun yang merangkum segala transaksi. 

Baca juga: 4 cara mudah mengatasi pembukuan akuntansi perusahaan yang bermasalah

Poin-poin yang dimasukkan kedalamnya adalah sebagai berikut:

  • Data-data transaksi keuangan yang sudah terjadi dalam periode akuntansi tertentu. Biasanya, hal ini dilakukan secara berkelanjutan. 
  • Pembagian dan penandaan data transaksi yang terjadi dari akun-akun yang ada. 
  • Perubahan pada akun-akun di buku ini secara umum. 
  • Pencatatan penyesuaian pada akun-akun yang ada.
  • Laporan keuangan perusahaan. 

Akun-akun dan jenis buku besar 

Buku besar berisi sejumlah akun-akun yang berhubungan dengan perusahaan. Biasanya, hal-hal ini berhubungan langsung dengan aset, transaksi, dan juga hal lainnya yang menyangkut keuangan sebuah perusahaan. 4 jenis akun yang termasuk kedalamnya adalah sebagai berikut: 

Aset

Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dan juga memiliki nilai jual. 

Kewajiban

Kewajiban adalah hutang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu. 

Ekuitas

Nilai perbedaan antara nilai aset dan kewajiban. 

Penghasilan

Nilai yang diperoleh lewat aktivitas penjualan perusahaan. 

Akun-akun yang ada terbagi menjadi 2 jenis, akun riil dan akun nominal. Akun riil adalah akun yang termasuk dalam neraca modal, aktiva, hutang, dan kewajiban. Akun nominal adalah akun yang termasuk kedalam laporan laba rugi seperti akun pendapatan dan beban. Buku ini terbagi kedalam beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut jenis-jenis serta fungsi dari Buku Besar: 

Bentuk T

Secara umum, bentuk T merupakan jenis yang sering digunakan dan paling sederhana. Bentuknya seperti huruf T yang membagi kedua kolom dan berisi debit di kolom kiri dan kredit di bagian kanan.

Skontro

Skontro artinya berbentuk sebuah kolom besar yang terbagi menjadi 2 jenis, debit dan kredit. Secara umum, isinya hampir sama dengan buku bentuk T. Bedanya, laporannya tersaji lebih terperinci dan lebih lengkap, karena sudah berbentuk kolom, tipe laporan yang sering digunakan oleh banyak orang. 

Staffel Berkolom Saldo Tunggal

Jenis selanjutnya, adalah staffel dengan kolom saldo tunggal dan berfungsi untuk penjelasan dari transaksi yang berjumlah banyak. 

Staffel Berkolom Saldo Rangkap

Staffel berkolom saldo rangkap hampir sama bentuknya dengan saldo tunggal. Bedanya, saldo rangkap memiliki 2 kolom, kolom debit dan kredit. 

Penggambaran proses pembuatan buku besar secara singkat

Proses pembuatannya dilakukan apabila telah selesai mencatat semua transaksi pada buku jurnal entah transaksi pembelian, penjualan, pengeluaran, atau penerimaan kas yang lain. Setelah itu, Anda bisa mulai membuat form. Sedangkan untuk menghitung serta memindahkan saldo dari buku jurnal, Anda dapat memakai fitur dan rumus pada MS. Excel dengan draft buku besar yang terdiri dari  tanggal, pos, debit, kredit, saldo (debit dan kredit).

Ketika Anda telah mencatat semua transaksi yang ada pada buku jurnal, maka Anda bisa melanjutkannya ke pembuatan buku ini. Untuk proses pembuatannya terdiri dari 3 langkah utama seperti: 

  1. Anda bisa masuk ke Microsoft Excel dan langsung memasukkan akun-akun yang ada. 
  2. Setelah itu, masukkan data transaksi yang ada ke kolom-kolom tersebut sesuai dengan tanggalnya. 
  3. Setelah itu lakukan perhitungan dengan menggunakan rumus excel agar mendapatkan angka yang pasti. 

Baca juga: 5 aplikasi pembukuan terbaik yang jarang diketahui pengusaha

Proses pembuatannya seringkali memakan waktu yang lama dan berpotensi menimbulkan kesalahan akibat human error. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan Paper.id, solusi pembukuan digital yang dapat membantu Anda membuat buku ini secara digital. Semua transaksi bisa tercatat dan terhitung secara otomatis.

Anda hanya tinggal mengaksesnya secara langsung melalui komputer untuk mengetahui laporannya. Semuanya menjadi mudah, cepat dan tidak ada kesalahan sama sekali. Gunakan Paper.id sekarang dan rasakan kemudahannya! Ingin menggunakannya secara GRATIS? Klik disini untuk menggunakannya!